Storytelling sebagai Teknik Pembelajaran Bercerita bagi Siswa Sekolah Dasar

Penulis

  • Chaira Salsabila Universitas Negeri Padang
  • Satria, Dadi Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.26740/jpus.v9n1.p10-17

Kata Kunci:

Storytelling, Teknik pembelajaran, Keterampilan berbicara, Siswa sekolah dasar, Bahasa Indonesia

Abstrak

Kemampuan berbicara merupakan salah satu keterampilan penting dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada jenjang sekolah dasar. Salah satu metode yang efektif untuk mengembangkan keterampilan tersebut adalah teknik bercerita atau storytelling. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas storytelling sebagai metode pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan berbicara siswa sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah studi pustaka dengan pendekatan deskriptif kualitatif, yang dilakukan dengan cara mengkaji dan mensintesis berbagai jurnal ilmiah dan buku-buku yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa storytelling memberikan kontribusi yang signifikan dalam meningkatkan keterampilan berbahasa siswa, terutama pada aspek berbicara, menyimak, dan penguasaan kosakata. Selain itu, storytelling juga terbukti dapat meningkatkan motivasi belajar, rasa percaya diri, serta kemampuan sosial emosional siswa. Teknik ini menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, interaktif, dan inklusif. Oleh karena itu, storytelling direkomendasikan sebagai strategi pembelajaran holistik dan transformatif dalam pendidikan bahasa Indonesia di sekolah dasar.

Referensi

Elkhimry, H. A. (2022). storytelling: An effective method to teach english language for young learners. Journal of Science and Knowledge Horizons, 2(02), 425–435. https://doi.org/10.34118/jskp.v2i02.2727

Fathurahman, F. (2023). Meningkatkan Kemampuan Menyimak Melalui Penggunaan Metode Bercerita Berbantuan Alat Peraga pada Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Ganti Kecamatan Praya Timur Kabupaten Lombok Tengah. Jurnal Pendidikan Refleksi, 12(1), 39–56.

Hekmatipour, N., Behnam Vashani, H., Vaghee, S., & Asghari Nekah, S. M. (2015). Effects of Storytelling on Educational Self-efficacy in Children with Thalassemia, Aged 7-12 Years Old. Evidence Based Care, 5(3), 19–28. https://doi.org/10.22038/ebcj.2015.4875

Santoso, A. L. B., Ginting, D., & Yulianto, W. E. (2023). THE EFFECTS OF STORYTELLING TEACHING STYLE ON ELEMENTARY STUDENTSâ€TM READING COMPREHENSION. Journal of English Educational Study (JEES), 6(2), 132–141. https://doi.org/10.31932/jees.v6i2.2472

Snyder, H. (2019). Literature review as a research methodology: An overview and guidelines. Journal of Business Research, 104, 333–339. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2019.07.039

Wulandari, R. E., Sujoko, S., & Asrori, M. (2015). UTILIZING STORYTELLING TO IMPROVE STUDENTS’ VOCABULARY MASTERY. English Education, 4(1), 56–62. https://doi.org/10.20961/eed.v4i1.34717

Unduhan

Diterbitkan

2025-04-02
Abstract views: 147 , PDF Downloads: 84