PENERAPAN MODIFIED PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN GALLERY WALK (GW) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYUSUN PETA PIKIRAN DAN HASIL BELAJAR IPA

Authors

  • Karyatin Karyatin SMP Negeri 1 Probolinggo

DOI:

https://doi.org/10.26740/jppipa.v1n2.p42-51

Keywords:

modified problem based learning, gallery walk, peta pikiran, dan hasil belajar kognitif

Abstract

Proses pembelajaran sedapat mungkin melibatkan para siswa dalam memecahkan permasalahan, mengijinkan para siswa untuk aktif membangun dan mengatur pembelajarannya, dan dapat menjadikan siswa yang berpikir realistis. Untuk mengakomodasi siswa dalam memecahkan masalah dan diskusi menjadi lebih interaktif, juga bisa menjadi salah satu alternatif umpan balik antar siswa dan guru dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan metode diskusi kelas berupa Galery Walk (GW). Konsep ini menjelaskan bahwa belajar terjadi aksi siswa, pendidik hanya berperan dalam memfasilitasi terjadinya aktivitas kontruksi pengetahuan oleh pebelajar. Pendidik harus memusatkan perhatiannya untuk membantu siswa dalam mencapai keterampilan (self directed learning). Tujuan dalam penelitian ini untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran, mengukur keterampilan menyusun peta pikiran, dan hasil belajar kognitif IPA siswa. Data hasil keterlaksanaan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran PBL dengan strategi diskusi kelas GW mengalami peningkatan pada siklus I mencapai 92% dan siklus II mencapai 98%, sehingga meningkat sebesar 6%. Keterampilan menyusun peta pikiran pada siklus I dengan rata-rata mencapai level cukup baik meningkat dengan level baik pada siklus II. Sedangkan rata-rata hasil belajar kognitif IPA pada siklus I sebesar 76 dan menjadi 79 pada siklus II.

References

Akçay. B. 2009. Problem-Based Learning in Science Education . Journal of TURKISH SCIENCE EDUCATION Volume 6, Issue 1, April 2009. http://www.tused.org
Amala F. 2013. Implementasi model pembelajaran Berbasis masalah (problem based learning) Dalam meningkatkan kemampuan berpikir Kritis pada kompetensi dasar menerima Dan menyampaikan informasi bagi siswa Kelas x administrasi perkantoran Di smk cut nya dien semarang. Skripsi yang tidak dipublikasikan. Universitas Negeri Semarang. Semarang
Amir, Z. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Rineka Cipta
Arikunto, S. 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Akasara.
Francek, S. 2002. Metacognitive Skill for Adult Learning. ERIC Educational Resources Information Center Trends and Issuea Alert No. 39, (Online), http://www,cete,org/acve/docs/tia000107.pdf, diakses 5 Agustus 2006.
Maimunah, S. 2011. Penerapan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Bersikap Ilmiah dan Prestasi Belajar IPA di SMP Negeri 1 Probolinggo. Tesis tidak diterbitkan. PPS: Universitas Negeri Malang.
Susilo, H. 2009. Penelitian Tindakan Kelas sebagai Sarana Pengembangan Keprofesionalan Guru dan Calon Guru. Malang: Bayu Media Publishing.
Sari L P. 2013. Implementasi Model Pembelajaran Gallery of Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi dan Rasa Ingin Tahu Peserta Didik Kelas X A MA Ibnul Qoyyim Putri Pada Pembelajaran Kimia. Skripsi yang tidak dipublikasikan. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. Jogyakarta
Setiawan, 2008. Penerapan Pengajaran Kontekstual Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X2 SMA Laboratorium Singaraja. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan 2(1), 42-59 JPPP, Lembaga Penelitian Undiksha, April 2008.
Suratmi, 2013. Penggunaan Mind Mapping sebagai Penilaian Hasil belajar Siswa pada Pembelajaran Konsep Sistem Reproduksi di SMPN 1 Anyar. Semirata FPMIPA Universitas Lampung, (On line), diakses tanggal 30 September 2016.
Widari, M,dkk. 2014. Pengaruh Pembelajaran Mind Mapping dan Ekspositori terhadap Hasil Belajar Matematika di SD Gugus IX Kecamatan Buleleng. e-Journal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Teknologi Pendidikan (Vol: 2 No: 1 Tahun: 2014), (On line), di akses tanggal 30 September 2016.Biggs, J. B. 1996. Enhancing Teaching Through Constructive Alignment. Higher Education, 32, 347-364.

Downloads

Published

2017-11-03

How to Cite

Karyatin, K. (2017). PENERAPAN MODIFIED PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN GALLERY WALK (GW) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYUSUN PETA PIKIRAN DAN HASIL BELAJAR IPA. JPPIPA (Jurnal Penelitian Pendidikan IPA), 1(2), 42–51. https://doi.org/10.26740/jppipa.v1n2.p42-51
Abstract views: 2051 , PDF Downloads: 1188