Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa berdasarkan Tahapan Polya Ditinjau dari Gaya Kognitif Reflektif Dan Impulsif

Authors

  • Fairuz Aufa Rohadatul Aisy Universitas Jember
  • Dinawati Trapsilasiwi Universitas Jember
  • Susi Setiawani Universitas Jember

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpipm.v5n1.p33-43

Keywords:

Pemecahan Masalah, Tahapan Polya , Gaya Kognitif Reflectif dan Impulsif

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan profil kemampuan pemecahan masalah matematika siswa berdasarkan tahapan Polya ditinjau dari gaya kognitif reflektif dan gaya kognitif impulsif. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes dan wawancara. Instrumen pada penelitian ini yaitu tes MFFT dan tes pemecahan masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, secara umum, siswa reflektif dalam memecahkan permasalahan lebih teliti dan banyak pertimbangan sehingga jawaban yang dihasilkan lebih cermat. Siswa dengan gaya kognitif impulsif dalam memecahkan permasalahan cenderung terburu-buru tanpa mengkaji permasalahan secara mendalam, sehingga banyak melakukan kesalahan pada jawaban.

Kata Kunci: Pemecahan Masala, Tahapan Polya, Gaya Kognitif Reflectif dan Impulsif

References

A. Wijayati, Pendidikan Matematika Realistik, 1st ed. Yogyakarta: GRAHA ILMU, 2018.

G. Polya, How to Solve It: A New Aspect of Mathematical Method, 2nd ed. Princeton: Princeton University Press, 1973.

Downloads

Published

2022-01-28

How to Cite

Rohadatul Aisy, F. A., Trapsilasiwi, D., & Setiawani, S. (2022). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa berdasarkan Tahapan Polya Ditinjau dari Gaya Kognitif Reflektif Dan Impulsif. Jurnal Riset Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Matematika, 5(1), 33–43. https://doi.org/10.26740/jrpipm.v5n1.p33-43
Abstract views: 147 , PDF Downloads: 117