Literasi Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Soal PISA Konten Change and Relationship Ditinjau dari Self Efficacy

Authors

  • Mirza Geraldine Universitas Negeri Surabaya
  • Pradnyo Wijayanti Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpipm.v5n2.p82-102

Keywords:

Literasi matematika, Change and relationship, Self-efficacy

Abstract

Literasi matematika merupakan suatu kecakapan seseorang dalam merumuskan, menerapkan, dan menafsirkan matematika pada berbagai konteks masalah yang dapat dipengaruhi oleh self-efficacy. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan literasi matematika siswa dalam menyelesaikan soal PISA konten Change and Relationship ditinjau dari self-efficacy tinggi dan rendah. Penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dilakukan dengan mengambil data dari subjek penelitian secara purposive yang terdiri dari satu siswa dengan self-efficacy tinggi dan satu siswa dengan self-efficacy rendah. Instrumen yang digunakan meliputi angket self-efficacy, enam soal PISA konten change and relationship dengan penyesuaian konteks, dan pedoman wawancara. Data kemudian dianalisis dengan menggunakan kerangka proses matematika dalam literasi matematika yang meliputi proses merumuskan, menerapkan, dan menafsirkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi matematika siswa dengan self-efficacy tinggi dalam menyelesaikan soal PISA konten change and relationship mampu merumuskan masalah dengan mengidentifikasi aspek-aspek matematika dari permasalahan dan mengubah masalah menjadi bahasa matematika yang sesuai, lalu menerapkan fakta, aturan, dan algoritma selama proses penentuan hasil-hasil matematika dan akhirnya mampu menafsirkan dan mengevaluasi kesesuaiannya ke dalam konteks masalah awal. Sementara itu, siswa dengan self-efficacy rendah hanya mampu dalam proses merumuskan dengan mengidentifikasi aspek-aspek matematika dari permasalahan.

 

References

OECD, PISA 2018 Assessment and Analytical Framework. 2019.

Y. Y. Putra dan R. Vebrian, Literasi Matematika (Mathematical Literacy) Soal Matematika Model PISA Menggunakan Konteks Bangka Belitung. Yogyakarta: Deepublish, 2020.

OECD, PISA 2018 Results (Volume I): What Students Know and Can Do. 2019.

A. Bandura, SELF-EFFICACY The Exercise of Control. New York: W.H. Freeman and Company, 1997.

Hardani dkk., Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif, Cetakan 1. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu Group, 2020.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2013.

H. T. Sutanto, Metode Statistika. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya, 2016.

OECD, PISA 2012 Results : What Students Know and Can Do Student Performance In Mathematics, Reading and Science (Volume I). 2014.

Downloads

Published

2022-04-29

How to Cite

Geraldine, M., & Wijayanti, P. (2022). Literasi Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Soal PISA Konten Change and Relationship Ditinjau dari Self Efficacy. Jurnal Riset Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Matematika, 5(2), 82–102. https://doi.org/10.26740/jrpipm.v5n2.p82-102
Abstract views: 2006 , PDF Downloads: 1247