Analisis Kemampuan Numerasi Siswa Sekolah Menengah Atas Ditinjau dari Gaya Belajar

Authors

  • Dyah Siti Karmeliana Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Erlin Ladyawati Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpipm.v6n2.p166-186

Keywords:

Kemampuan Numerasi, Gaya belajar visual , Siswa SMA

Abstract

Tujuan pada penelitian ini yaitu mendeskripsikan kemampuan numerasi siswa sekolah menengah atas ditinjau dari gaya belajar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang melibatkan tiga siswa dengan kemampuan numerasi siswa tinggi dari tiap gaya belajar berdasarkan pada hasil angket dan hasil tes numerasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan angket, soal tes numerasi, dan wawancara. Data dianalisis dalam tiga tahap: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian yaitu siswa dengan gaya belajar visual dapat memperoleh informasi dan memahami masalah dengan cara membaca soal terlebih dahulu serta belum terbiasa mengerjakan soal yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Siswa dengan gaya belajar auditorial dapat memperoleh informasi dan memahami masalah dengan cara langsung mengerjakan soal secara langsung serta tidak dapat memenuhi indikator kemampuan representasi karena siswa tidak menuliskan dan menyebutkan permisalan yang digunakan untuk menyelesaikan soal, sehingga siswa dapat kebingungan menyelesaikan soal. Siswa dengan gaya belajar kinestetik dapat memperoleh informasi dan memahami masalah dengan cara membaca soal secara berulang serta tidak dapat memenuhi indikator kemampuan representasi karena siswa tidak menuliskan dan menyebutkan permisalan yang digunakan untuk menyelesaikan soal, sehingga siswa dapat kebingungan menyelesaikan soal.

References

Y. Ernawati dan F. P. Rahmawati, “Analisis Profil Pelajar Pancasila Elemen Bernalar Kritis dalam Modul Belajar Siswa Literasi dan Numerasi Jenjang Sekolah Dasar,” J. Basicedu, vol. 6, no. 4, hal. 6132–6144, 2022, doi: 10.31004/basicedu.v6i4.3181.

M. S. Maftuh, A. Wildatun, P. Studi, dan P. Matematika, “Level Kemampuan Penalaran Spasial Siswa SMA dengan Gaya Belajar Kinestetik dalam Menyelesaikan Masalah Geometri,” vol. 6, no. 1, hal. 435–447, 2023.

E. Ladyawati dan S. Rahayu, “Keefektifan Buku Ajar Berbasis Literasi Matematika untuk Materi Persamaan Kuadrat Dan Fungsi Kuadrat ,’” vol. 2, no. 2, hal. 1–10, 2022.

R. M. Santoso, N. Setyaningsih, dan U. M. Surakarta, “Literasi matematika siswa dalam menyelesaikan soal hots bentuk aljabar berdasarkan kemampuan matematika,” hal. 62–71, 2020.

D. R. Kusumawardani, “Pentingnya Penalaran Matematika dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika,” vol. 1, hal. 588–595, 2018.

E. Ladyawati dan S. Rahayu, “Pengembangan Buku Ajar Matematika Berbasis Literasi dan Numeari Sebagai Penguat AKM,” J. Cendekia J. Pendidik. Mat., vol. 6, no. 2, hal. 1433–1448, 2022, doi: 10.31004/cendekia.v6i2.1312.

N. O. Trisnaningtyas dan R. P. Khotimah, “Analisis Kemampuan Literasi Matematis Dalam Menyelesaikan Soal Akm Ditinjau Dari Gaya Belajar,” AKSIOMA J. Progr. Stud. Pendidik. Mat., vol. 11, no. 4, hal. 2714, 2022, doi: 10.24127/ajpm.v11i4.5662.

OECD, PISA 2018 Assessment and Analytical Framework. 2019.

D. Ambarwati dan M. D. Kurniasih, “Pengaruh Problem Based Learning Berbantuan Media Youtube Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Siswa,” J. Cendekia J. Pendidik. Mat., vol. 5, no. 3, hal. 2857–2868, 2021, doi: 10.31004/cendekia.v5i3.829.

S. Hadi dan A. Zaidah, “Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan,” vol. 7, no. 7, hal. 300–310, 2021, doi: 10.5281/zenodo.5716119.

I. Amaliya dan I. Fathurohman, “Analisis Kemampuan Literasi Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Sekolah Dasar,” J. Ris. Pendidik. Dasar, vol. 5, no. 1, hal. 45–56, 2022, doi: https://doi.org/10.26618/jrpd.v5i1.7294.

R. Murdy dan R. Ekawati, “Levels of Students Mathematics Literacy Using Indonesian Culture Context,” J. Ris. Pendidik. dan Inov. Pembelajaran Mat., vol. 5, no. 1, hal. 1–19, 2022, doi: 10.26740/jrpipm.v5n1.p1-19.

