HUBUNGAN ANTARA PENERAPAN PEMBELAJARAN VIRTUAL LEARNING DENGAN MOTIVASI BELAJAR WARGA BELAJAR PAKET C DI UPT SKB CERME KAB. GRESIK

Authors

  • gita andini Universitas Negeri Surabaya
  • widodo widodo Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

Virtual Learning, Learning Motivation, Equality Education

Abstract

Penerapan model pembelajaran yang berbasis teknologi digunakan untuk meningkatkan semangat maupun motivasi belajar warga belajar, dengan adanya suatu perkembangan terhadap model pembelajaran yang lebih inovatif akan menarik minat warga belajar untuk melakukan proses pembelajaran dengan maksimal. Dengan memanfaatkan teknologi yang semakin berkembang dapat membantu memecahkan masalah yang ada di dunia pendidikan, adanya pandemi covid-19 membuat pemerintah menerapkan program pembelajaran jarak jauh dengan begitu lembaga dan warga belajar dapat tetap menjalankan tugas belajarnya dengan memanfaatkan teknologi salah satunya dengan menerapkan pembelajaran virtual learning. Adanya penelitian ini yaitu dengan tujuan mengetahui hubungan antara penerapan pembelajaran virtual learning dengan motivasi belajar warga belajar kesetaraan paket C di UPT SKB Cerme Gresik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif, teknik pengambilan data menggunakan angket dengan responden sebanyak 30 warga belajar kesetaraan paket C. Berdasarkan hasil uji yang telah dilakukan menunjukkan ada hubungan antara penerapan pembelajaran virtual learning dengan motivasi belajar warga belajar paket C di UPT SKB Cerme Gresik. Bersumber pada nilai r hitung sebesar 0,679 lebih besar dari nilai r tabel 0,361, maka dapat dikatakan bahwa pembelajaran virtual learning dengan motivasi belajar mempunyai hubungan atau korelasi yang berkategori kuat.

