Perkembangan Berpikir Probabilistik Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Dwi Ivayana Sari STKIP PGRI Bangkalan
  • I Ketut Budayasa Universitas Negeri Surabaya
  • Dwi Juniati Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpipm.v1n1.p30-39

Keywords:

Perkembangan berpikir probabilistik, Siswa sekolah dasar

Abstract

Berpikir probabilistik setiap orang berbeda, karena perbedaan budaya mengakibatkan perbedaan pengetahuan probabilistik, sedangkan pengetahun probabilistik mempengaruhi pemikiran probabilistik. Perbedaan berpikir probabilistik siswa berbeda-beda tergantung pada level berpikir probabilistik siswa. Di Indonesia pertumbuhan tingkat berpikir probabilistik siswa sekolah dasar sedikit mendapat perhatian oleh para peneliti. Hal ini karena materi probabilitas dikenalkan pertama kali di tingkat SMP kelas IX. Padahal mengembangkan berpikir probabilistik siswa di tingkat dasar sangat penting sebagai pondasi untuk mempelajari probabilitas di tingkat yang lebih tinggi. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pertumbuhan tingkat berpikir probabilistik siswa sekolah dasar dalam menyelesaikan tugas probabilitas standar dan tugas probabilitas eksperimen. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif eksploratif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa leki-laki berkemampuan tinggi dan rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Level berpikir probabilistik siswa sekolah dasar mengalami pertumbuhan setelah diberi tugas probabilitas eksperimen, terutama pada tugas ruang sampel dan probabilitas suatu kejadian. Hal ini karena eksperimen memberikan pengalaman langsung kepada siswa untuk memanipulasi bendabenda yang disediakan dalam menyelesaikan tugas probabilitas. Namun, pada tugas perbandingan probabilitas level berpikir probabilistik siswa tidak mengalami perubahan. Hasil penelitian ini dapat menjadi masukan bagi guru untuk mengajarkan probabilitas di tingkat sekolah dasar dengan memberikan tugas perbandingan probabilitas sebagai langkah awal untuk menggali berpikir probabilistik siswa, terutama pada jenis tugas pemutaran spinner.

References

[1] Jones, G. A, Langrall, C. W, Thornton, C. A, Mogill, A. T., Students' probabilistic thinking in instruction. Journal for Research in Mathematics Education. Vol. 30, No.5, (487-.519). 1999.

[2] Amir, Gilead, S., & Williams, Julian, S. (1999). Cultural Influences on Childrens Probabilistic Thinking. Journal of Mathematical Behavior, 18 (1), 85 107.

[3] Sharma, S. (2012). Cultural Influences in Probabilistic Thinking. Journal of Mathematics Research; Vol. 4, No. 5, ISSN 1916-9795 E-ISSN 1916-9809, doi:10.5539/jmr.v4n5p63 URL: http://dx.doi.org/10.5539/jmr.v4n5p63

[4] Jones, G. A, Langrall, C. W, Thornton, C. A, Mogill, A. T. (1997). A Framework for Assessing and Nurturing Young Childrens Thinking in Probability. Educational Studies in Mathematics 32: 101125

[5] Acredolo, C., OConor, J., Banks, L., Horobin, K., Childrens Ability to Make Probability Estimates: Skills Revealed Through Applicaion of Andersons Functional Measurement Methhodology. Child Development. Vol. 60, No.4, (933-945). 1989.


[6] Falk, R & Wilkening, F., Childrens Construction of Fair Chances: Adjusting Probabilities. Developmental Psychology. Vol. 34, No. 6, (1340-1357). 1998.

[7] English, Lyn D., Young Childrens Combinatoric Strategies. Educational Studies in Mathematics. Vol. 22. (451 474). 1991.

[8] English, Lyn D., Children's strategies for solving two - and three dimensional combinatorial problems. In: Leder, Gilah C. and Forgasz, Helen J., (eds.) Stepping stones for the 21st century: Australasian mathematics education research. Sense Publishers, The Netherlands, (139-156). 2007.

[9] Polaki, Mokaeane. V., Using Instruction to Identify Key Features of Basotho Elementary Students' Growth in Probabilistic Thinking. Mathematical thinking and learning. 4:4, (285313). DOI: 10.1207/S15327833MTL0404_01. 2002.

[10] Yenilmez, A, Sungur, S & Tekkaya, C., Investigating Students Logical Thinking Abilities: The Effects Of Gender And Grade Level. Hacettepe Üniversitesi Egitim Fakültesi Dergisi. Vol. 28. (219-225). 2005.

[11] Paul, Mutodi., The Nature of Misconceptions and Cognitive bstacles Faced by Secondary School Mathematics Students in Understanding Probability: A Case Study of Selected Polokwane Secondary Schools. Mediterranean Journal of Social Sciences. Vol. 5, No.8, (446-455). Doi:10.5901/mjss.2014.v5n8p446. 2014.

[12] Langrall, C.W & Mooney, E. S., Characteristics of Elementary School Students' Probabilistic Reasoning. Dalam G. A. Jones. Exploring Probability in School Challenges for Teaching and Learning. New York: Spinger. (95-119). 2005.

[13] Creswell, J.W., Qualitative Inquiry & Research Design: Choosing Among Five Approach 2nd Edition. London: Sage Publication. 2007

[14] Way, Jenni. (2003). The Development of Young Childrens Notions of Probability. European Research in Mathematics Education III. http://www.dm.unipi.it/~didattica/CERME3/proceedings/Groups/TG5/TG5_way_cerme 3.pdf

Downloads

Published

2018-05-02
Abstract views: 791 , PDF Downloads: 1895 , PDF Downloads: 0