PERAN ORANG TUA PADA MOTIVASI BELAJAR ANAK DALAM PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Marga Adevita Universitas Negeri Surabaya
  • widodo widodo

Keywords:

peran orang tua, motivasi siswa, pembelajaran daring

Abstract

Pandemi COVID-19 menyebabkan segala aktivitas harus dilakukan dari rumah, termasuk pada bidang pendidikan. Peran orang tua menjadi bertambah dalam pendidikan anak, khususnya dalam mendorong dan memberikan motivasi untuk giat belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mendeskripsikan peran orang tua dalam memberikan motivasi pada anak dalam pembelajaran daring di masa pandemi COVID-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil temuan menunjukkan bahwa (1) upaya orang tua untuk menumbuhkan motivasi belajar anak tidak hanya dilakukan dengan memfasilitasi seluruh kebutuhan belajar anak dan sekadar dukungan secara verbal, atau dengan menerapkan apresiasi dan hukuman, melainkan menjadi motivasi itu sendiri melalui mendampingi anak saat belajar daring, selalu bersedia membantu dan bukan memarahi jika anak menemui kesulitan dalam proses belajarnya, memberi kenyamanan dan rasa aman pada anak, membangun hubungan yang harmonis dengan anak, menjadi model yang dapat diteladani anak, serta menjalin komunikasi yang konsisten dengan guru. (2) kurang melibatkan anak dalam berlangsungnya proses pembelajaran menjadi faktor penyebab berkurangnya motivasi belajar anak. Sedangkan motivasi belajar anak meningkat terbukti dengan ketertarikan pada pelajaran tertentu, penyajian materi dan strategi pembelajaran yang berbasis diskusi dan aktivitas; faktor waktu, suasana, dan lingkungan belajar; memiliki keinginan menjadi yang terbaik dengan atau pun tanpa penghargaan; serta dukungan hangat dari orang tua juga memberi pengaruh yang cukup besar bagi peningkatan motivasi belajar anak. (3) pelaksanaan pembelajaran daring pada pihak orang tua dinilai belum cukup efektif, tetapi juga terdapat orang tua yang merasa terbantu dengan diterapkannya pembelajaran daring. Adanya kelemahan pada pembelajaran daring ini memberi kesadaran untuk membangun koordinasi antara orang tua dan guru guna meningkatkan motivasi belajar belajar anak.

