Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Literasi Ekonomi Terhadap Kesiapan Menjadi Guru

Main Article Content

Laili Rohmatul Laili

Abstract

Mahasiswa pendidikan ekonomi merupakan mahasiswa yang dibentuk untuk siap menjadi seorang guru. Kesiapan menjadi seorang guru akan terbentuk jika didukung oleh lingkungan sekitar, baik lingkungan keluarga maupun lingkungan pendidikan. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh lingkungan keluarga dan literasi ekonomi terhadap kesiapan menjadi guru. Stuctural Equation Modelling (SEM) dengan metode analisis WarpPLS merupakan teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif signifikan lingkungan keluarga terhadap kesiapan menjadi guru dan tidak ada pengaruh antara literasi ekonomi dengan kesiapan menjadi guru

Article Details

How to Cite
Rohmatul Laili, L. (2021). Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Literasi Ekonomi Terhadap Kesiapan Menjadi Guru. JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen Dan Keuangan, 5(2), 95–102. https://doi.org/10.26740/jpeka.v5n2.p95-102
Section
Articles

References

Agusti, I. S. (2020). Pengaruh Efikasi Diri dan Prestasi Akademik terhadap Kesiapan Menjadi Guru Mahasiswa Stambuk 2016 Pendidikan Bisnis Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan. Niagawan, 9(1), 65–72. https://doi.org/10.24114/niaga.v9i1.17657

Alfian, M. Z., & Subagyo Subagyo. (2017). Pengaruh Informasi Dunia Kerja dan Pengetahuan tentang Ilmu Keteknikan terhadap Kesiapan menjadi Guru SMK Mahasiswa Semester 5 Pendidikan Teknik Mesin FKIP UST Tahun Akademik 2015/2016. Jurnal Taman Vokasi, 5(1), 111–123. https://doi.org/10.30738/jtv.v5i1.1543

Amaliyah, E. R., & Pratikto, H. (2017). The Effect of Family and School Cultural Environment Through Self Efficacy on Student Learning Result. Jurnal Pendidikan Bisnis & Manajemen, 3(3), 222–234. https://doi.org/10.17977/um003v3i32017p222

Bidabadi, N. S., Isfahani, A. N., Rouhollahi, A., & Khalili, R. (2016). Effective Teaching Methods in Higher Education: Requirements and Barriers. J Adv Med Educ Prof, 4(4), 170–178.

Cankar, F., Deutsch, T., & Sonja Sentočnik. (2012). Approaches to Building Teacher-Parent Cooperation. Center for Educational Policy Studies Journal, 2(1), 35–55. https://doi.org/10.26529/cepsj.394

Dejan, S. (2009). Involving Teachers in School Development. Zbornik Instituta Za Pedagoska Istrazivanja, 41(2), 315–330. https://doi.org/10.2298/ZIPI0902315S

Fauziyah, K. N., & Widiyanto Widiyanto. (2019). Pengaruh Lingkungan Keluarga, Prestasi Belajar, dan Motivasi Mahasiswa terhadap Kesiapan menjadi Guru. Economic Education Analysis Journal, 8(2), 620–634. https://doi.org/10.15294/eeaj.v8i2.31497

Gerek, S., & ve A.Aşkım Kurt. (2010). Economic Literacy Indicators at the Department of Computer Education & Instructional Technologies. Gaziantep Üniversitesi Sosyal Bilimler Dergisi, 9(1), 87–97.

Hreb, M. M., & Nataliya Victorivna Hrona. (2019). The Informational Culture of the Future Primary School Teacher as the Priority of the Quality Improvement of the Linguistic Disciplines. Journal of History Culture and Art Research, 8(3), 189–200. https://doi.org/10.7596/taksad.v8i3.2089

Hutasuhut, S., & Isnaini Ari Wulandari. (2018). Pengaruh Literasi Ekonomi dan Praktik Pengalaman Lapangan Terpadu (PPLT) melalui Efikasi Diri terhadap Kesiapan menjadi Guru pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Medan. Jurnal Ekodik : Ekonomi Pendidikan, 6(7), 28–36.

Ihsan, F. (2011). Dasar-Dasar Kependidikan. Rineka Cipta.

Kosharna, N. (2021). Modern European Experience of Practical Teacher Training. Educological Discourse, 32(1), 143–155. https://doi.org/10.28925/2312-5829.2021.1.10

Ni’mah, F. U., & Nina Oktarina. (2014). Pengaruh Minat Profesi Guru, Locus of Control Internal, Peran Guru Pamong dan Prestasi Belajar terhadap Kesiapan Mahasiswa menjadi Guru pada Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang. Economic Education Analysis Journal, 3(2), 336–342.

Puspitasari, W., & Asrori. (2019). Pengaruh Persepsi Profesi Guru dan Keefektifan Praktik Pengalaman Lapangan terhadap Kesiapan Menjadi Guru dengan Efikasi Diri sebagai Variabel Intervening. Economic Education Analysis Journal, 8(3), 1061–1078. https://doi.org/10.15294/eeaj.v8i3.35724

Sardiman. (2016). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. PT. Rajagrafindo Persada.

Septiani, D. H., & Widiyanto Widiyanto. (2021). Pengaruh Praktik Pengalaman Lapangan, Lingkungan Keluarga, dan Kesejahteraan terhadap Kesiapan menjadi Guru. Economic Education Analysis Journal, 10(1), 130–144. https://doi.org/10.15294/eeaj.v10i1.44663

Shurygina, O. V., Koroleva, O. P., Lebedeva, M. V., & Belyaeva, T. K. (2021). Training in the prevention of emotional stress as a condition of psychological readiness for the profession of a teacher. SHS Web of Conferences.

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta.

Wahyuni, D., & Rediana Setiyani. (2018). Pengaruh Persepsi Profesi Guru, Lingkungan Keluarga, Efikasi Diri Terhadap Minat Menjadi Guru. Economic Education Analysis Journal, 6(3), 669–683.

Walstad, W. B., Rebeck, K., & Butters, R. B. (2013). Test of Economic Literacy. Council for Economic Education.

Yarkova, D. D., Mukhina, T. G., Malinin, V. A., & Sorokoumova, S. N. (2020). Conditions of Activities of the Federal Innovative Site “Pedagogical Leadership.” Vestnik of Minin University, 8(2). https://doi.org/10.26795/2307-1281-2020-8-2-14

Yulianto, A., & Muhammad Khafid. (2016). Pengaruh Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), Minat Menjadi Guru, dan Prestasi Belajar terhadap Kesiapan Mahasiswa menjadi Guru yang Profesional. Economic Education Analysis Journal, 5(1), 100–114.

Yuniasari, T., & Moh. Djazari. (2017). Pengaruh Minat menjadi Guru, Lingkungan Keluarga, dan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Terhadap Kesiapan menjadi Guru Akuntansi MAHASISWAPENDIDIKAN AKUNTANSI ANGKATAN 2013 FE UNY. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 15(2), 78–91.