MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK TERHADAP PEMBELAJARAN DARING PADA PROGRAM PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET B DI UPT SKB CERME GRESIK

Authors

  • Tri laksito
  • Rivo Nugroho Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

Pembelajaran Daring, Motivasi Belajar, Pendidikan Kesetaraan

Abstract

Sebagai bentuk usaha dan upaya untuk menciptakan semangat maupun motivasi belajar dari peserta didik, diperlukan adanya suatu inovasi dalam pembelajaran agar peserta didik nantinya dapat mempunyai motivasi belajar yang maksimal. Oleh karenanya, dengan pemanfaatan ilmu pengetahuan serta teknologi yang terus tumbuh dan berkembang. Inovasi tersebut adalah digunakannya metode pembelajaran berbasis online atau daring. Adanya penelitian ini adalah sebagai tujuan untuk mengetahui hubungan antara pembelajaran daring dengan motivasi belajar peserta didik pada program pendidikan kesetaraan Paket B di UPT SKB Cerme Gresik. Dalam penelitian ini, menggunakan metode penelitian dengan pendekatan kuantitatif, sampel pada penelitian sebanyak 30 peserta didik dari paket B UPT SKB Cerme Gresik. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling. Sedangkan uji validitas dipilih dengan menggunakan korelasi product moment, hal ini disebabkan penelitian hanya untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara pembelajaran daring dengan motivasi belajar peserta didik. Berdasarkan hasil uji penelitian yang dilakukan menunjukkan adanya hubungan antara pembelajaran daring dengan motivasi belajar peserta didik pada program pendidikan kesetaraan paket B di UPT SKB Cerme Gresik. Bersumber pada nilai r hitung menampilkan angka sebesar 0,569 lebih besar dibanding nilai dari r tabel yang sebesar 0,361. Dengan demikian dapat dikatakan kedua variabel tersebut mempunyai hubungan ataupun korelasi yang berkategorikan sedang.