References

<p>Almarzooq, dkk. (2020). Virtual Learning During the COVID-19 Pandemi: A Disruptive Technology in Graduate Medical Education. <em>Journal of the American College of Cardiology</em>, doi: 10.1016/j.jacc.2020.04.015.</p><p>Areeisty, dkk. (2020). The Implementation of Problem-based Learning With Mind Mapping to Improve Students' Learning Motivation. <em>Journal of Physics</em>, 2.</p><p>Astini. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Tingkat Sekolah Dasar pada Masa Pandemi COVID-19. <em>Jurnal Lampuhyang</em>, 15. https://e-journal.stkip-amlapura.ac.id/index.php/jurnallampuhyang.</p><p>Bakar, R. (2014). The Effect Of Learning Motivation on Student's Productive Competencies in Vocation High School, West Sumatra. <em>International Journal of Asian Social Science</em>, 722-732. http://www.aessweb.com/journals/5007.</p><p>Bonk, C. J. (2002). Online Training in an Online world. <em>Jones Knowledge, Inc. and CourseShare.com</em>, http://publicationshare.com/docs/corp_survey.pdf.</p><p>Brophy, J. (2010). <em>Motivating Student to Learn (3rd edition).</em> New York: Routledge.</p><p>Cahyati dan Kusumah. (2020). Peran Orang Tua dalam Menerapkan Pembelajaran di Rumah Saat Pandemi COVID-19. <em>Jurnal Golden Age</em>, 155.</p><p>Chakraborty, M. dan Muyia, N. F. (2014). Strengthening student Engagement: What Do Students Want In Online Courses? <em>European Journal of Training and Development</em>, 782-802. doi: 10.1108/EJTD-11-2013-0123.</p><p>Chu, Ku-Hsi dan Tu, Jui-Che. (2020). Analyzing the Relevance of Peer Relationship, Learning Motivation, and Learning Effectiveness--Design Students as an Example. <em>MDPI: Journal of Sustainability</em>, 1-26. doi:10.3390/su12104061.</p><p>Chue, Kah Loong dan Nie, Youyan. (2016). International Students' Motivation and Learning Approach: A Comparism with Local students'. <em>Journal of International Students'</em>, 678-699. http://jistudents.org/.</p><p>Dabbagh dan Ritland. (2005). <em>Online Learning : Concept, Strategies, and Application.</em> New Jersey: Perason Education, Inc.</p><p>Danwolf, Lisa. dkk. (2020). Bringing Earth Observation to Classrooms--The Importance of Out-of-School Learning Places and E-Learning. <em>Journal of Remote Sensing</em>, 22. doi:10.3390/rs12193117.</p><p>Darussyamsu dan Suhaili. (2020). Pendidikan Keluarga yang Memahami Perbedaan Individu Penentu Motivasi Belajar Anak Secara Daring di Masa Pandemi COVID-19. <em>Jurnal Perspektif Pendidikan</em>, 111.</p><p>Dewi, W. A. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. <em>Edukatif:Jurnal Ilmu Pendidikan</em>, 55.</p><p>Diana, R. (2020). Dipetik January 7, 2021, dari https://s3ppi.umy.ac.id/wp-content/uploads/2020/06/Dr.-Rachmy-Diana-Peran-Orang-Tua-dalam-Pendidikan-Anak-Masa-pandemi.pdf</p><p>Feng, Ruizhen dan Chen, Hong. (2009). An Analysis on the Importance of Motivation and Strategy in Postgraduates English Acquisition. <em>Journal of English Language Teaching</em>, 93-97.</p><p>Garrison dan Cleveland-Innes. (2005). Fasilitating Cognitive Presence in Online Learning Interaction Is Not Enough. <em>American Journal of Distance Education</em>, 133-148.</p><p>Gikas dan Grant. (2013). Mobile Computing Devices in Higher Education: Student Perpectives on Learning with Cellphones, Smartphones and Social Media. <em>Internet and Higher Education</em>, doi: 10.1016/jjheduc.2013.06.002.</p><p>Gonzales dan Gimenez. (2020). Influence of Sequencing of Contents and the Parental Support on the Motivation of Preschool Violin Student. <em>Revista Electronica de Investigation Educativa</em>, 10. doi: 10.24320/redie.2020.22.e07.2257.</p><p>Gunarsa dan Yulia Singgih D. Gunarsa. (2008). <em>Psikologi Praktis: Anak, Remaja, dan Keluarga.</em> Jakarta: PT BPK Gunung Mulia.</p><p>Hamdu dan Agustina. (2011). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar IPA di Sekolah Dasar (Studi Kasus Terhadap Siswa kelas IV SDN Tarumanegara Kecamatan Tawang Kota Tasik Malaya) . 3.</p><p>Hamzah, U. B. (2011). <em>Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan.</em> Jakarta: PT Bumi Aksara.</p><p>Hartanto, W. (2016). Penggunaan E-Learning sebagai Media Pembelajaran. <em>Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial</em>, 1-15. