Perspektif Gender Siswa SMP Pada Materi Perbandingan Menggunakan Soal Cerita

Authors

  • Anisa Aulingga IKIP Siliwangi Bandung
  • Usman Aripin IKIP Siliwangi Bandung, Program Studi Pendidikan Matematika

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpipm.v4n1.p1-9

Keywords:

Gender, Soal Cerita, Materi Perbandingan

Abstract

Penelitian ini didasari pada rendahnya siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi perbandingan terutama di Kota Cimahi pada saat ini.  Faktor yang mempengaruhi rendahnya siswa dalam soal cerita materi perbandingan salah satunya adalah perbedaan gender. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kesalahan siswa dalam memahami soal cerita materi perbandingan yang ditinjau berdasarkan perbedaan gender. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang pengumpulan data nya berupa gambaran dan kalimat yang diuraikan. Subjek pada penelitian ini adalah siswa SMP kelas VIII di Cimahi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan memberikan tes berupa soal uraian materi perbandingan. Hasil tes dianalisis dan mengacu pada aspek dalam menyelesaikan soal cerita matematika yakni: aspek bahasa, aspek prasyarat dan aspek terapan. Berdasarkan hasil  penelitian, menunjukkan bahwa siswa laki-laki dan siswa perempuan masih kurang dalam soal cerita materi perbandingan. Jika ditinjau dalam perspektif gender, siswa  laki-laki belum mampu menafsirkan soal cerita dengan baik dan benar sehingga strategi penyelesaian dan perhitungannya pun salah. Sedangkan siswa perempuan masih mampu untuk menafsirkan soal ke dalam model matematika dan lebih termotivasi dalam pengerjaan soal dibandingkan  siswa laki-laki.

References

[1] S. C. Ningsih, œPengembangan Instrumen Minat Belajar Matematika Siswa SMP, Univ. PGRI Yogyakarta, pp. 16, 2015.

[2] U. Aripin, œMeningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematik Siswa Smp Melalui Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah, P2M STKIP Siliwangi, vol. 2, no. 1, p. 120, 2015.

[3] E. E. Rohaeti, B. G. Ramadan, and N. Fitriani, œCognitive Stage Relation with Creative Thinking Ability and Mathematical Learning Interests, J. Phys. Conf. Ser., vol. 1315, no. 1, 2019.

[4] U. Aripin and R. Purwasih, œPenerapan Pembelajaran Berbasis Alternative Solutions Worksheet Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif, AKSIOMA J. Progr. Stud. Pendidik. Mat., vol. 6, no. 2, p. 225, 2017.

[5] Y. S. Putri, œAnalisis Kesalahan Siswa Dalam Mengaplikasikan Konsep Perbandingan Pada Soal Cerita Di Kelas Vii Smp Negeri 53 Palembang. Univesitas Muhammadiyah Palembang, 2019.

[6] R. Ekawati, A. W. Kohar, and S. Hartono, œExperts notion and students responses on context-based mathematics problem, J. Eng. Sci. Technol., pp. 5364, 2017.

[7] T. Haryati, œAnalisis kesalahan siswa SMP kelas VII dalam menyelesaikan soal cerita pemecahan masalah berdasarkan prosedur Newman. Universitas Negeri Semarang, 2015.

[8] U. Khasanah and Sutama, œKesulitan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika pada Siswa SMP, Artik. Publ., pp. 113, 2015.

[9] M. Raharjanti, T. Nusantara, and S. Mulyati, œKesalahan siswa dalam menyelesaikan permasalahan perbandingan senilai dan berbalik nilai, no. March, 2016.

[10] D. Hamidah, R. Ilma, and I. Putri, œEksplorasi Pemahaman Siswa pada Materi Perbandingan Senilai Menggunakan Konteks Cerita di SMP, J. Ris. Pendidik. dan Inov. Pembelajaran Mat., vol. 1, no. 1, pp. 110, 2017.

[11] A. Afandi, œProfil Penalaran Deduktif Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Masalah Geometri Berdasarkan Perbedaan Gender, J. Apotema, vol. 2, no. 1, 2016.

[12] N. Fitriani and P. Nurfauziah, œGender and mathematical abstraction on geometry, J. Phys. Conf. Ser., vol. 1315, no. 1, 2019.

[13] I. Gunawan, œMetode penelitian kualitatif, Jakarta Bumi Aksara, vol. 143, 2013.

[14] S. G. Mukhodinah, œMeningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Koneksi Serta Disposisi Matematik Siswa SMP Melalui Pendekatan Realistik, STKIP Siliwangi Bandung, 2017.

[15] R. Kartikasari and S. S. Masduki, œAnalisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Pada Siswa SMP. Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017.

[16] N. Farida, œAnalisis kesalahan siswa SMP kelas VIII dalam menyelesaikan masalah soal cerita matematika, AKSIOMA J. Progr. Stud. Pendidik. Mat., vol. 4, no. 2, 2015.

[17] M. Toha, A. Mirza, and D. Ahmad, œAnalisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi perbandingan di kelas VII SMP, J. Pendidik. dan Pembelajaran, vol. 7, no. 1, 2018.

[18] I. P. Sari and S. Sufri, œAnalisis Penalaran Proporsional Siswa Dengan Gaya Belajar Auditori Dalam Menyelesaikan Soal Perbandingan Pada Siswa SMP Kelas VII, Edumatica J. Pendidik. Mat., vol. 4, no. 02, 2014.

[19] P. S. D. Faizati, T. Nusantara, and A. Qohar, œAnalisis Kesalahan dan Perilaku yang Dilakukan Siswa Kelas VII-C MTS Darul Huda Pasuruan dalam Menyelesaikan Soal Cerita Perbandingan Mata Pelajaran Matematika, in Prosiding Seminar Nasional TEQIP (Teachers Quality Improvement Program), 2014.

[20] R. Marlina, S. Nurjahidah, A. I. Sugandi, and W. Setiawan, œPenerapan Pendekatan Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas Vii MTs Pada Materi Perbandingan Dan Skala, JPMI (Jurnal Pembelajaran Mat. Inov., vol. 1, no. 2, pp. 113122, 2018.

Downloads

Published

2020-09-30
Abstract views: 529 , PDF Downloads: 358