Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Literasi Ekonomi Terhadap Kesiapan Menjadi Guru
Main Article Content
Abstract
Mahasiswa pendidikan ekonomi merupakan mahasiswa yang dibentuk untuk siap menjadi seorang guru. Kesiapan menjadi seorang guru akan terbentuk jika didukung oleh lingkungan sekitar, baik lingkungan keluarga maupun lingkungan pendidikan. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh lingkungan keluarga dan literasi ekonomi terhadap kesiapan menjadi guru. Stuctural Equation Modelling (SEM) dengan metode analisis WarpPLS merupakan teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif signifikan lingkungan keluarga terhadap kesiapan menjadi guru dan tidak ada pengaruh antara literasi ekonomi dengan kesiapan menjadi guru
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Ihsan, F. (2011). Dasar-Dasar Kependidikan. Rineka Cipta.
Sardiman. (2016). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. PT. Rajagrafindo Persada.
Shurygina, O. V., Koroleva, O. P., Lebedeva, M. V., & Belyaeva, T. K. (2021). Training in the prevention of emotional stress as a condition of psychological readiness for the profession of a teacher. SHS Web of Conferences.
Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta.
Walstad, W. B., Rebeck, K., & Butters, R. B. (2013). Test of Economic Literacy. Council for Economic Education.