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPE/article/view/3438.</p><p>Hero dan Sni. (2018). Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V di Sekolah Dasar Inpres Iligetang. <em>Jurnal Riset Pendidikan Dasar</em>, 131.</p><p>Hoerunnisa, Alin. dkk. (2019). The Effectiveness of the Use of E-Learning in Multimedia Classes to Improve Vocational Students' Learning Achievement and Motivation. <em>Journal of Educational Technology</em>, 123-137. doi: 10.31800/jtp.kw.v7n2.p123--137.</p><p>Hrastinski, S. (2009). A Theory of Online Learning as Online Partispation. <em>Journal of Computers and Education</em>, 78-82.</p><p>Isman, M. (2016). <em>Pembelajaran Moda Dalam Jaringan.</em> Muhammadiyah University Press.</p><p>Izmirli, Serkan dan Izmirli, Ozden Sahin. (2015). Factors Motivating Preservice Teachers for Online Learning Within teh Context of ARCS Motivation Model. <em>Turkish Online Journal of Distance Education</em>, 57.</p><p>Junita, Silvi. dkk. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar dan Perhatian Orang Tua terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Baso Tahun Pelajaran 2018/2019. <em>Journal for Research in Mathematics Learning</em>, 88-98.</p><p>Kaler, C. B. (2012). A Model of Successful adaptation to Online Learning for College-Bound Native American High School Students. <em>Multicultural Education and Technology Journal</em>, 60-70. doi: 10.1108/17504971211236245.</p><p>Keller, J. M. (2010). <em>Motivational Design for Learning and Performance.</em> The ARSC Mode Approach. Spinger.</p><p>Kuan-Chung Chen dan Syh-Jong Jang. (2010). Motivation in Online Learning: Testing a Model of self-determination Theory. <em>Computers in Human Behaviors</em>, 741. doi: 10.1016/j.chb.2010.01.011.</p><p>Kurnianto dan Rahmawati. (2020). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring Masa Pandemi. <em>Seminar Pendidikan Nasional (SENDIKA)</em>, 4.</p><p>Latief dan Wisudawati. (2020). Pengaplikasian Teori Hirarchy of Needs Maslow dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. <em>Researchgate</em>, 5. .</p><p>Lawe, Y. U. (2017). Motivation and Learning Achievement in Natural Science Subject of The Fifth Graders of Elementary School: A Correlational Study. <em>Journal of Education Technology</em>, 51-55.</p><p>Lee dan Martin. (2017). Investigating Studen's Perceptions of Motivating Factors of Online Class Discussions. <em>International Reviewbof Research in Open and Distance Learning</em>.</p><p>Lee, Lai-Chung dan Hao, Kuang-Chung. (2015). Designing and Evaluating Digital Game-Based Learning with the ARCS Motivation Model, Humor, and Animation. <em>International Journal of Technology and Human Interaction</em>, 1-16. doi: 10.4018/ijthi.2015040105.</p><p>Lestari, E. T. (2020). <em>Cara Praktis Meningkatkan Motivasi Siswa Sekolah Dasar.</em> Yogyakarta: Deepublish.</p><p>Lim, D. H. (2004). Cross Cultural Differences in Online Learning Motivation. <em>Educational Media International</em>, 163-173.</p><p>Milman, N. B. (2015). Distance Education. <em>International Encyclopedia of the Social &amp; Behaviora Sciences. Second Edition</em>, doi :10.1016/B978-0-08-097086-8.92001-4.</p><p>Ming-Hung Lin, dkk. (2017). A Study of the Effect of Digital Learning on Learning Motivation and Learning Outcome. <em>EURASIA Journal of Mathematics Science and Technology Education</em>, 3555. doi: 10.12973/eurasia.2017.00744a.</p><p>Moleong, L. J. (2010). <em>Metode Penelitian Kualitatif.</em> Bandung: PT Remaja Rosdakarya.</p><p>Narbuko dan Achmadi. (2007). <em>Metodologi Penelitian.</em> Jakarta: PT Bumi Aksara.</p><p>Pamungkas dan Wahyudi. (2020). COVID-19, Keluarga dan Literasi Informasi. <em>Jurnal Pendidikan Luar Sekolah</em>, 83-91.</p><p>Pendidikan, M. (2020). <em>Surat Edaran No 3 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pendidikan dalam Masa Darurat Corona Virus (COVID-19).</em></p><p>Pietono, Y. D. (2014). <em>Mendidik Anak Sepenuh Hati.</em> Jakarta: Elex Media Komputindo.</p><p>Putria, Hilna. dkk. (2020). Analisis Proses Pembelajaran Daring Masa Pandemi COVID-19 pada Guru Sekolah Dasar. <em>Jurnal Basicedu</em>, 861-872. doi: 10.31004/basicedu.v4i4.460.