Menggunakan Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi PLSV

Authors

  • Anisa Nurul Hasina IKIP Siliwangi
  • Nesi Septiani IKIP Siliwangi
  • Saripudin Saripudin IKIP Siliwangi
  • Septi Nur Rizki IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpipm.v4n2.p93-102

Keywords:

Hasil Belajar, PLSV, Pendekatan Kontekstual

Abstract

Persamaan Linear Satu Variable (PLSV) adalah materi matematika pada level SMP yang dianggap oleh siswa. tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan penelitian tindakan kelas. peneliti menggunakan pendekatan kontekstual untuk menerangkan materi PLSV. Sampel pada penelitian  ini adalah 37 siswa SMP Bingkai Cendekia Cililin kelas 7. Peneliti menggunakan instrument pretes dan postes. Teknik pengumpulan data berupa hasil observasi, wawancara siswa dan dokumentasi hasil pekerjaan siswa. hasil penelitian menunjukkan pada siklus 1 hasil pretest adalah 46.84% dan pada siklus 2 postest, hasil belajar siswa meningkat menjadi 86.42%. hasil penelitian menunjukkan pendekatan kontekstual terbukti meningkatkan hasil belajar siswa.

References

[1] T. T. Wijaya, A. Purnama, and H. Tanuwijaya, œPengembangan Media Pembelajaran Berdasarkan Konsep Tpack pada Materi Garis dan Sudut Menggunakan Hawgent Dynamic Mathematics Software, JPMI J. Pembelajaran Mat. Inov., vol. 3, no. 3, pp. 205214, 2020.
[2] D. Andini, N. Mulyani, T. Wijaya, and D. Supriyati, œMeningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Self Confidence Siswa Menggunakan Pendekatan PBL Berbantuan Geogebra, J. Deriv. J. Mat. dan Pendidik. Mat., vol. 5, no. 1, pp. 8293, 2018.
[3] E. Senjayawati and P. Nurfauziah, œPeningkatan Kemampuan Penalaran Matematik Dan Self Efficaty Siswa SMK Dengan Menggunakan Pendekatan Creative Problem Solving, J. Ilm. P2M STKIP Siliwangi P2M STKIP Siliwangi, vol. 5, no. 2, pp. 16, 2018.
[4] Zulfah, Astuti, Y. F. Surya, R. Marta, and T. T. Wijaya, œMeasurement of mathematics problems solving ability using problem based mathematics question Measurement of mathematics problems solving ability using problem based mathematics question, J. Phys. Conf. Ser., vol. 1613, no. 1, 2020.
[5] M. Hutajulu, T. T. Wijaya, and W. Hidayat, œthe Effect of Mathematical Disposition and Learning Motivation on Problem Solving: an Analysis, Infin. J., vol. 8, no. 2, p. 229, 2019.
[6] U. Sumarmo, W. Hidayat, R. Zukarnaen, M. Hamidah, and R. Sariningsih, œkemampuan dan disposisi berpikir logis, kritis, dan kreatif matematik (Eksperimen terhadap Siswa SMA Menggunakan Pembelajaran Berbasis Masalah dan Strategi Think-Talk-Write), J. Pengajaran Mat. dan Ilmu Pengetah. Alam, vol. 17, no. 1, p. 17, 2012.
[7] E. Suherman, œModel belajar dan Pembelajaran Berorientasi Kompetensi Siswa, Educare, vol. 5, no. 2, pp. 130, 2008.
[8] E. E. Rohaeti, œAnalisis Pembelajaran Konsep Esensial Matematika Sekolah Menengah Melalui Pendekatan Kontekstual Socrates, Infin. J., vol. 1, no. 2, p. 186, 2012.
[9] T. T. Wijaya, Z. Ying, and A. Purnama, œUsing Hawgent dynamic mathematics software in teaching trigonometry, Int. J. Emerg. Technol. Learn., vol. 15, no. 10, 2020.
[10] S. Aminah, T. T. Wijaya, and D. Yuspriyati, œAnalisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas Viii Pada Materi Himpunan, J. Cendekia J. Pendidik. Mat., vol. 2, no. 1, pp. 1522, 2018.
[11] T. T. Wijaya, N. S. S. Dewi, I. R. Fauziah, and M. Afrilianto, œAnalisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Kelas IX Pada Materi Bangun Ruang, UNION J. Ilm. Pendidik. Mat., vol. 6, no. 1, pp. 1928, 2018.
[12] M. Dini, T. T. Wijaya, and A. I. Sugandi, œPengaruh Self Confidence Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematik Siswa Smp, J. Silogisme, vol. 3, no. 1, pp. 17, 2018.
[13] S. I. Kulsum, W. Hidayat, T. T. Wijaya, and J. Kumala, œAnalysis on high school students mathematical creative thinking skills on the topic of sets, J. Cendekia J. Pendidik. Mat., vol. 03, no. 02, pp. 431436, 2019.
