Pengukuran Persepsi Pengguna Media Sosial dalam Aktivitas Pemasaran Akun Instagram Bisnis
DOI:
https://doi.org/10.26740/ijss.v3n2.p91-99Keywords:
Komunikasi Pemasaran, Media sosial, Awareness, Ekuitas MerekAbstract
Tujuan Penulisan Artikel ini dimaksudkan untuk menambah pengetahuan dan kajian literature dalam bidang komunikasi pemasaran terpadu yang memfokuskan pada implementasi promosi dengan menggunakan media social Instagram. Aplikasi proyek dilakukan pada perusahaan yang memiliki permasalahan mengenai ekuitas merek, melalui implementasi aktivitas pemasaran media social diharapkan dapat meningkatkan awareness pengunjung wisata. Penelitian proyek ini dilaksanakan melalui metode penelitian kualitatif, dengan mengaplikasikan model kualitatif dari Bogdan & Taylor melalui metode wawancara dan observasi. Interview dilakukan dengan pihak internal perusahaan, ahli media sosial, ahli graphic design, dan konsumen. Studi pustaka dilakukan untuk melengkapi data penelitian yang dianalisis menjadi tiga tahap, yaitu; pengumpulan data, pengolahan data, dan interpretasi data. Temuan dalam penelitian ini menyatakan bahwa peningkatan awareness tidak hanya dilakukan dengan content merek dan produk saja, namun perlu memperhatikan visualisasi Instagram, visualisasi instagram sangat menentukan respon netizen. Hasil penelitian menunjukan pengelolaan aktivitas pemasaran melalui instagram dapat dijadikan salah satu alternative meningkatkan awareness pengunjung wisata, khususnya pengelolaan menggunakan metode 4c (context, communication, collaboration, dan connection) yang di kelola melalui editorial plan.
References
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).