Strategi Ekonomi Perempuan Pembuat Batik Ngangkrik Lestari Masa Pandemi Di Desa Sidomulyo Kabupaten Madiun
Main Article Content
Abstract
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Abdullah, P. (2019). Defisit APBN 2,2 Persen, Ekonom: Wajar Saat Ekonomi Melambat. Defisit APBN 2,2 Persen, Ekonom: Wajar Saat Ekonomi Melambat. https://www.coreindonesia.org/view/432/defisit-apbn-22-persen-ekonom-wajar-saat-ekonomi-melambat
Alfin, A. (2021). ANALISIS STRATEGI UMKM DALAM MENGHADAPI KRISIS DI ERA PANDEMI COVID-19. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(8). https://stp-mataram.e-journal.id/JIP/article/view/280
Andayani, I., Roesminingsih, M. V., & Yulianingsih, W. (2021). Strategi Pemberdayaan Masyarakat Pelaku UMKM Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Nonformal, 16(1), 12. https://doi.org/10.17977/um041v16i1p12-20
Arif, M. N. R. Al. (2019). Dasar-dasar Pemasaran Bank Syariah (3rd ed.). Alfabeta.
Asihanto, B. P. (2013). Berjualan Terhadap Tingkat Pendapatan Sektor Informal (Studi Kasus di PPS Merjosari Kecamatan Lowokwaru Malang). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 1(1), 1–15. https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/196
Ayu, S., & Lahmi, A. (2020). Peran e-commerce terhadap perekonomian Indonesia selama pandemi Covid-19. Jurnal Kajian Manajemen Bisnis, 9(2), 114. https://doi.org/ 10.24036/jkmb.10994100
Bagus, A., Arif, N., Fathin, A., Ranggajati, A., W, A. D., S, D. R., Wijayanti, R., & W, Y. M. (2020). Melindungi Pekerja Rentan Di Masa (dan Pasca) Pandemi Covid-19. IGPA MAP FISIPOL UGM Dan Forbil Institute.
Bunsaman, S. M., & Taftazani, B. M. (2018). Peranan Perempuan Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Ekonomi Keluarga (Studi Tentang Peranan Petugas K3L Perempuan Universitas Padjadjaran Jatinangor (Zona: Rektorat)). Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 146. https://doi.org/10.24198/jppm.v5i2.18373
Fadly, H. D., & Sutama. (2020). Membangun pemasaran online dan digital branding ditengah pandemi covid-19 1. 5, 213–222. http://ejournal.uigm.ac.id/index.php/EG/article/ view/1042
Fatwan, S. (2009). Intellectual Capital. Gramedia Pustaka Utama.
Hadiwinata, K., Mundzir, H., & Muslim, S. (2020). Analisis Peran Media Sosial Instagram Sebagai Media Pemasaran dan Branding Bisnis di Era Pandemi Covid-19. SENABISMA: Prosiding Seminar Nasional Bisnis Dan Manajemen, 6(2), 62–68.
Hardilawati, & Laura, W. (2020). Strategi Bertahan UMKM di Tengah Pandemi Covid-19 The Survival Strategy Of Smes During The Covid-19 Pandemic. Jurnal Akuntansi & Ekonomika, 10(1). https://ejurnal.umri.ac.id/index.php/jae/article/view/1934
Hasanah, U., & Musyafak, N. (2017). GENDER AND POLITICS: Keterlibatan Perempuan dalam Pembangunan Politik. Sawwa: Jurnal Studi Gender, 12(3), 409–432. https://doi.org/10.21580/sa.v12i3.2080
Hayana. (2020). Covid-19 Ancaman Ekonomi: Menakar Arah Social Distancing dan Refleksitas Social Action. IAIN Pare. http://www.iainpare.ac.id/covid-19-ancaman-ekonomi-menakar-arah-social-distancing-dan-refleksitas-social-action/
Idayu, R., & Husni, M. (2021). Strategi Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah ( UMKM ) Untuk Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Desa di Desa Nembol Kecamatan Mandalawangi Kabupaten Pandeglang Banten. Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo, 7(1), 73–85. https://journal.stiem.ac.id/index.php/ jurman/article/view/729
ILO. (2020). Krisis COVID-19 dan Sektor informal: Respons Langsung dan tantangan kebijakan. International Labour Organization.
Jayanti Mandasari, D., Widodo, J., & Djaja, S. (2019). Strategi Pemasaran Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (Umkm) Batik Magenda Tamanan Kabupaten Bondowoso. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 13(1), 123. https://doi.org/10.19184/jpe.v13i1.10432
Kemenku Republik Indonesia. (2020). Pemerintah Terus Dukung Konsumsi Rumah Tangga dan UMKM Hadapi Pandemi Covid-19. Sekretariat Kabinet Republik Indonesia.
Milles, M. B., & Huberman, A. M. (2009). Analisis Data Kualitatif. Universitas Indonesia.
Nabilah, S., Nursan, M., & Suparyana, P. K. (2021). DAMPAK PANDEMI COVID-19 TERHADAP UMKM (STUDI KASUS UMKM ZEA FOOD DI KOTA MATARAM). Jurnal Inovasi Penelitian, 1(12). https://stp-mataram.e-journal.id/JIP/article/view/438
Rohmah, A. (2020). Pandemi covid-19 dan dampaknya terhadap perilaku konsumen di indonesia. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 1–4. https://stp-mataram.e-journal.id/JIP/ article/view/247
Rosyada, M., & Wigiawati, A. (2020). Strategi Survival UMKM Batik Tulis Pekalongan di Tengah Pandemi Covid-19 (Studi Kasus pada “Batik Pesisir”Pekalongan). Jurnal Bisnis Dan Kajian Manajemen, 4(2), 189–214. http://www.jurnal.utu.ac.id/jbkan/article/ view/2424
Setianto, & Kurniawan, P. A. (2020). Ekonomi Indonesia 2019 Tumbuh 5,02 Persen. Badan Pusat Statistik.
Tuwu, D. (2018). Peran Pekerja Perempuan Dalam Memenuhi Ekonomi Keluarga: Dari Peran Domestik Menuju Sektor Publik. Al-Izzah: Jurnal Hasil-Hasil Penelitian, 13(1), 63. https://doi.org/10.31332/ai.v13i1.872
Undang-Undang Republik Indoneisa Nomor 9 Tahun 1995 Tentang Usaha Kecil (No. 9). (1995). Peraturan.Bpk.Go.Id; MENTERI NEGARA SEKRETARIS NEGARA REPUBLIK INDONESIA. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/46199/uu-no-9-tahun-1995
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah. (2008). https://www.ojk.go.id/. https://www.ojk.go.id/sustainable-finance/id/ peraturan/undang-undang/Pages/Undang-Undang-Republik-Indonesia-Nomor-20-Tahun-2008-Tentang-Usaha-Mikro,-Kecil,-dan-Menengah.aspx