KORELASI IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN IPA DARING TERHADAP LITERASI TEKNOLOGI SISWA DI KELAS VIII SMP

Authors

  • Yenni Surfiyanti Ningrum Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Ria Wulandari Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.26740/jpps.v10n1.p1889-1898

Keywords:

Literasi teknologi, pembelajaran daring, IPA

Abstract

Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara implementasi pembelajaran IPA daring yang dilakukan guru dengan literasi teknologi siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode survei. Pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling yang terdiri dari kelas VIII-A dan VIII-G yang berjumlah 67 siswa. Instrumen pada penelitian ini menggunakan pengisian angket tentang pembelajaran IPA daring yang dilakukan guru dan literasi teknologi untuk siswa. Hasil penelitian meliputi: nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan diperoleh nilai  3,931 >  1,998. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara implementasi pembelajaran IPA daring yang dilakukan guru terhadap literasi teknologi siswa. Hasil dari penelitian ini diharapkan menjadi teori baru yang menguatkan teori-teori sebelumnya.

 

Kata Kunci: Literasi teknologi, pembelajaran daring, IPA

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

<p>Akbar, M. F., &amp; Anggraeni, F. D. (2017). <em>œTeknologi Dalam Pendidikan: Literasi Digital Dan Self-Directed Learning Pada Mahasiswa Skripsi.</em> Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi, 2(1).</p><p>Arikunto, S. (2010). <em>œProsedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.</em> Jakarta: Rineka Cipta.</p><p>Aryza, S., Lubis, Z., &amp; Khairunizam, W. (2019, February). Analisis Hubungan Antara Daring dan Revolusi Industri Didalam Penerapan Ilmu Keteknikan. In <em>Seminar Nasional Teknologi Komputer &amp; Sains (SAINTEKS)</em> (Vol. 1, No. 1).</p><p>Astini, N. K. S. (2019, August). <em>œPentingnya Literasi Teknologi Informasi Dan Komunikasi Bagi Guru Sekolah Dasar Untuk Menyiapkan Generasi Milenial.</em> In Prosiding Seminar Nasional Dharma Acarya (Vol. 1, No. 1).</p><p>Bawden, D., (2008), Origins and concepts of digital literacy, in: Digital Literacies: Concepts, Policies and Practices, Peter Lang Publishing, New York.</p><p>Dewi, W. A. F. (2020). <em>œDampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar.</em> Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55-61.</p><p>Fauziah, S. (2018). <em>œPengaruh Pembelajaran Biologi Berbasis STEM Terhadap Literasi Teknologi Dan Kemampuan Mengembangkan Teknologi Pada Siswa SMP</em> (Doctoral Dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).</p><p>Hartanto, W. (2016). Penggunaan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 10(1).</p><p>Hastini, dkk. (2020). <em>œApakah Pembelajaran Menggunakan Teknologi dapat Meningkatkan Literasi Manusia pada Generasi Z di Indonesia.</em> <em>Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA)</em>, <em>10</em>(1), 12-28.</p><p>Helaluddin, H. (2019). Peningkatan Kemampuan Literasi Teknologi dalam Upaya Mengembangkan Inovasi Pendidikan di Perguruan Tinggi. <em>PENDAIS</em>, <em>1</em>(01), 44-55.</p><p>Hidayanti, WI, Rochintaniawati, D., &amp; Agustin, RR (2018). Pengaruh Brainstorming terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa dalam Pembelajaran Gizi. <em>Jurnal Pembelajaran Sains</em> , <em>1</em> (2), 44-48.</p><p>Irhandayaningsih, A. (2020). <em>Pengukuran Literasi Digital Pada Peserta Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID-19</em>. Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, dan Informasi, 4(2), 231-240.</p><p>Luthfiyani, S. H. D. (2018). <em>PENGARUH PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS STEM TERHADAP LITERASI TEKNOLOGI DAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN PADA SISWA SMA</em> (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).</p><p>Mahnun, N. (2018). Implementasi Pembelajaran Online Dan Optimalisasi Pengelolaan Pembelajaran Berbasis Online Di Perguruan Tinggi Islam Dalam Mewujudkan World Class University. <em>Riau: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau</em>.</p><p>Nahdi, D. S., &amp; Jatisunda, M. G. (2020). ANALISIS LITERASI DIGITAL CALON GURU SD DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS VIRTUAL CLASSROOM DI MASA PANDEMI COVID-19. <em>Jurnal Cakrawala Pendas</em>, <em>6</em>(2).</p><p>Prawiradilaga, D. S. (2014). <em>œWawasan Teknologi Pendidikan</em>. Jakarta: Kencana Predana Media Group. 90037-3.</p><p>Rahayu, S., Sugiyarto, S., &amp; Sunarno, W. (2013). Pembelajaran IPA Melalui Pendekatan Kontekstual Menggunakan Simulasi Komputer Dan Model Kerja Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis Dan Gaya Belajar. <em>INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA</em>, <em>2</em>(03).</p><p>Renalia R. (2020). <em>œLiterasi Teknologi Sebagai Inovasi Dalam Pendidikan</em>. Jurnal Penelitian Teknologi, Hlm. 52.</p><p>Rustam, R., Ramdani, A., &amp; Sedijani, P. (2017). <em>œPengaruh Model Pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) Terhadap Pemahaman Konsep IPA, Keterampilan Proses Sains Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Negeri 3 Pringgabaya Lombok Timur.</em> Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 3(2).</p><p>Sugiyono. (2017) <em>œMetode Penelitian Dan Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&amp;D.</em> Bandung: Penerbit Alfabeta.</p><p>Setti, S., &amp; Wanto, A. (2019). Analisis Algoritma Backpropagation dalam Memprediksi Jumlah Pengguna Internet Terbanyak di Dunia. <em>Jurnal Online Informatika</em> , <em>3</em> (2), 110-115.</p><p>Tunardi, T. (2018). Memaknai Peran Perpustakaan dan Pustakawan dalam Menumbuhkembangkan Budaya Literasi. <em>Media Pustakawan</em>, <em>25</em>(3), 65.</p>

Downloads

Additional Files

Published

2020-11-28

How to Cite

Ningrum, Y. S., & Wulandari, R. (2020). KORELASI IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN IPA DARING TERHADAP LITERASI TEKNOLOGI SISWA DI KELAS VIII SMP. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 10(1), 1889–1898. https://doi.org/10.26740/jpps.v10n1.p1889-1898

Issue

Section

Articles
Abstract views: 2135 , PDF Downloads: 1866 , PDF Downloads: 0 , PDF Downloads: 0