EVALUASI PROGRAM PELATIHAN HANDPONE MENGGUNAKAN MODEL STAKE DI DINAS TENAGA KERJA KABUPATEN MOJOKERTO

Authors

  • Zakariya _ Universitas Negeri Surabaya
  • Yatim Riyanto Universitas Negeri Surabaya
  • I Ketut Atmaja Uniersitas Negeri Surabaya

Keywords:

Evaluation, Traning, Stake Model

Abstract

Artikel ini berisikan tentang deskripsi dan analisis model evaluasi yang bisa memberikan gambaran secara Countenance /keseluruan meskipun pihak penyelenggara sudah mempunya standart sendiri tetapi peneliti ingin membandingkan (evaluasi) terhadap program pelatihan handpone yang ada di DISNAKER Kabupaten Mojokerto dengan standart yang ada dengan teori adalah standart teori evaluasi Model Countenance. Penelitian ini menggunkan metode kualitatif. jenis penelitian ini adalah penelitian evaluasi penentuan sumber data berupa purposive atau sample bertujuan. Teknik pengambilan data terdiri dari wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis datanya yaitu, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk uji keabsahaan data terdiri dari kredibilitas, dependabilitas, konfrimabilitas dan transferabilitas. Berdasarkan hasil analisi data dan pembahasan temuan penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa :1. Context dalam sebuah kebijakan atau dasar  program pelatihan ini adalah usulan pada musyawarah pembangunan desa untuk kegiatan pelatihan handpone. 2. Proses pelatihan service handpone mulai dari perencanaan, pelaksanaan sampai  akhir sudah berjalan dengan baik, hal ini terbukti dengan tercapainya tujuan pelatihan yang telah direncanakan. Selain itu terpenuhi aspek aspek pelatihan meliputi, pengorganisasian peserta pelatihan, adanya perlangkapan yang memadai serta sarana dan prasarana yang sudah cukup baik dalam mendukung berjalannya pelatihan. 3. Output dari pelatihan ini sendiri adalah peserta pelatihan dapat mengenali perangkat atau komponen handpone serta mengidentifikasi kerusakan hadware dan menservice perangkat handpone

References

Arikunto, Suharsimi dan Jabar, Cepi Safruddin Abdul. 2009. Evaluasi Program Pendidikan:Pedoman Teoretis Praktis bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Chabib, Thoha. 2001. Teknik Evaluasi Pendidikan, Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada
Daniel L. Sufflebeam, dan Anthony J. Shinkfield.1986, Systematic Evaluation: A Self Instructional guide to Theory and Practice. Boston: Kluwer-nijhoff Publishing
G.F Madaus, M.S.Scriven, & D.L. Stufflebeam (eds). 1985. Evaluation Model:Veiwpoints on educational and human service evaluation. Boston: Kluwer-nijhoff Publishing
Hamalik, Oemar. 2001, Tehnik Pengukuran dan Evaluasi Pendidikan. Jakarta: CV. Mandar Maju.
Hitchcock, S., Carr, L., & Hall, W. 1996. A Survey of STM Online Journals, 1990-1995: The Calm before the Storm, (Online), (http://journal.ecs.soton.ac.uk/survey/survey.html), diakses 12 Juni 2019.
Kirkpatrick, Donald L., dan James D. Kirkpatrick. 2006. Evaluating Training Programs: The Four Levels. San Fransisco: Berrett-Koehler Publishers Inc,.
Moleong, Lexy j. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatf. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Myers, David G. 2010. Psikologi Sosial Edisi 10 Buku
2. (Aliya Tusyani, Lala Septiani Sembiring, Petty Gina Gayatri, Putri Nurdina Sofyan, Penerjemah). New York : McGraw-Hill.

Riyanto, Yatim. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Surabaya: Unesa University Press.
Tayibnapis, Farida Yusuf. 2000 . Evaluasi program. Jakarta: Rineka Cipta
Tulung, Jeane Marie. 2014. Evaluasi Program Pendidikan Dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat IV Di Balai Diklat Keagamaan Manado. Journal œActa Diurna Volume III. No.3.https://media.neliti.com/media/publications/95081-ID-evaluasi-program-pendidikan-dan-pelatiha.pdf
Yusuf, Farida,T. 2000. Evaluasi Program, Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Downloads

Published

2019-05-23
Abstract views: 432 , PDF Downloads: 1975