PEMENUHAN HAK ANAK DALAM PEMBANGUNAN KARAKTER (STUDI DI ORGANISASI SISWA SISWI SEKOLAH DASAR ISLAM AL-IKHLAS, CIPETE, JAKARTA SELATAN)

Authors

  • Lutfi Djoko Djumeno Alumni Fakultas Hukum dan Magister Manajemen Universitas Indonesia
  • Yudistira S. A. Soedarsono Konsultan Manajemen Sumber Daya Manusia Berbasis Kompetensi
  • Fathudin Ali Guru Sekolah Dasar Islam Al-Ikhlas Cipete, Jakarta Selatan
  • Fahrul Fauzi Universitas Indonesia

Abstract

Salah satu hak anak yang menjadi penting adalah hak anak untuk mendapatkan pendidikan. Pendidikan merupakan hak setiap warga negara yang dijamin oleh negara dalam konstitusi. Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Hasil dari sebuah proses pendidikan harus dapat menjawab tantangan di masa kini dan masa mendatang. Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) merupakan salah satu konsep yang telah dipraktikan dalam sistem pendidikan nasional. OSIS memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mempelajari tentang organisasi, ilmu pengelolaan (manajemen) dan ilmu kepemimpinan. Tulisan ini menggunakan pendekatan yuridis-empiris yang menggabungkan data-data sekunder dan temuan-temuan di lapangan. Fokus tulisan ini mengulas pemenuhan hak anak dalam pembangunan karakter di Organisasi Siswa-Siswi Sekolah Dasar Islam Al-Ikhlas Cipete-Jakarta Selatan (OSSDIA) untuk membentuk siswa yang siap menjawab tantangan kekinian. Salah satu program OSSDIA adalah Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) yang fokusnya mengubah siswa dari Pengikut Belaka menjadi Pemimpin. Berbekal pada kegiatan OSSDIA, diharapkan dapat mewujudkan cita-cita bangsa untuk membentuk siswa yang tanggap atas tantangan arus globalisasi.

References

A. A. Ashilah, M. Maisaroh, and F. Fauzi, “Enhancing The Family’s Quality Time As A Work Of Prevention To Child Abuse In The Pandemic Period,” Psychosophia J. Psychol. Relig. Humanit., vol. 2, no. 1, 2020, doi: 10.32923/psc.v2i1.1440.

D. Roza and L. Arliman, “Peran Pemerintah Daerah Di Dalam Melindungi Hak Anak Di Indonesia,” Masal. Huk., vol. 47, no. 1, Jan. 2018, doi: 10.14710/mmh.47.1.2018.10-21.

S. Ismawati, “Mekanisme Penyelesaian Perkara Anak Yang Berhadapan Dengan Hukum Pada Masyarakat Dayak Kanayatn (Kajian Perbandingan Terhadap Sistem Peradilan Pidana Anak),” J. Din. Huk., vol. 13, no. 2, pp. 197–209, May 2013.

Y. Ernis, “Diversi Dan Keadilan Restoratif dalam Penyelesaian Perkara Tindak Pidana Anak di Indonesia (Diversion and Restorative Justice In Case Settlement Of Juvenile Justice System In Indonesia),” J. Ilm. Kebijak. Huk., vol. 10, no. 2, 2016.

M. F. Said, “Perlindungan Hukum Terhadap Anak Dalam Perspektif Hak Asasi Manusia,” JCH (Jurnal Cendekia Hukum), vol. 4, no. 1, 2018, doi: 10.33760/jch.v4i1.97.

Silahuddin, “Urgensi Membangun Karakter Anak Sejak Usia Dini,” Fak. Tarb. dan Kegur. UIN Ar-Raniry, vol. 3, 2017.

A. D. Indrakusuma, Pengantar Ilmu Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional, 1985.

A. Muhammad, Hukum dan Penelitian Hukum. Bandung: Citra Aditya Bakti, 2004.

L. J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, 36th ed. Bandung, 2017.

F. M. Suseno, Politik: Prinsip-Prinsip Moral Dasar Kenegaraan Modern. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 1994.

I. Siswadi, “Perlindungan Anak dalam Perspektif Hukum Islam dan HAM,” Al-Mawarid, vol. 11, no. 2, 2011, doi: 10.20885/almawarid.vol11.iss2.art6.

A. L. Ngaba and E. S. H. Taunu, “Peranan Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) dalam Pembentukan Karakter Siswa SMA Negeri,” Satya Widya, vol. 36, no. 2, pp. 125–132, Dec. 2020.

R. J. Marzano and J. S. Kendall, “Praise for the Second Edition of The New Taxonomy of Educational Objectives,” Corwin Press, 2007.

M. Silberman, Training the Active Training Way: 8 Strategies to Spark Learning and Change. San Francisco: : John Wiley & Sons Inc., 2006.

L. B. P. of Gilwell, Scouting for Boys: A Handbook for Instruction in Good Citizenship Through Woodcraft, World Brotherhood. 1958.

Y. S. Soedarsono and W. K. A, Leadership Metamorfosis: Memahami Proses Perubahan dari Pengikut Belaka Menjadi Pemimpin Utama. Jakarta: Elex Media Komputinda, 2004.

Soedarsono, Kepemimpinan Gerakan Pramuka. Jakarta: Mutiara, 1980.

Downloads

Published

2022-09-21
Abstract views: 317 , PDF Downloads: 151