Analisis Kemampuan Numerasi Siswa Sekolah Menengah Atas Ditinjau dari Gaya Belajar

Authors

  • Dyah Siti Karmeliana Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Erlin Ladyawati Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpipm.v6n2.p166-186

Keywords:

Kemampuan Numerasi, Gaya belajar visual , Siswa SMA

Abstract

Tujuan pada penelitian ini yaitu mendeskripsikan kemampuan numerasi siswa sekolah menengah atas ditinjau dari gaya belajar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang melibatkan tiga siswa dengan kemampuan numerasi siswa tinggi dari tiap gaya belajar berdasarkan pada hasil angket dan hasil tes numerasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan angket, soal tes numerasi, dan wawancara. Data dianalisis dalam tiga tahap: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian yaitu siswa dengan gaya belajar visual dapat memperoleh informasi dan memahami masalah dengan cara membaca soal terlebih dahulu serta belum terbiasa mengerjakan soal yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Siswa dengan gaya belajar auditorial dapat memperoleh informasi dan memahami masalah dengan cara langsung mengerjakan soal secara langsung serta tidak dapat memenuhi indikator kemampuan representasi karena siswa tidak menuliskan dan menyebutkan permisalan yang digunakan untuk menyelesaikan soal, sehingga siswa dapat kebingungan menyelesaikan soal. Siswa dengan gaya belajar kinestetik dapat memperoleh informasi dan memahami masalah dengan cara membaca soal secara berulang serta tidak dapat memenuhi indikator kemampuan representasi karena siswa tidak menuliskan dan menyebutkan permisalan yang digunakan untuk menyelesaikan soal, sehingga siswa dapat kebingungan menyelesaikan soal.

References

OECD, PISA 2018 Assessment and Analytical Framework. 2019.

Downloads

Published

2023-04-30

How to Cite

Karmeliana, D. S. ., & Ladyawati, E. (2023). Analisis Kemampuan Numerasi Siswa Sekolah Menengah Atas Ditinjau dari Gaya Belajar. Jurnal Riset Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Matematika, 6(2), 166–186. https://doi.org/10.26740/jrpipm.v6n2.p166-186
Abstract views: 889 , PDF Downloads: 602