PERAN ORANG TUA PADA MOTIVASI BELAJAR ANAK DALAM PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19
Keywords:
peran orang tua, motivasi siswa, pembelajaran daringAbstract
Pandemi COVID-19 menyebabkan segala aktivitas harus dilakukan dari rumah, termasuk pada bidang pendidikan. Peran orang tua menjadi bertambah dalam pendidikan anak, khususnya dalam mendorong dan memberikan motivasi untuk giat belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mendeskripsikan peran orang tua dalam memberikan motivasi pada anak dalam pembelajaran daring di masa pandemi COVID-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil temuan menunjukkan bahwa (1) upaya orang tua untuk menumbuhkan motivasi belajar anak tidak hanya dilakukan dengan memfasilitasi seluruh kebutuhan belajar anak dan sekadar dukungan secara verbal, atau dengan menerapkan apresiasi dan hukuman, melainkan menjadi motivasi itu sendiri melalui mendampingi anak saat belajar daring, selalu bersedia membantu dan bukan memarahi jika anak menemui kesulitan dalam proses belajarnya, memberi kenyamanan dan rasa aman pada anak, membangun hubungan yang harmonis dengan anak, menjadi model yang dapat diteladani anak, serta menjalin komunikasi yang konsisten dengan guru. (2) kurang melibatkan anak dalam berlangsungnya proses pembelajaran menjadi faktor penyebab berkurangnya motivasi belajar anak. Sedangkan motivasi belajar anak meningkat terbukti dengan ketertarikan pada pelajaran tertentu, penyajian materi dan strategi pembelajaran yang berbasis diskusi dan aktivitas; faktor waktu, suasana, dan lingkungan belajar; memiliki keinginan menjadi yang terbaik dengan atau pun tanpa penghargaan; serta dukungan hangat dari orang tua juga memberi pengaruh yang cukup besar bagi peningkatan motivasi belajar anak. (3) pelaksanaan pembelajaran daring pada pihak orang tua dinilai belum cukup efektif, tetapi juga terdapat orang tua yang merasa terbantu dengan diterapkannya pembelajaran daring. Adanya kelemahan pada pembelajaran daring ini memberi kesadaran untuk membangun koordinasi antara orang tua dan guru guna meningkatkan motivasi belajar belajar anak.