References

<p>A.M, S. (2012). <em>Interaksi dan motivasi belajar mengajar.</em> Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.</p><p>Agustina, M. (2015). Pemanfaatan E-learning sebagai media pembelajaran .</p><p>Arikunto, &amp; Suharsimi. (2003). <em>Prosedur Penelitian Suatu Praktek.</em> Jakarta: Bina Aksara.</p><p>Aydin, I. e., &amp; Gumus, s. (2016). Sense of Classroom Community and Team Development Process in Online Learning. <em>Turkish Online Journal of Distance Education (TOJDE)</em> .</p><p>Azwar, S. (2007). <em>Metode Penelitian .</em> Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.</p><p>Cisco. (2001). e-learning : Combines Communication, Education, Information, and Training.</p><p>Daryanto. (2013). <em>Inovasi Pembelajaran Efektif.</em> Bandung: Yrama Widya.</p><p>Dewi, W. A. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Implementsi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. <em>Jurnal Ilmu Pendidikan </em>.</p><p>Djaramah, Bahri, S., &amp; Zain, A. (2010). <em>Strategi Belajar Mengajar.</em> Jakarta: Rineka Cipta.</p><p>Emda, A. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar siswa dalam pembelajaran. <em>Lantanida jurnal </em>.</p><p>Fajar, N. A., Purnamawati, &amp; jaya, h. (n.d.). Efektivitas penggunaan virtual learning terhadap motivasi dan hasil belajar siswa di SMK Negeri 2 Makasar.</p><p>Fitriyani, Y., Fauzi, I., &amp; Sari, M. Z. (2020). Motivasi Belajar Mahsiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. <em>jurnal kependidikan: jurnal hasil penelitian dan kajian kepustakaan</em> .</p><p>Hadisi, M. (2015). Pengelolaan Teknologi Informasi Dalam Menciptakan Model Inovasi pembelajaran (E-learning). <em>jurnal Al-Ta'dib</em> .</p><p>Hamzah, U. B. (2012). <em>Teori motivasi dan pengukurannya.</em> Jakarta: PT Bumi Aksara.</p><p>Hana, D. S. (2011). Pengaruh motivasi belajar dan partisipasi belajar warga belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran sosiologi (Studi kasus warga belajar kerjar paket c di PKBM Ngudi Kawruh Kecamatan Banyumanik). <em>jurnal sosiologi dan antripologi</em> .</p><p>Hendri. (2014). Pemanfaatan sharable Content Object Reference Model Dalam Menciptakan Aplikasi Web E-learning. <em>jurnal media sistem informasi</em> .</p><p>Indonesia, M. P. (2020). Surat Edaran Nomor36962/MPK.A/HK/2020 Tentang pembelajaran secara daring dan bekerja dari rumah dalam rangka pencegahan penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19).</p><p>Kamarga, &amp; Hanny. (2002). <em>Belajar sejarah melalui e-learning: Alternatif mengakses sumber informasi kesejarahan.</em> Jakarta : Inti Media.</p><p>Kebudayaan, P. M. (2013). tentang pembelajaran jarak jauh No.109.</p><p>Kharisma, N. N., Roesminingsih, M. V., &amp; Suhanadji. (2020). Gambaran Kebutuhan Pembelajaran Daring PKBM Budi Utama Surabaya Pada Masa Pandemi Covid-19. <em>Jurnal Pendidikan NonFormal</em> .</p><p>Kresma, N. E. (2014). Perbandingan pembelajaran konvensional dan pembelajaran berbasis masalah terhadap titik jenuh siswa maupun hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika.</p><p>Kuntarto, E. (2017). Kefektifan Model Pembelajaran Daring Dalam Perkuliahn Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. <em>Journal Indonesia Language Education and Literature</em> .</p><p>M. Nur Qomarudin, Y. B. (2015). <em>Esensi pengembangan pembelajaran daring.</em> Yogyakarta: DEEPUBLISH.</p><p>Mediawati, E. (2010). Pengaruh Motivasi Belajar Mahasiswa Dan Kompetensi Dosen Terhadap Prestasi Belajar. <em>Jurnal pendidikan ekonomi dinamika pendidikan</em> .</p><p>Moore, K. D. (2009). <em>Effective instructional strategies from theory to practice</em> (2 ed.). Los Angeles: SAGE Publication, Inc.</p><p>Mulyani, S., &amp; Agustina, C. (2017). Perencanaan E-learning sebagai media pembelajaran pada SMP Kartika XII-1 Magelang. <em>Indonesian Journal on Networking and Security</em> .</p><p>Munawaroh, I. (2005). Virtual learning dalam pembelajaran jarak jauh. <em>majalah ilmiah pembelajaran </em>.</p><p>Mustofa, M. I., Chodzirin, M., &amp; Sayekti, L. (2019). Formulasi Model Perkuliahan Daring Sebagao Upaya Menekan Dosparitas Kualitas Perguruan Tinggi (Studi terhadap website pditt.belajar.kemendiksub.go.id). <em>Walisongo Journal of Information Technology</em> .</p><p>Prasetya, A. M. (2015). E- learning sebagai sebuah inovasi metode active learning. <em>Edukasia: Jurnal penelitian pendidikan islam</em> .</p><p>Prayitno, &amp; Elida. (1989). <em>Motivasi Dalam Belajar.</em> Jakarta: Depdikbud.</p><p>Priambodo, C. G. (2013). Pengaruh penerapan e-learning terhadap peningkatan motivasi dan efektivitas belajar menurut keragaman siswa dan orangtua: srudi kasus SMALB PANGGUDI LUHUR JAKARTA.</p><p>Prihartanta, W. (2015). Teori-teori motivasi. <em>jurnal adabiya</em> .</p><p>Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Hyun, C. C., Wijayanti, L. M., Putri, R. S., et al. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap proses pembelajaran online di sekolah dasar. <em>EduPsyCouns: Jurnal of Education, Psychology and Counseling</em> .</p><p>Purwanto, N. (2007). <em>psikologi pendidikan.</em> Bandung: PT Remaja Rosdakarya.</p><p>putri, r. e. (2013). model interaksi dalam e-learning.</p><p>Rimbarizki, R. (2017). Penerapan pembelajaran daring kombinasi dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik paket C vokasi di pusat kegiatan belajar masyarakat (PKBM) Pioneer Karanganyar. <em>E-Journal UNESA</em> .</p><p>Riyanto, Y. (2007). <em>Metodologi Penelitian Pendidikan: Kualitatif dan KUantitatif.</em> Surabaya: Unesa University Press.</p><p>Rusman. (2011). <em>Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi.</em> Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.</p><p>Sadikin, A., &amp; Hamidah, A. (2020). Pembelajaran daring di tengah wadah covid-19 (Online Learning in the Middle of the Covid-19 Pandemic). <em>Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi</em> .</p><p>Santrock, J. W. (2010). <em>Psikologi Pendidikan,edisi kedua</em> (2 ed.). Jakarta: Prenada Media Group.</p><p>Sari, P. (2015). Memotivasi belajar dengan menggunakan e-learning. <em>jurnal ummul qura</em> .</p><p>Sudaryono. (2014). <em>Teori dan Aplikasi dalam Statistik.</em> CV. Andi Offset.</p><p>Sudjana, N. (2009). <em>Perencanaan Pengajaran .</em> Jakarta : Rineka Cipta.</p><p>Sugiyono. (2014). <em>Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&amp;D. .</em> Bandung: Alfabeta.</p><p>Syarif, I. (2012). Pengaruh Model Blended Learning Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa SMK. <em>jurnalpendidikan vokasi</em> .</p><p>Widodo. (2019). Models of Community Learning Center CLC Management. <em>Proceding of the 2019 5th International Conference on Education and Technology (ICET)</em> (pp. 121-126). malang, Indonesia: IEEE.</p><p>Widodo. (2015). Pengelolaan Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Pada Era Otonomi Daerah. <em>Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat</em> .</p><p>Widodo, &amp; Soedjarwo. (2018). Analisis Kebutuhan Pendidikan Non Formal di Sekolah . <em>Prosiding Seminar Nasional &amp; Temu Kolegial Jurusan PLS Se-Indonesia</em> .</p><p>Widyanto, M. R., &amp; Lestari, G. D. (2020). Kompetensi Pamong Belajar Dalam Penerapan Pembelajaran E-Learning di SKB Trenggalek. <em>Jurnal pendidikan Untuk Semua</em> .</p><p>Yanti, A. D., &amp; Mardliyah, S. (2020). Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kesetaraan Paket C Di PKBM SANGGAR ANAK ALAM YOGYAKARTA. <em>Jurnal Pendidikan Untuk Semua</em> .</p><p>Yuan, Z. (2007). <em>Problems in researching: thecase of computer assisted language learning. The sage handbook of e-learning reseach. .</em> London: SAGE Publications Ltd.</p><p>Yulianingsih, W., Suhanadji, Nugroho, R., &amp; Mustakim. (2021). Keterlibatan Orangtua Dalam Pendampngan Belajar Anak selama Masa Pandemi Covid-19. <em>Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini</em> .</p>

Downloads

Published

2021-06-13
Abstract views: 346 , PDF Downloads: 167