References

<p>Arirahmanto, S. B. (2016). the Development of Burnout Reduction Application Based on Android for Smpn 3 Babat Students. Unesa, 6, 2.</p><p>Astuti, E. S. (2010). Pengertian Motivasi Belajar.</p><p>Aulia, S. (2017). Efektivitas Penggunaan Media E-Learning di Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Sikap Berpikir Kreatif dan Kritis Siswa.</p><p>Darmawan, I. G. B. (2016). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Menggambar Bangunan SMK Negeri 1 Seyegan. E-Journal Pend. Teknik Sipil Dan Perencanaan, 4(1), 17.</p><p>Fitriyani, Y., Fauzi, I., &amp; Sari, M. Z. (2020). Motivasi belajar mahasiswa pada pembelajaran daring selama pandemik covid-19. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(2), 165175.</p><p>Harandi, S. R. (2015). Effects of e-learning on Students Motivation. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 181, 423430. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.905</p><p>Hasanah, A., Lestari, A. S., Rahman, A. Y., &amp; Daniel, Y. I. (2020). Analisis aktivitas belajar daring mahasiswa pada pandemi Covid-19.</p><p>Hidayat, M. Y. (2016). Pengaruh Slow Learner Dan Kejenuhan Belajar Terhadap Kesulitan Belajar Fisika Siswa Mts. Madani Alauddin Paopao Kabupaten Gowa. Pengaruh Slow Learner Dan Kej. Pengaruh Slow Learner Dan Kejenuhan Belajar, 5(2), 332341.</p><p>Muhammad Fathurrohman. (2017). Model-Model Pembelajaran Inovatif. In Jogjakarta: Ar-Ruzz Media (p. 17).</p><p>Noveandini, R., &amp; Wulandri, M. S. (2010). Pemanfaatan Media Pembelajaran Secara Online ( E-Learning ) Bagi Wanita Karir Dalam Upaya Meningkatkan Efektivitas Dan Fleksibilitas Pemantauan Kegiatan Belajar Anak Siswa / I Sekolah Dasar. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi, 2010(Snati), 7174.</p><p>Nugroho, R., Rahma, R. A., &amp; Yulianingsih, W. (2018). Contributing Factors toward the Participation of Education Equality Program Learners. Journal of Nonformal Education, 4(1), 7988. https://doi.org/10.15294/jne.v4i1.13576</p><p>Oemar Hamalik. (2011). Proses Belajar Mengajar. In Jakarta: Bumi Aksara.</p><p>Undang Undang Informasi dan Transaksi Elektronik No. 11 Tahun 2008, No.11 (2008).</p><p>Prayitno. (1989). Motivasi Dalam Belajar. In Jakarta: P2LPTK.</p><p>Ramadhani, M. (2012). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Web Pada Pelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kalasan. Universitas Negeri Yogyakarta.</p><p>Rimbarizki, R. (2017). Penerapan Pembelajaran Daring Kombinasi Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Paket C Vokasi Di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (Pkbm) Pioneer Karanganyar. J+Plus Unesa, 6(2), 112.</p><p>Sandika Hayu. (2016). Hubungan Antara Self Regulation dan Motivasi Belajar Pada Peserta Didik SMPN 2 Sedati Sidoarjo. Surabaya: FIP Unesa, Skripsi Tidak Diterbitkan.</p><p>Sardiman. (2007). Interaksi &amp; motivasi belajar mengajar - Sardiman A.M. - Google Buku. https://books.google.co.id/books?id=an8MMwEACAAJ&amp;dq=interaksi+dan+motivasi+belajar+mengajar&amp;hl=id&amp;sa=X&amp;ved=2ahUKEwjZ8er7hdzuAhWGeX0KHVQbDaoQ6AEwAHoECAAQAQ</p><p>Selvi, K. (2010). Motivating factors in online courses. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 2(2), 819824.</p><p>Septiani, E. (2018). Pemanfaatan E-Learning dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia. Prosiding Pekan Seminar Nasional (Pesona) 2018, 9298.</p><p>Siti Hajar Rahmah. (2013). PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN PERAN GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII SMP SE-KECAMATAN BERBAH TAHUN AJARAN 2012/ 2013. UNY, 66(1997), 3739.</p><p>Sofyana, L., &amp; Rozaq, A. (2019). Pembelajaran Daring Kombinasi Berbasis Whatsapp Pada Kelas Karyawan Prodi Teknik Informatika Universitas Pgri Madiun. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 8(1), 81. https://doi.org/10.23887/janapati.v8i1.17204</p><p>Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&amp;D. In Bandung: Alfabeta.</p><p>Sulisworo, D., Agustin, S. P., Iii, K., &amp; Soepomo, J. P. (2017). Dampak Pembelajaran E-Learning Terhadap Motivasi Pada Pembelajaran Fisika Di Sekolah Kejuruan. Berkala Fisika Indonesia¯: Jurnal Ilmiah Fisika, Pembelajaran Dan Apliksinya, 9(1), 17.</p><p>Syafnidawaty. (2020). Model Pembelajaran Konvensional. Universitas Raharja.</p><p>Syarifudin, A. S. (2020). Impelementasi pembelajaran daring untuk meningkatkan mutu pendidikan sebagai dampak diterapkannya social distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(1), 3134.</p><p>Undang Undang Dasar 1945 Pasal 28 C Ayat 1.</p><p>Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 tahun 2003 pasal 26.</p><p>Uno, H. B. (2011). Teori Motivasi &amp; Pengukurannya. In Jakarta: Bumi Aksara.</p><p>UU RI No. 29 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Pasal 26 Ayat 3.</p><p>Widodo, W., &amp; Nusantara, W. (2020). Analysis of Non-formal Education (NFE) Needs in Schools. Journal of Nonformal Education, 6(1), 6976. https://doi.org/10.15294/jne.v6i1.21568</p><p>Yatim Riyanto. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. In Surabaya: Unesa Press.</p>

Downloads

Published

2021-06-13
Abstract views: 976 , PDF Downloads: 1782