Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa berdasarkan Tahapan Polya Ditinjau dari Gaya Kognitif Reflektif Dan Impulsif
DOI:
https://doi.org/10.26740/jrpipm.v5n1.p33-43Keywords:
Pemecahan Masalah, Tahapan Polya , Gaya Kognitif Reflectif dan ImpulsifAbstract
Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan profil kemampuan pemecahan masalah matematika siswa berdasarkan tahapan Polya ditinjau dari gaya kognitif reflektif dan gaya kognitif impulsif. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes dan wawancara. Instrumen pada penelitian ini yaitu tes MFFT dan tes pemecahan masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, secara umum, siswa reflektif dalam memecahkan permasalahan lebih teliti dan banyak pertimbangan sehingga jawaban yang dihasilkan lebih cermat. Siswa dengan gaya kognitif impulsif dalam memecahkan permasalahan cenderung terburu-buru tanpa mengkaji permasalahan secara mendalam, sehingga banyak melakukan kesalahan pada jawaban.
Kata Kunci: Pemecahan Masala, Tahapan Polya, Gaya Kognitif Reflectif dan Impulsif
References
A. Wijayati, Pendidikan Matematika Realistik, 1st ed. Yogyakarta: GRAHA ILMU, 2018.
G. Polya, How to Solve It: A New Aspect of Mathematical Method, 2nd ed. Princeton: Princeton University Press, 1973.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Jurnal Riset Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran Matematika (JRPIPM)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

