Pemetaan Fungsi Kognitif Siswa SMP DENGAN Menggunakan Feuersteins Instrumental Enrichment

Authors

  • Mochammad Amirudin Universitas Negeri Surabaya
  • Ijtihadi Kamilia Amalina Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpipm.v2n1.p030-039

Keywords:

Pemetaan, Fungsi Kognitif, Kemampuan Matematika, Feuerstein’s Instrumental Enrichment

Abstract

Berpikir merupakan kegiatan yang paling utama ketika melakukan suatu hal. Berpikir selalu melibatkan kognitif. Penggunaan kognitif secara maksimal tentu melibatkan kehadiran dari fungsi kognitif. Kehadiran fungsi kognitif seseorang dalam menyelesaikan permasalahan matematika mengakibatkan berkembangnya fungsi kognitif seseorang tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan hasil pemetaan fungsi kognitif dan kemampuan matematika siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa SMP kelas VIII sebanyak 32 siswa (15 laki-laki dan 17 perempuan). Data dikumpulkan dengan menggunakan metode tes dan wawancara. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrument tes Feuersteinss Instrumental Enrichment (FIE) (pengorganisasian titik, pengelompokan, dan progress numeral) dan instrumen tes matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peta fungsi kognitif dan kemampuan matematika siswa dengan menggunakan FIE jenis Pengorganisasian Titik menunjukkan bahwa, sebanyak 32 subjek terbagi menjadi sebesar 18,75% termasuk dalam kemampuan matematika tinggi, sebesar 71,875% termasuk dalam kemampuan matematika sedang, dan sebesar 9,375% termasuk dalam kemampuan matematika rendah. Untuk Jenis Pengelompokan menunjukkan bahwa masingmasing sebesar 6,25% pada fungsi kognitif yang pertama dan kedua, termasuk dalam kemampuan matematika rendah. pada fungsi kognitif yang ketiga terdapat 6,25% termasuk dalam kemampuan matematika tinggi, 3,125% termasuk dalam kemampuan matematika sedang, dan 78,125% termasuk dalam kemampuan matematika rendah. Sedangkan pada jenis Numerical Progression menunjukkan bahwa pada fungsi kognitif yang pertama sebesar 18,75% termasuk dalam kemampuan matematika rendah. sedangkan pada fungsi kognitif yang kedua sebesar 59,375% termasuk dalam kemampuan matematika tinggi, sebesar 3,125% termasuk dalam kemampuan matematika sedang, dan sebesar 18,75% termasuk dalam kemampuan matematika rendah

Author Biographies

Mochammad Amirudin, Universitas Negeri Surabaya

S2 Pendidikan Matematika

Ijtihadi Kamilia Amalina, Universitas Negeri Surabaya

S2 Pendidikan Matematika

References

[1] Ruggiero, V. R. 1998. The Art of Thinking: A Guide to critical and Creative Thought. New York: Long Man, An Imprint of Addison Wesley Lonfman, Inc.

[2] Soemanto, W. 2007. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Asdi Mahasatya

[3] Alston, Chevette. What is Cognitive Dysfunction? - Causes, Symptoms & Treatment. Diakses tanggal 7 Februari 2015 dari http://educationportal.com/academy/lesson/what-is-cognitive dysfunction-causes-symptomstreatment.html

[4] Ruseffendi, E.T. 1991. Materi Pokok Pendidikan Matematika III. Jakarta: Universitas Terbuka

[5] Kinard, James. 2007. Method and Aparatus for Creating Rigourus Mathematical Thinking. Diunduh 20 November 2014 dari www.umanitoba.ca/unevoc/conference/papers/kinard.pdf

[6] Rizzo, M. & Eslinger, Paul J. 2004. œPrinciples and Practice of Behavioral Neurologi and Neuropsychology. pp 615-634, Philadelpia PA: WB Saunders Company

[7] Kabil. 2012. Fungsi Kognitif. Diakses tanggal 7 Februari 2015 dari http://bedande.blogspot.sg/2012/01/fungsi-kognitif.html

[8] Hergenhahn, B. R., & Olson, M. H. 2008. Theories of Learning (Teori Belajar). Jakarta: Prenada Media Grup

[9] Feuerstein, Reuven. 2012. Mediated Learning Experience, Instrumental Enrichment, and the Learning Propensity Assessment Device. Diunduh 20 November 2014 dari www.icdl.com/graduate/documents/Chapter22.pdf

[10] Kozulin, A. Et al. 2009. Cognitive modifiability of children with developmental disabilities. Article in press, 9

[11] Todor, O. A. 2013. Feuerstein Instrumental Enrichment Program. International Conference of Scientific Paper (hal. 10-13). Brasov: Spiru Haret University press.

Downloads

Additional Files

Published

2019-04-04
Abstract views: 390 , PDF Downloads: 376 , PDF Downloads: 0