ANALISIS PENYELENGGARAAN œSETARA DARING SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH DI SATUAN PENDIDIKAN NON FORMAL (SPNF) SKB GUDO KABUPATEN JOMBANG

Authors

  • Silfi Fibrianti Universitas Negeri Surabaya
  • Suhanadji Suhanadji Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

Analyze, Learning Media, E-Learning, SeTARA Daring

Abstract

Pembelajaran menggunakan SeTARA Daring merupakan pembelajaran dengan memanfaatkan sarana e-learning tanpa terbatasi ruang dan waktu. Tujuan utama dari penelitian ini adalah menganalisis seluruh aspek mengenai penyelenggaraan SeTARA Daring sebagai media pembelajaran Pendidikan Luar Sekolah melalui penerapan belajar jarak jauh di Satuan Pendidikan Nonformal SKB Gudo. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasil analisis data yang dilakukan mulai dari Pengumpulan Data, Reduksi Data, Display Data hingga Verifikasi Data. Sedangkan untuk keabsahan data menggunakan Kredibilitas, Dependabilitas, Konfirmabilitas, dan Transferabilitas.Hasil penelitian yang diperoleh bahwa pertama, penyelenggaraan SeTARA Daring menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik yang cukup baik dibanding sebelumnya akan tetapi tidak dapat dinilai keorisinilannya dikarenakan seluruh proses pembelajaran didudukung penuh oleh kehadiran internet. Kedua, analisis menunjukkan hasil yang positif dilihat dari aspek waktu yang lebih fleksibel yakni secara online dibanding dengan belajar konvensional di kelas.

References

Ananda Hadi, E. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran E-Learning dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Indonesia: No. 56.
Efendi, A. (2005:171). Revolusi Kecerdasan Abad 21. Bandung: Alfabeta.
Lincoln, & Guba. (1985). Naturalistic Inquiry. California: Sage.
Machali, I., & Hidayat, A. (2016:211). The Handbook of Education Management (Teori, dan Praktik Pengelolaan Sekolah/ Madrasah di Indonesia). Jakarta: Prenadamedia Group.
Riyanto, Y. (2007:23). Metodologi Penelitian Pendidikan Kualitatif dan Kuantitatif. Surabaya: Unesa University Press.
Rovai, A. (2007:416). A Comparative Analysis of Student Motivation in Traditional Classroom and E-Learning Courses. International Journal on E-Learning , Volume 6, Issue 3.
Sae-Khow, J. (2014). Developing of Indicators of An E-learning Benchmarking Model For Higher Education Institutions. The Turkish Online Journal of Educational Technology, Volume 13, Issue 2.
Salma, D. (2012:275). Wawasan Tekhnologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung. Bandung: Alfabeta.
W. Purbo, O. (2002:10). Antologi Tekhnologi Informasi. Malang: Seribu Bintang .
Wulf, & Bates. (1995). Technology Open Learning and Distance Education. London: Routledge.

Downloads

Published

2020-06-26
Abstract views: 1152 , PDF Downloads: 777