Pengaruh Kualitas Pembelajaran Keuangan dan Literasi Keuangan Terhadap Financial Self Efficacy Mahasiswa Akuntansi

Main Article Content

Nyoman Trisna Herawati
I Made Candiasa
I Ketut Yadnyana
Naswan Suharsono

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi financial self efficacy mahasiswa Program Studi Akuntansi (S1) di Bali yang dilihat dari kualitas pembelajaran keuangan dan literasi keuangan mahasiswa. Metode penelitian menggunakan rancangan kuantitatif dengan pendekatan ex post facto melalui teknik analisis jalur (path analysis). Data penelitian dikumpulkan melalui tes literasi keuangan dan kuesioner yang didistribusikan melalui metode purposive sampling. Sampel penelitian merupakan mahasiswa Akuntansi S1 yang duduk di semester IV dan VI sebanyak 182 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh langsung antara kualitas pembelajaran keuangan terhadap literasi keuangan. Demikian hanya literasi keuangan memiliki pengaruh langsung terhadap financial self efficacy mahasiswa. Namun hasil penelitian menemukan bahwa kualitas pembelajaran keuangan tidak memiliki pengaruh secara langsung terhadap financial self efficacy, sehingga dapat disimpulkan bahwa kualitas pembelajaran keuangan hanya memiliki pengaruh tidak langsung terhadap financial self efficacy melalui literasi keuangan. Hasil penelitian ini menunjukkan pentingnya meningkatkan kualitas pembelajaran keuangan tidak hanya untuk meningkatkan indeks literasi keuangan namun juga financial self efficacy mahasiswa.

Article Details

How to Cite
Herawati, N. T., Candiasa, I. M., Yadnyana, I. K., & Suharsono, N. (2018). Pengaruh Kualitas Pembelajaran Keuangan dan Literasi Keuangan Terhadap Financial Self Efficacy Mahasiswa Akuntansi. JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen Dan Keuangan, 2(2), 115–128. https://doi.org/10.26740/jpeka.v2n2.p115-128
Section
Articles

References

Anita, N.M.Y,i Karyasa,I.W, Tika,I.N. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) terhadap Self-Efficacy Siswa. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA, diakses di http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_ipa /article/view/800/585, tanggal 20 oktober 2017.

Bandura, Albert. (1997). A. Self-efficacy: Toward an Unifying Theory of Behavioral Change, Psychological Review, Vol.84.No.2,1997), h.191-215, (online) https://www.uky.edu/~eushe2/Bandura/ Bandura1997EP.pdf, (diakses 5 Januari 2016)

Chen,H & Volpe,R.P. (1998). An Analysis of Personal Literacy Among College Students. Financial Services Review, 7(2):107-128.

Danes,S.M & Haberman,H.R. (2007). Teen Financial Knowledge, Self-Efficacy, and Behavior: A Gendered View. Financial Counseling and Planning,18 (2): 48-60. (online) Htpp://www.afcpe.org/assets/pdf/7-2866-volume-18-issue-2.pdf), (diakses tanggal 15 Juli 2015).

Dwitantyanov, A., Farida Hidayati, dan Dian Ratna Sawitri. (2010). Pengaruh Pelatihan Berpikir Positif Pada Efikasi Diri Akademik Mahasiswa Jurnal Psokologi Undip Vol.8, No.2, Oktober 2010, h. 135-144, diakses di http://karyailmiah.um.ac.id/index.php/disertasi/article/view/23829.

Farrell L., Fry T.R.L., Risse L. (2016). The significance of financial self-efficacy in explaining women's personal finance behaviour. Journal of Economic Psychology, 54, pp. 85-99. https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S016748701500094X, DOI htpp://doi.org/10.1016/j.joep.2015.07.001).

Gutter, M. (2008). Financil Management Practices of College Student from States with Varying Financial Education Mandates. (online). htpp//:www.csgnet.org/ckfinder/serfiles/files Gutter_FinMgtPracticeofColledgeStudents_Final_pdf, (diakses tanggal 5 Maret 2015).

Gutter, M, Zeynep Copur, and Selena Garrison. (2009).Which are more Likely to Experience Financial Socialization Oppurtunities? Exploring the Relationship between Financial Behavior and Financial Well-Being of College Students, (online) htpp://networksfinancialinstitute.org, (diakses tanggal 5 Maret 2015).

Huston,S.J. (2010). Measuring Financial Literacy. Journal of Consumeer Affairs, 44 (2): 296-316, (online) (htpp:// onlinelibrary.wiley.com), diakses tanggal 25 Juni 2015.

Heckman, Stuart J., and John E. Grable. (2011). Testing the role of parental debt attitudes, student income, dependency status, and financial knowledge have in shaping financial self-efficacy among college students. College Student Journal, vol. 45, no. 1, 2011, p. 51+. Academic OneFile, Accessed 23 Oct. 2017.

Jhonson,E & Margaret, S.S. (2007). From Financial Literacy to Financial Capability Among the Young. Journal of Sociology and Social Welfare. (online). 34:119146.(htpp://www.usc.edu/dept/cheap/HRYANG/publications/10.pdf), diakses tanggal 15 Juni 2016.

Kennedy P. Brian. (2013). The Theory of Planned Behavior and Financial Literacy : A Predictive Model For Credit Card Debt? Dissertations. Paper 480. (online) diakses dari htpp://mds.marshall.edu/etd tanggal 25 Juli 2016.

Lown, Jean M., (2011). Outstanding AFCPE® Conference Paper: Development and Validation of a Financial Self-Efficacy Scale (February 8, 2012). Journal of Financial Counseling and Planning, Vol. 22, No. 2, 2011. (online) htpp://ssrn.com/abstract, (diakses tanggal 10 Desember 2016).

Lutfi dan Iramani. (2008). Financial Literacy Among University Student and Its Implications to the Teaching Method. Jurnal Ekonomi Bisnis dan Akuntansi Ventura Volume 11 No.3.

Nidar, S.R., & Bestari,S. (2012). Personal Financial Literacy Among University Students (Case Study at Padjajaran Universitas Students, Bandung, Indonesia). World Journal of Social Science (2)4: 162-171.

Margaretha, Farah dan Pambudhi. (2015). Tingkat Literasi Keuangan pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi JMK,Vol.17,N0.1,Maret 2015-h.76-85. (online) DOI:10.9744/JMK. 17.1.76-85, (diakses tanggal 10 Desember 2015).

Herawati, NT. (2015). Kontribusi Pembelajaran di Perguruan Tinggi dan Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Keuangan Mahasiswa FEB Undiksha, Artikel, JPP Undiksha, Jilid 48, No.1-3, April 2015, h.60-70

Susanti. (2013). Faktor-Faktor yang Berpengaruh Terhadap Literasi keuangan dan Perilaku Keuangan Siswa SMA Negeri Surabaya. Desertasi. tidak diterbitkan Program Pascasarjana (PPS) Univ.Negeri Malang.

Santrock. W. John. (2008). Psikologi Pendidikan. Terjemahan. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup