Pengukuran Persepsi Pengguna Media Sosial dalam Aktivitas Pemasaran Akun Instagram Bisnis

Authors

DOI:

https://doi.org/10.26740/ijss.v3n2.p91-99

Keywords:

Komunikasi Pemasaran, Media sosial, Awareness, Ekuitas Merek

Abstract

Tujuan Penulisan Artikel ini dimaksudkan untuk menambah pengetahuan dan kajian literature dalam bidang komunikasi pemasaran terpadu yang memfokuskan pada implementasi promosi dengan menggunakan media social Instagram. Aplikasi proyek dilakukan pada perusahaan yang memiliki permasalahan mengenai ekuitas merek, melalui implementasi aktivitas pemasaran media social diharapkan dapat meningkatkan awareness pengunjung wisata. Penelitian proyek ini dilaksanakan melalui metode penelitian kualitatif, dengan mengaplikasikan model kualitatif dari Bogdan & Taylor melalui metode wawancara dan observasi. Interview dilakukan dengan pihak internal perusahaan, ahli media sosial, ahli graphic design, dan konsumen. Studi pustaka dilakukan untuk melengkapi data penelitian yang dianalisis menjadi tiga tahap, yaitu; pengumpulan data, pengolahan data, dan interpretasi data. Temuan dalam penelitian ini menyatakan bahwa peningkatan awareness tidak hanya dilakukan dengan content merek dan produk saja, namun perlu memperhatikan visualisasi Instagram, visualisasi instagram sangat menentukan respon netizen. Hasil penelitian menunjukan pengelolaan aktivitas pemasaran melalui instagram dapat dijadikan salah satu alternative meningkatkan awareness pengunjung wisata, khususnya pengelolaan menggunakan metode 4c (context, communication, collaboration, dan connection) yang di kelola melalui editorial plan.

Author Biography

Siti Asma Nuraini, Politeknik Negeri Bandung

Politeknik Negeri Bandung

References

<p>Adam Isaacson. (2018). <em>Instagrams Impact on Indonesian Business</em>. https://www.ipsos.com/en/instagrams-impact-indonesian-businesses</p><p align="left">Bastian, A. (2018). <em>Pergeseran Minat Misatawan dan Upaya Menciptakan Kawasan Wisata</em>. Tintahijau.Com. https://tintahijau.com/lainnya/opini/13285-pergeseran-minat-wisatawan-dan-upaya-menciptakan-kawasan-wisata</p><p align="left">Belch, G., &amp; Belch, M. (2018). Advertising and Promotion an Integrated Marketing Communication Perspectives. In <em>Director</em> (11th ed., Issue October). Mc Graw Hill Education.</p><p align="left">Elvetta, O., Suryabi, A., &amp; Jokom, R. (2018). Analisa Komunikasi Pemasaran Interaktif melalui Instagram Restoran Madame Chang dan Hubungannya dengan Respon Konsumen. <em>Jurnal Hospitality Dan Manajemen Jasa</em>, <em>6</em>(2), 102113.</p><p align="left">Engriani, M., &amp; Fitriana, R. (2019). Pengaruh promosi media sosial line terhadap keputusan pembelian di starbucks mall taman anggrek. <em>IKRA-ITH Ekonomika</em>, <em>2</em>(3), 140147.</p><p align="left">Hamdani, T. (2020). <em>70% Industri Pariwisata Terancam Gulung Tikar Dihantam Corona</em>. https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-5020504/70-industri-pariwisata-terancam-gulung-tikar-dihantam-corona</p><p align="left">Huberman, M., &amp; Miles, M. . (2002). <em>The qualitative researchers companion</em>. Sage.</p><p align="left">Hutomo, A. (2017). Strategi Komunikasi Pemasaran Program Interaktif di RRI Pro 2 FM Jakarta. <em>Jurnal Komunikasi</em>, <em>8</em>(3), 172177. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jkom/article/view/3098/pdf</p><p align="left">Kartikasari, N. P. (2014). Pengaruh Komunikasi Pemasaran Terpadu terhadap Ekuitas Merek Nia Paramita Kartikasari. <em>Jurnal Interaksi</em>, <em>3</em>(2), 162167.</p><p align="left">Keller, K. L. (2002). Brand synthesis: The multidimensionality of brand knowledge. <em>Journal of Consumer Research</em>, <em>29</em>(4), 595600. https://doi.org/10.1086/346254</p><p align="left">Lininati, E. (2019). Pengaruh Promosi Melalui Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Di Food Court. <em>Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan</em>, <em>2</em>(2), 97103. https://doi.org/10.24912/jmbk.v2i2.4834</p><p align="left">Liu, X., Li, J. J., &amp; Kim, W. G. (2015). <em>The role of travel experience in the structural relationships among tourists perceived image , satisfaction , and behavioral intentions</em>. https://doi.org/10.1177/1467358415610371</p><p align="left">Madhavaram, S., Badrinarayanan, V., &amp; McDonald, R. E. (2005). Integrated marketing communication (imc) and brand identity as critical components of brand equity strategy: A Conceptual Framework and Research Propositions. <em>Journal of Advertising</em>, <em>34</em>(4), 6980. https://doi.org/10.1080/00913367.2005.10639213</p><p align="left">Puspita, G. ., &amp; Hendrayati, H. (2020). <em>Food Blogger Review on Instagram as an Alternative for Helping Consumer Purchase Decision</em>. <em>117</em>(Gcbme 2018), 1620. https://doi.org/10.2991/aebmr.k.200131.005</p><p align="left">Shimp, A. T., &amp; Andrews, J. C. (2013). Integrated marketing communications. In <em>South-Western, Cengage Learning</em> (9th ed.). Cengage Learning. https://doi.org/10.4324/9780080942544</p><p align="left">Suhartanto, D., Brien, A., Primiana, I., Wibisono, N., &amp; Nyoman, N. (2019). Current Issues in Tourism Tourist loyalty in creative tourism¯: the role of experience quality , value , satisfaction , and motivation. <em>Current Issues in Tourism</em>, <em>0</em>(0), 113. https://doi.org/10.1080/13683500.2019.1568400</p><p align="left">Taylor, S. ., Bogdan, R., &amp; DeVault, M. (2015). <em>Introduction to qualitative research methods: A guidebook and resource</em>. John Wiley &amp; Sons.</p><p align="left">We Are Social. (2019). Digital 2019: Indonesia. In <em>Global Digital Insights</em>. https://doi.org/https://datareportal.com/reports/digital-2019-indonesia</p>

Downloads

Published

2020-12-29

How to Cite

Nuraini, S. A., Gunawan, A. I., & Leo, G. (2020). Pengukuran Persepsi Pengguna Media Sosial dalam Aktivitas Pemasaran Akun Instagram Bisnis. The Indonesian Journal of Social Studies, 3(2), 91–99. https://doi.org/10.26740/ijss.v3n2.p91-99

Issue

Section

Articles
Abstract views: 510 , PDF Downloads: 451