PENINGKATAN KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN PROSES PEMBENTUKAN BAYANGAN MELALUI MEDIA ANIMASI PADA SISWA KELAS VIII-G SMPN 1 PUNCU
DOI:
https://doi.org/10.26740/jppipa.v3n2.p77-81Keywords:
Proses pembentukan bayangan, media animasiAbstract
Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan mendeskripsikan proses pembentukan bayangan pada siswa kelas VIII-G SMPN 1 Puncu, dengan menggunakan media animasi powerpoint. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus. Penelitian ini menggunakan indikator keberhasilan kemampuan mendeskripsikan proses pembentukan bayangan sebesar 75. Hasil penelitian siklus I: rata-rata kemampuan identifikasi siswa : 64,5, pada siklus II: 77,8. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media animasi powerpoint dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas VIII-G SMPN 1 Puncu dalam mendeskripsikan proses pembentukan bayangan pada peristiwa pemantulan dan pembiasan.
Kata Kunci: Proses pembentukan bayangan, media animasiReferences
Arikunto, Suharsimi, dkk. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
DePorter, Bobbi dan Hernacki, Mike. 2006. Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman & Menyenangkan. Bandung: PT. Mizah Pustaka.
Huitt, W., Monetti, D., dan Hummel J. 2009. Designing direct instruction. Pre-publication version of chapter published in C. Reigeluth and A. Carr-
Chellman. Instructional design theories and models: Volume III. Building a common knowledge base [73-97]. Mahwah, NJ: Lawrence Erlbaum Associates.
Purnomo, C.H. 2008. Panduan Belajar Otodidak Microsoft Power Point 2007. Jakarta: Media Kita.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

