Perbandingan Penggunaan Media ICT dengan Media Manual pada Pembelajaran Statistika Siswa SMP Negeri 5 Panggang Gunungkidul

Authors

  • Desi Susilawati Universitas Negeri Surabaya
  • Mudiyatun Sawiyah Universitas Negeri Surabaya
  • Asnidar Asnidar Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpipm.v1n2.p73-81

Keywords:

development, media ICT, media manual, the model ADDIE

Abstract

Abstrak.

Dunia telah mengalami kemajuan sangat pesat dibidang teknologi. Pemanfaatan teknologi secara tepat dalam dunia pendidikan akan sangat membantu terhadap proses pembelajaran. Salah satunya adalah penggunaan media ICT (Information and Communication Technology) dalam proses belajar mengajar di kelas. Pembelajaran dengan menggunakan media ICT membutuhkan sarana prasarana yang mendukung yaitu berupa komputer. SMP Negeri 5 termasuk salah satu sekolah di Gunungkidul yang terbilang cukup lengkap dan telah memiliki fasilitas berupa laboratorium computer. Selain itu kepemilikan computer atau laptop sudah bukan menjadi hal asing bagi siswa. Namun ada juga anggapan bahwa penggunaan media manual masih representatif untuk digunakan pada pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi, siswa kelas VIII mengalami kesulitan belajar pada mata pelajaran matematika, khususnya pada materi Statistika. Penggunaan media ICT diasumsikan dapat membantu mengatasi masalah belajar dan meningkatkan hasil belajar siswa sehingga dilakukan pengembangan media menggunakan model ADDIE. Penggunaan media manual juga dilakukan untuk mengetahui perbandingan pemanfaatan media ICT dan media manual. Analisis data diperoleh dari hasil pengisian daftar checklist dari angket siswa. Sedangkan, untuk mengetahui keefektifan media ICT dan media manual dalam meningkatkan hasil belajar digunakan analisis data menggunakan uji t. Data yang diperoleh dari hasil uji coba berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil data kualitatif diperoleh dari data wawancara yang kemudian dilakukan analisis isi, sedangkan data kualitatif diperoleh dari hasil perhitungan angket dan hasil tes. Rata-rata hasil belajar siswa menggunakan media ICT 78,75 dengan simpangan baku 17,08. Rata-rata hasil belajar siswa menggunakan media manual 72,5 dengan simpangan baku 16,12. Berdasarkan hasil uji t dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa menggunakan media ICT untuk materi statistika lebih baik daripada hasil belajar siswa menggunakan media manual. Jadi, media ICT statistika mata pelajaran matematika untuk siswa kelas VIII dinyatakan layak dan efektif untuk digunakan sebagai media pembelajaran di SMP Negeri 5 Panggang Gunungkidul.

 

Abstract. 

The world has experienced a very rapid progress in technology. Utilization of appropriate technologies in education will be very helpful to the learning process. One is the media usage of ICT (Information and Communication Technology) in teaching and learning in the classroom. Learning by using ICT media requires infrastructure to support the form of a computer. SMP Negeri 5 Panggang Gunungkidul, including one of the schools which is quite complete and has facilities such as computer labs. Additionally ownership or laptop computer already is not a foreign thing for students. But there is also the notion that use of the manual is still representative for the media used in learning. Based on observations, the eighth grade students with learning difficulties in mathematics, particularly in the matter of Statistics. The use of ICT media assumed that it could help overcome the problem of learning and improve student learning outcomes so do the media development using ADDIE models. The use of manual media also carried out to compare the use of ICT media and media manual. Analysis of the data obtained from the questionnaire filling a checklist of students. Whereas, to determine the effectiveness of ICT media and media user in improving learning outcomes used data analysis using the t test. Data obtained from the test results in the form of quantitative and qualitative data. Results of the qualitative data obtained from the interview data were then conducted content analysis, while qualitative data obtained from the calculation results of questionnaires and test results. The average results of student learning using ICT media 78.75 with a standard deviation of 17.08. The average student learning outcomes using manual media 72.5 with a standard deviation of 16.12. Based on t test results can be concluded that the results of student learning using ICT media for statistical material better than the results of student learning using media manual. So, media ICT statistical mathematics courses for students of class VIII declared feasible and effective for use as a medium of learning in SMP Negeri 5 Panggang Gunungkidul.

References

Permendikbud No 24 Tahun 2016. Lampiran 15 tentang KI dan KD Matematika SMP/MTs.
Tim PPPPTK. 2013. Pemanfaatan Alat Peraga Matematika 1. Diklat Online 2013 P4TK Matematika Yogyakarta.
Widyantini, Th dan Guntoro, Sigit Tri. 2010. Penggunaan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika.Yogyakarta: PPPPTK Matematika
Teoh, B. S. P. & Neo, T. K. 2007. œInteractive Multimedia Learning: Students Attitudes And Learning Impact In An Animation Course. The Turkish Online Journal of Educational Technology. Volume 6, Isue 4, Halaman. 28-37.
Branch, Robert Maribe.2009. Instructional Design: The ADDIE Approach. Springer
Tegeh, I M. dan I M. Kirna. 2010. Metode Penenlitian Pengembangan Pendidikan. Singaraja:Universitas Pendidikan Ganesha.
Kemdikbud. 2015. Buku Guru Matematika SMP/MTs Kelas VIII. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan

Downloads

Published

2019-01-15
Abstract views: 1206 , PDF Downloads: 569