PERAN FORUM KAMPUNG BAHASA (FKB) DALAM PENGEMBANGAN LITERASI FINANSIAL MASYARAKAT DESA TULUNGREJO PARE KEDIRI JAWA TIMUR
DOI:
https://doi.org/10.26740/jpus.v4n2.p20-34Kata Kunci:
Role of Forum Kampung Bahasa, Financial LiteracyAbstrak
Literasi saat ini tidak lagi hanya sekadar diartikan sebagai kemampuan membaca, menulis, dan berhitung, tetapi juga melek ilmu pengetahuan dan teknologi, keuangan, budaya dan kewargaan, kekritisan pikiran, dan kepekaan terhadap lingkungan sekitar. Dalam penelitian ini, peneliti berfokus pada ranah pengembangan literasi finansial masyarakat Desa Tulungrejo Pare Kediri. Tujuan dati penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan dan menganalisis peran Forum Kampung Bahasa (FKB) dalam pengembangan budaya literasi masyarakat Desa Tulungrejo beserta faktor pendukung dan penghambatnya. Desain penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan rancangan yang digunakan adalah studi kasus. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik wawancara mendalam, observasi pertisipasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dengan pengumpulan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Setelah tahapan tersebut, data diuji keabsahannya dengan creadibility, transferability, confirmability. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Peran yang dilakukan oleh FKB meliputi peran manajerial dan peran sebagai fasilitator. Peran FKB memiliki dampak yang positif dalam pengembangan literasi finansial masyarakat Desa Tulungrejo meskipun terdapat beberapa hambatan seperti masih minimnya sarana dan prasarana penunjang literasi finansial bagi masyarakat.
Referensi
Alwasilah, A. (2001). Membangun Kota Berbudaya Literal.
Jakarta: Media Indonesia.
Brian Eka Candra, Kuspriyanto. (2018). Partisipasi
Masyarakat dalam Mengelola œKampung Inggris
Kecamatan Pare Kabupaten Kediri. Surabaya. Swara
Bhumi Vol.5, No.6
Grabe, W. & Kaplan R. (Eds.) (1992). Introduction to Applied
Linguistics. New York: Addison-Wesley
Publishing Company.
Riyanto, Y. (2001). Metode penelitian pendidikan . Surabaya: Penerbit SIC.
Riyanto, Y. (2007). Metodologi penelitian pendidikan : Kualitatif dan Kuantitatif . Surabaya : Unesa University Press.
Sugiyono. (2011). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Handoko, P. (2012). Dampak Perkembangan Kampung Inggris
Terhadap Perubahan Sosial dan Budaya Masyarakat
Desa Palem dan Tulungrejo Pare Kediri Jawa Timur.
Surabaya. Sosial & Humaniora, [S.1], Vol.5, n.2,
p. 98-108
Hidayah, A. (2017).Pengembangan Model Til (The Information
Literacy) Tipe The Big6 Dalam Proses Pembelajaran
Sebagai Upaya Menumbuhkan Literasi finansial Di Sekolah. Jurnal PENA Vol.4, No.1
Iriantara, Y. (2009). Literasi Media : Apa, Mengapa, dan
Bagaimana. Bandung. Simbiosa Rekatama Media.
Kemendikbud. (2017). Panduan Gerakan Literasi Nasional.
Riyanto, Y. (2001). Metode penelitian pendidikan. Surabaya:
Penerbit SIC.
Zubaedi. 2013. Pengembangan Masyarakat, Wacana dan
Praktik. Jakarta: Kencana
Lestari, GD. (2016). Nonformal Education Ideas on Mahakam
Ulu Community as The Extension Area of West Kutai District. Advances in Social Science, Education and Humanities Research (ASSEHR), volume 88. Atlantis Press, 4-5
Yulianingsih, W. (2016). Education For All In Building
Community Learners. Proceedings of International Research Clinic & Scientific Publications of Educational Technology, 2-4
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2020 M Fahmi Zakariyah, wiwin yulianingsih

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Abstract views: 321
,
PDF Downloads: 174