[14] T. T. Wijaya, M. Sukma, A. Purnama, and H. Tanuwijaya, œPengembangan media pembelajaran berbasis tpack menggunakan hawgent dynamic mathematics software, J. Elem. Educ., vol. 03, no. 03, pp. 6472, 2020.
[15] T. T. Wijaya and N. Hermita, What is TPMK¯?, 1st ed. Bandung, Indonesia: AE publishing, 2021.
[16] Mustaqim, œBerdasarkan Diagnosis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Program Linear dengan Menggunakan, Pendidik. Mat. Negeri Malang, vol. 1, pp. 7278, 2013.
[17] L. Cunhua, Z. Ying, O. Qunzhuang, and T. T. Wijaya, œMathematics course design based on six questions cognitive theory using hawgent dynamic mathematic, J. Educ., vol. 02, no. 01, pp. 3644, 2019.
[18] T. T. Wijaya, Z. Ying, L. Cunhua, and Zulfah, œUsing vba learning media to improve students mathematical understanding ability, J. Educ., vol. 02, no. 02, pp. 245254, 2020.
[19] S. Tan, L. Zou, T. T. Wijaya, N. Suci, and S. Dewi, œImproving student creative thinking ability with problem based learning approach using hawgent, J. Educ., vol. 02, no. 04, pp. 303312, 2020.
[20] L. Suan, Z. Ying, and T. T. Wijaya, œUsing hawgent dynamic mathematics software in teaching arithmetic operation, Int. J. Educ. Learn., vol. 2, no. 1, pp. 2531, 2020.
[21] T. T. Wijaya, Z. Ying, and A. Purnama, œUsing Hawgent Dynamic Mathematics Software in Teaching Trigonometry, Int. J. Emerg. Technol. Learn., vol. 15, no. 10, pp. 215222, 2020.
[22] M. Bernard, P. Akbar, A. Ansori, and G. Filiestianto, œImprove the ability of understanding mathematics and confidence of elementary school students with a contextual approach using VBA learning media for Microsoft Excel, J. Phys. Conf. Ser., vol. 1318, no. 1, 2019.
[23] T. T. Wijaya, Z. Ying, and A. Purnama, œThe empirical research of hawgent dynamic mathematics technology integrated into teaching, J. Cendekia J. Pendidik. Mat., vol. 04, no. 01, pp. 144150, 2020.
[24] P. A. Chusna, œPengaruh Media Gadget Pada Perkembangan Karakter Anak, Din. Penelit. Media Komun. Sos. Keagamaan, vol. 17, no. 2, pp. 315330, 2017.
[25] N. Hermita, H. S. Ningsih, J. A. Alim, M. Alpusari, Z. H. Putra, and T. T. Wijaya, œDeveloping Science Comics for Elementary School Students on Animal Diversity, Solid State Technol., vol. 63, no. 1s, 2020.
[26] A. Indriani, œDesain Pendekatan Kontekstual Pada Pembelajaran Statistik Matematika, Aksioma, vol. 8, no. 1, p. 98, 2017.
[27] D. C. Yang, Y. K. Tseng, and T. L. Wang, œA comparison of geometry problems in middle-grade mathematics textbooks from Taiwan, Singapore, Finland, and the United States, Eurasia J. Math. Sci. Technol. Educ., vol. 13, no. 7, pp. 28412857, 2017.
[28] S. Chotimah, M. Bernard, and S. M. Wulandari, œContextual approach using VBA learning media to improve students mathematical displacement and disposition ability, J. Phys. Conf. Ser., vol. 948, no. 1, 2018.
[29] R. R. Sidi and T. N. H. Yunianta, œMeningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Kelas VII pada Materi Aljabar dengan Menggunakan Strategi Joyful Learning, Maju, vol. 5, no. 1, pp. 3950, 2018.
[30] T. T. Wijaya, Z. Ying, S. Chotimah, M. Bernard, Zulfah, and Astuti, œHawgent dynamic mathematic software as mathematics learning media for teaching quadratic functions, in Journal of Physics: Conference Series, 2020, vol. 1592, no. 1.
[31] X. Zhang, Y. Zhou, and T. T. Wijaya, œHawgent Dynamic Mathematics Software to Teach Line and Angle, JNPM (Jurnal Nas. Pendidik. Mat., vol. 4, no. 2, pp. 237247, 2020.
[32] K. Sarwinda, E. Rohaeti, and M. Fatharani, œThe development of audio-visual media with contextual teaching learning approach to improve learning motivation and critical thinking skills, vol. 2, no. 2, pp. 98114, 2020.
[33] W. N. Mentari and H. Syarifuddin, œImproving student engagement by mathematics learning based on contextual teaching and learning, J. Phys. Conf. Ser., vol. 1554, p. 012003, 2020.
[34] E. E. Rohaeti and M. Bernard, œthe Students Mathematical Understanding Ability Through Scientific-Assisted Approach of Geogebra Software, Infin. J., vol. 7, no. 2, p. 165, 2018.

Downloads

Published

2021-04-30
Abstract views: 303 , PDF Downloads: 275