PENINGKATAN KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN PROSES PEMBENTUKAN BAYANGAN MELALUI MEDIA ANIMASI PADA SISWA KELAS VIII-G SMPN 1 PUNCU

Authors

  • Widyanti Nugraheni UPTD SMP NEGERI 1 PUNCU

DOI:

https://doi.org/10.26740/jppipa.v3n2.p77-81

Keywords:

Proses pembentukan bayangan, media animasi

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan mendeskripsikan proses pembentukan bayangan pada siswa kelas VIII-G SMPN 1 Puncu, dengan menggunakan media animasi powerpoint. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus. Penelitian ini menggunakan indikator keberhasilan kemampuan mendeskripsikan proses pembentukan bayangan sebesar 75. Hasil penelitian siklus I: rata-rata kemampuan identifikasi siswa : 64,5, pada siklus II: 77,8. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media animasi powerpoint dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas VIII-G SMPN 1 Puncu dalam mendeskripsikan proses pembentukan bayangan pada peristiwa pemantulan dan pembiasan.

Kata Kunci: Proses pembentukan bayangan, media animasi

References

Arikunto, Suharsimi, dkk. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

DePorter, Bobbi dan Hernacki, Mike. 2006. Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman & Menyenangkan. Bandung: PT. Mizah Pustaka.

Huitt, W., Monetti, D., dan Hummel J. 2009. Designing direct instruction. Pre-publication version of chapter published in C. Reigeluth and A. Carr-

Chellman. Instructional design theories and models: Volume III. Building a common knowledge base [73-97]. Mahwah, NJ: Lawrence Erlbaum Associates.

Purnomo, C.H. 2008. Panduan Belajar Otodidak Microsoft Power Point 2007. Jakarta: Media Kita.

Downloads

Published

2019-02-28

How to Cite

Nugraheni, W. (2019). PENINGKATAN KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN PROSES PEMBENTUKAN BAYANGAN MELALUI MEDIA ANIMASI PADA SISWA KELAS VIII-G SMPN 1 PUNCU. JPPIPA (Jurnal Penelitian Pendidikan IPA), 3(2), 77–81. https://doi.org/10.26740/jppipa.v3n2.p77-81
Abstract views: 1322 , PDF Downloads: 1938