Implementasi Program Desa Suco Produktif Dalam Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia Desa Suco Kabupaten Jember

Authors

  • Shinta Ayu Lestari Universitas Jember
  • AT. Hendrawijaya Universitas Jember
  • Irliana Faiqotul Himmah Universitas Jember

Keywords:

productive suco villages, quality of human resources, equality education, non-formal education

Abstract

The Suco Village Government of Jember Regency has a Productive Suco Village Program, this program is held in order to improve the quality of HR (Human Resources) in Suco Village. This program has a collaboration with PKBM Nurul Huda to provide free learning opportunities to RT and RW heads through the role of equality education. This research was conducted in Suco Village and PKBM Nurul Huda. Collecting data through observation, interviews and documentation. Data validity tests include credibility tests, transferability tests, dependability tests and objectivity tests. Data analysis consists of three components, namely data reduction, data presentation and conclusion. The results of the study stated that the Productive Suco Village program in improving the quality of HR (Human Resources) in Suco Village, Jember Regency was running quite well and was said to be successful because it saw the results of the development of learning residents as indicated by changes in knowledge and skills from before and after participating in this program.

References

Aprianto, R. 2019. Analisis Kualitas Sumber Daya Manusia Dalam Menekan Angka Kemiskinan. Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syari’ah. Vol 2 No 2, 364.

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisii Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Badan Pusat Statistik Kabupaten Jember. 2021. Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Jember 2021. Berita Resmi Statistik No. 31/12/3509/Thx, XXI, 1 Desember 2021. Jember:Badan Pusat Statistik Kabupaten Jember

Batlajery, S., 2016. Penerapan Fungsi-Fungsi Manajemen Pada Aparatur Pemerintahan Kampung Tambat Kabupaten Merauke. Jurnal Ilmu Ekonomi & Sosial. VII (2), 135-155.

Darsini, dkk. 2019. Pengetahuan: Artikel Review. Jurnal Keperawatan. Vol 12. No. 1.

Dewi, C. A., DKK. 2020. Pengaruh Pengalaman Kerja dan Keterampilan Terhadap Kinerja Karyawan di CV. Grammes Jewelry Kerobokan. Vol 1 (1).

Haerul., dkk. 2016. Implementasi Kebijakan Program Makasaar Tidak Rantasa (Mtr) Di Kota Makassar. Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Publik. 6 (2)

Handoko, H. 2003. Manajemen Personalia dan Sumberdaya Manusia. Cetakan Kesebelas. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.Indonesia

Harini, S., dkk. 2015. Peningkatan Kualitas SDM Melalui Pelatihan dan Pengaruhnya Terhadap Peningkatan Pendapatan. Jurnal Universitas Iskandar Muda. 1 (1), 50.

Lauhery, F. 2018. Pengaruh Kualitas Sumber Daya Manusia, Disiplin Kerja, Dan Pengembangan Karir Terhadap Prestasi Kerja Pegawai Dinas Perhubungan Provinsi Maluku. Jurnal SOSO2. 6 (1)

Masrukin., A. Theresia. 2015. Pengaruh Sumber Daya Manusia Terhadap Kinerja Pegawai Badan Pedidikan & Pelatihan Provinsi Kalimantan Tengah. Jurnal Umpalangkaraya.

Masyud, M. Sulthon, 2021. Metode Penelitian Pendidikan, Penuntun Teri dan Praktik Penelitian Bagi Calon Guru, Guru dan Praktisi Pendidikan. Jember: Lembaga Pengembangan Manajemen dan Profesi Kependidikan

Notoatmdjo, S. 2014. Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Pitri, T. 2020. Pengaruh Pengetahuan & Pengalaman Kerja Terhadap Kinerja Karyawab Pada CV Ria Busana. Jurnal Ekonomedia. Vol. 09 No. 02.

Putra, R. A. 2017. Penerapan Metode Pembelajaran Mandiri Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah. Vol 13 (1).

Rauf, A. H. 2013. Peranan Camat Dalam Mengkoordinir Peningkatan pembangunan di Kecamatan Kabupaten Pinrang. Jurnal Umsrappang. Vol 2 No. 3

Sugiyono, 2018. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitaif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suhartini, Y. 2015. Pengaruh Pengetahuan, Keterampilan dan Kemampuan Karyawan Terhadap Kinerja Karyawan (Studi pada Industri Kerajinan Kulit di Manding, Bantul, Yogyakarta. Jurnal Universitas Negeri Yogyakarta. 12 (2), 661-663.

Suharto. 2013. Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif). Bandung: CV. Alfabeta

Sukarna. 2011. Dasar-Dasar Manajemen. Bandung: CV. Mandar Maju

Tampubolon, P. 2018. Pengorganisasian dan Kepemimpinan Kajian Terhadap Fungsi-Fungsi Manajemen Organisasi Dalam Upaya Untuk Mencapai Tujuan Organisasi. Jurnal Stindo Profesional. IV (3), 29-30.

Taufiqurohman. 2008. Konsep dan Kajian Ilmu Perencanaan. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Prof. Dr. Moestopo Beragam

Terry.G.R, dan L. W. Rul. 1999. Dasar-Dasar Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional. 8 Juli 2003. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 4301. Jakarta

W, J, S, Poerwadarminta. 2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia.Dewi, GS. 2019

Wahyuningsih, D., Evaluasi Program Manajemen Blended Learning (Studi Kasus Mata Kuliah Geofisika Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Sebelas Maret. Jurnal FKIP UNS. 6 (2). 2015.

Widiastuti, S., dkk. 2010. Peningkatan Motivasi dan Keterampilan Menggiring Bola Dalam Pembelajaran Sepakbola Melalui Kucing Tikus Pada Siswa Kelas 4 SD Glagahombo 2 Tempel. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia. Volume 7 Nomor 1 Hlm 47-59.

Wiestra. 2014. Pelaksanaan Pemberian Izin Oleh Kepolisian Lampung: Universitas Lampung. Halaman 12

Yuda., dan A.L Fuadi. 2022. Implementasi Logika Fuzzy Mamdani Untuk Menentukan Stok Beras Di Toko Agung Cahaya Berbasis Web. Jurnal Ilmu Komputer dan Sains. 1 (10), 1707-1713.

Published

2023-11-30
Abstract views: 30 , PDF Downloads: 78