F. G. Fauzi, F. Melyana, D. Rahmawati, dan S. Yasmin, “Analisis Literasi Numerasi Siswa Kelas VIII Di SMP Petri Jaya Jakarta Timur Pada Konten Aljabar,” vol. 1, hal. 83–91, 2021.

S. Kepa, “Pemecahan Masalah Perbandingan Trigonometri Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa SMA Negeri 1 Banda,” J. Pedagog. Math., vol. 1, no. 2, hal. 72–85, 2019.

G. Soenarjadi, “Profil Pemecahan Masalah Siswa Pada Masalah Geometri ditinjau dari Perbedaan Jenis Kelamin dan Gaya Belajar,” vol. 3, no. 2, hal. 78–91, 2020.

K. A. Purbaningrum, “Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Smp Dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar,” J. Penelit. dan Pembelajaran Mat., vol. 10, no. 2, hal. 40–49, 2017, doi: 10.30870/jppm.v10i2.2029.

N. Mufarihah, R. Yuliastuti, dan E. Nurfalah, “Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP pada Materi Peluang Ditinjau dari Gaya Belajar,” J. Ris. Pendidik. dan Inov. Pembelajaran Mat., vol. 2, no. 2, hal. 50, 2019, doi: 10.26740/jrpipm.v2n2.p50-61.

R. Matussolikhah dan B. Rosy, “Pengaruh Disiplin Belajar Dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19,” Prima Magistra J. Ilm. Kependidikan, vol. 2, no. 2, hal. 225–236, 2021, doi: 10.37478/jpm.v2i2.1030.

S. Putrawangsa dan U. Hasanah, “Analisis Capaian Siswa Indonesia Pada PISA dan Urgensi Kurikulum Berorientasi Literasi dan Numerasi,” EDUPEDIKA J. Stud. Pendidik. dan Pembelajaran, vol. 1, no. 1, hal. 1–12, 2022.

S. Rismen, W. Putri, dan L. H. Jufri, “Kemampuan Literasi Matematika Ditinjau dari Gaya Belajar,” Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2022.

M. Wati, Sugiyanti, dan Muhtarom, “Kata kunci: Analisis; Kemampuan Literasi; Literasi Matematika.,” vol. 1, no. 5, hal. 97–106, 2019.

A. A. Rosidi, M. Nimah, dan E. Rahayu, “Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa ditinjau dari Gaya Belajar,” J. Cendekia, vol. 10, no. 02, hal. 157–162, 2018, doi: 10.37850/cendekia.v10i02.70.

V. Yustitia dan T. Juniarso, “Literasi Matematika Mahasiswa Dengan Gaya Belajar Visual,” Malih Peddas (Majalah Ilm. Pendidik. Dasar), vol. 9, no. 2, hal. 100–109, 2020, doi: 10.26877/malihpeddas.v9i2.5044.

Salim dan R. Prajono, “Profil Kemampuan Literasi Matematis,” vol. 5, hal. 594–602, 2018.

S. N. Afnia dan F. Setyawan, “Analysis of Critical Thinking Ability in Solving Mathematical Problems in Terms of Student Learning Style Analisis Kemampuan Berpikir Kritis dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa,” vol. 4, no. 2, hal. 103–116, 2021.

I. D. Wijayanti, R. M. Hariastuti, F. I. Yusuf, dan U. Pgri Banyuwangi, “INDIKTIKA (Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika) Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau Dari Gaya Belajar,” Desember, vol. 2, no. 1, hal. 68–76, 2019.

S. Soleha, R. Rasiman, dan F. D. Purwosetiyono, “Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa SMK,” Imajiner J. Mat. dan Pendidik. Mat., vol. 1, no. 5, hal. 138–147, 2019, doi: 10.26877/imajiner.v1i5.4460.

R. Sundayana, “Kaitan antara Gaya Belajar, Kemandirian Belajar, dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP dalam Pelajaran Matematika,” Mosharafa J. Pendidik. Mat., vol. 5, no. 2, hal. 75–84, 2018, doi: 10.31980/mosharafa.v5i2.262.

B. A. Putri, D. P. Utomo, dan Zukhrufurrohmah, “JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika) Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Peserta Didik SMP dalam Menyelesaikan Soal Cerita Aljabar,” Jrpm, vol. 6, no. 2, hal. 141–153, 2021, [Daring]. Tersedia pada: http://jurnalftk.uinsby.ac.id/index.php/jrpm

N. Anggrieni dan R. I. I. Putri, “Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Soal Tipe PISA 2015,” Univ. Muhammadiyah Surakarta, no. 2011, hal. 472–481, 2018.

Downloads

Published

2023-04-30
Abstract views: 666 , PDF Downloads: 430