</p><p>Rafiola, dkk. (2020). The Effect of Learning Motivation, Self-Efficacy, and Blended Learning on Students' Achievement in The Industrial Revolution 4.0. <em>Internatinal Journal of Emerging Technologies in Learning</em>, 72. doi: 10.3991/ijet.v15i08.12525.</p><p>Rifa'i dan Anni. (2016). <em>Psikologi Pendidikan.</em> Semarang : UNNES Press.</p><p>Ryan, R. M dan Deci, E. L. (2017). <em>Self-determination Theory: Basic Psychological Needs in Motivation, Development, and Wellness.</em> Guilford Publications.</p><p>Samir Abou, dkk. (2014). E-learning and Student's Motivation: A Research Study on the Effect of E-learning on Higher Education. <em>International Journal of Emerging Technologies in Learning</em>, 20-26.</p><p>Sardiman. (2012). <em>Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar.</em> Jakarta: Raja Grafindo Persada.</p><p>Sari, D. (2017). Peran Orang Tua dalam Memotivasi Belajar Siswa. <em>Prosiding Seminar Nasional 20 Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang 25 November 2017</em> (hal. 42). Palembang: jurnal.univpgri-palembang.ac.id.</p><p>Schunk dan Usher. (2012). <em>Social Cognitive Theory and Motivation The Oxford Handbook of Human Motivation (In RM Ryan).</em> Oxford University Press.</p><p>Sugiyono. (2016). <em>Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&amp;D.</em> Bandung: Alfabeta.</p><p>Susanti, L. (2014). <em>Pembelajaran Berbasis Motivasi.</em> 8-9: Digital Publishing.</p><p>Suwastika, I. W. (2018). Pengaruh E-Learning sebagai Salah Satu Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. <em>Jurnal Sistem dan Informatika</em>, 202-206.</p><p>Tokan dan Imakulata. (2019). The Effect of Motivation and Learning Behavior on student Achievement. <em>South African of Education</em>, 5. doi:10.15700/saje.v39n1a1510.</p><p>Tomas Jungert, dkk. (2020). Examining How Parent and Teacher Enthusiasm Influences Motivation and Achievement in STEM. <em>The Journal of Educational Research</em>, 279. doi: 10.1080/00220671.2020.1806015.</p><p>Triwiyati, W. (2017). <em>Penerapan Metode Diskusi Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa dalam Menulis Wacana Sederhana Menggunakan Aksara Jawa pada Siswa Kelas X TIK-A di SMK Negeri 5 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014.</em> Surakarta: Dwija Utama.</p><p>Vedder-Weiss dan Fortus. (2012). Adolescents' Declining Motivation to Learn Science: A Follow-up Study. <em>Journal of Research in Science Teaching</em>, doi: 10.1002/tea.21049.</p><p>Vela, K. (2018). Using Slack to Communicate with Medical Student. <em>Journal of the Medical Library Association</em>, doi: 10.5195/jmla.2018.482.</p><p>Wahidin. (2019). Peran Orang Tua dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar pada Anak Sekolah Dasar. <em>Jurnal Pancar</em>, 242.</p><p>Watjatrakul, B. (2016). Online Learning Adoption: Effects of Neuroticism, Openness to Experience, and Perceived. <em>Journals Interactive Technology and Smart Education</em>, 229-243. doi: 10.1108/ITSE-06-2016-0017.</p><p>Wu He, dkk. (2014). Online IS Education for the 21st Century. <em>Journal of Information System Education</em>.</p><p>Wu, D dan Hiltz, S. R. (2004). Predicting Learning From Asynchronous Online Discussions. <em>Journal of Asynchronous Learning Network</em>, 139-152.</p><p>Xie, Kui. dkk. (2006). Extending The Traditional Classroom Through Online Discussion: The Role of Student Motivation. <em>Journal Educational Computing Research</em>, 67-89.</p><p>Yoo, S. dkk. (2014). Between Ideal and Reality: A Different View on Online-Learning Interaction in A Cross-National Context. <em>Journal for Multicultural Education</em>, 13-30. doi: 10.1108/JME-04-2013-0018.</p><p>Yukselturk, Erman dan Bulut, Safure. (2007). Predictors for Student Success in An Online Course. <em>Journal of Educational Technology dan Society</em>, 71-83.</p><p>Zhu, Y. dan Yang, J. (2012). Effect of Farmers' Motivation on Their Participation in Publicly Funding Tarining Programs in Sichuan Province, China. <em>Journal of Agricultural Science</em>, doi:10.5539/jas.v4n10p68 .</p>

Downloads

Published

2021-06-13
Abstract views: 5171 , PDF Downloads: 2700