Critical Thinking Ability of Students with Rational Personality in Solving Higher Order Thinking Skills (HOTS) Problems

Authors

  • Muhammad Avicenna Wahyu Wijaya Universitas Negeri Surabaya
  • Arfan Dwi Yanto
  • Ahmad Wachidul Kohar

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpipm.v7n1.p51-66

Keywords:

kiersey, berpikir kritis, rasional

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa berkepribadian rasional dalam memecahkan soal HOTS. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang melibatkan dua siswa kelas X di sebuah SMA di kabupaten Mojokerto yang memiliki kepribadian rasional. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pemberian angket penggolongan kepribadian, Tes Kemampuan Berpikir Kritis SMA (TKBKS) dan pedoman wawancara. Analisis data berdasarkan indikator berpikir kritis (interpretasi, analisis, evaluasi, inferensi, eksplanasi dan regulasi diri). Dari hasil analisis data, berpikir kritis aspek interpretasi menunjukkan bahwa siswa berkepribadian rasional dapat memahami masalah dalam soal dan menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan pada masing masing soal. Siswa juga dapat memodelkan masalah ke dalam model matematika. Begitu pula pada aspek analisis, siswa berkepribadian rasional mampu menentukan informasi yang penting, tepat dalam memilih metode penyelesaian, dan melakukan perhitungan yang tepat pada soal kategori tinggi dan rendah. Namun kedua siswa tersebut melakukan kesalahan langkah dan kesalahan hitung ketika menyelesaikan soal kategori sedang. Pada aspek evaluasi, siswa dengan kepribadian rasional dapat menggunakan metode lain dalam menyelesaikan soal. Pada aspek inferensi, siswa berkepribadian rasional mampu menjelaskan kesimpulan dari jawaban yang didapat. Hasil yang sama ditunjukkan pada aspek eksplanasi, siswa berkepribadian rasional mampu menuliskan hasil akhir dengan benar dan tepat dan memberikan alasan setiap langkah yang dituliskan. Pada aspek regulasi diri, siswa berkepribadian rasional selalu mengecek hasil akhir yang didapat pada masing masing soal.

Downloads

Published

2023-12-07
Abstract views: 51 , PDF Downloads: 55