Strategi Ekonomi Perempuan Pembuat Batik Ngangkrik Lestari Masa Pandemi Di Desa Sidomulyo Kabupaten Madiun

Main Article Content

Dwi Nila Andriani
Maretha Berlianantiya
Khoirul Huda
Renza Praditya

Abstract

Artikel memiliki tujuan guna mengidentifikasi strategi ekonomi perempuan pembuat batik Ngangkrik Lestari Desa Sidomulyo Madiun selama masa masa pandemi. Dengan menerapkan metode kualitatif dalam pendekatan studi kasus sehingga pengumpulan data pada proses pengamatan, wawancara keterwakilan informan serta data riset ilmiah dan dokumentasi mampu menghasilkan temuan-temuan penelitian sesuai dengan tema yang dikaji. Hasil temuan penelitian tersebut antara lain oleh karena situasimasa pandemi Covid-19 yang belum hilang maka kelompok perempuan pembuat batik Ngangkrik mengupayakan optimalisasi strategi ekonomi terutama desain pemasaran secara online serta membrandingnya dengan digital. Mulaipemasaran digital e-commerce, media social dan penjualan melalui marketplace.Sehingga mereka mengadaptasi digitalisasi dari yang sebelumnya hanya offline kemudian beralih pada alternatif strategi online dengan memanfaatkan konsep digitalmarketingterdesain medsos, seperti instagran, whatsapp dan shopee.

Article Details

How to Cite
Andriani, D. N., Berlianantiya, M., Huda, K., & Praditya, R. (2022). Strategi Ekonomi Perempuan Pembuat Batik Ngangkrik Lestari Masa Pandemi Di Desa Sidomulyo Kabupaten Madiun. JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen Dan Keuangan, 6(1), 15–28. https://doi.org/10.26740/jpeka.v6n1.p15-28
Section
Articles

References

Abdullah, P. (2019). Defisit APBN 2,2 Persen, Ekonom: Wajar Saat Ekonomi Melambat. Defisit APBN 2,2 Persen, Ekonom: Wajar Saat Ekonomi Melambat. https://www.coreindonesia.org/view/432/defisit-apbn-22-persen-ekonom-wajar-saat-ekonomi-melambat

Alfin, A. (2021). ANALISIS STRATEGI UMKM DALAM MENGHADAPI KRISIS DI ERA PANDEMI COVID-19. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(8). https://stp-mataram.e-journal.id/JIP/article/view/280

Andayani, I., Roesminingsih, M. V., & Yulianingsih, W. (2021). Strategi Pemberdayaan Masyarakat Pelaku UMKM Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Nonformal, 16(1), 12. https://doi.org/10.17977/um041v16i1p12-20

Arif, M. N. R. Al. (2019). Dasar-dasar Pemasaran Bank Syariah (3rd ed.). Alfabeta.

Asihanto, B. P. (2013). Berjualan Terhadap Tingkat Pendapatan Sektor Informal (Studi Kasus di PPS Merjosari Kecamatan Lowokwaru Malang). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 1(1), 1–15. https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/196

Ayu, S., & Lahmi, A. (2020). Peran e-commerce terhadap perekonomian Indonesia selama pandemi Covid-19. Jurnal Kajian Manajemen Bisnis, 9(2), 114. https://doi.org/ 10.24036/jkmb.10994100

Bagus, A., Arif, N., Fathin, A., Ranggajati, A., W, A. D., S, D. R., Wijayanti, R., & W, Y. M. (2020). Melindungi Pekerja Rentan Di Masa (dan Pasca) Pandemi Covid-19. IGPA MAP FISIPOL UGM Dan Forbil Institute.

Bunsaman, S. M., & Taftazani, B. M. (2018). Peranan Perempuan Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Ekonomi Keluarga (Studi Tentang Peranan Petugas K3L Perempuan Universitas Padjadjaran Jatinangor (Zona: Rektorat)). Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 146. https://doi.org/10.24198/jppm.v5i2.18373

Fadly, H. D., & Sutama. (2020). Membangun pemasaran online dan digital branding ditengah pandemi covid-19 1. 5, 213–222. http://ejournal.uigm.ac.id/index.php/EG/article/ view/1042

Fatwan, S. (2009). Intellectual Capital. Gramedia Pustaka Utama.

Hadiwinata, K., Mundzir, H., & Muslim, S. (2020). Analisis Peran Media Sosial Instagram Sebagai Media Pemasaran dan Branding Bisnis di Era Pandemi Covid-19. SENABISMA: Prosiding Seminar Nasional Bisnis Dan Manajemen, 6(2), 62–68.

Hardilawati, & Laura, W. (2020). Strategi Bertahan UMKM di Tengah Pandemi Covid-19 The Survival Strategy Of Smes During The Covid-19 Pandemic. Jurnal Akuntansi & Ekonomika, 10(1). https://ejurnal.umri.ac.id/index.php/jae/article/view/1934

Hasanah, U., & Musyafak, N. (2017). GENDER AND POLITICS: Keterlibatan Perempuan dalam Pembangunan Politik. Sawwa: Jurnal Studi Gender, 12(3), 409–432. https://doi.org/10.21580/sa.v12i3.2080

Hayana. (2020). Covid-19 Ancaman Ekonomi: Menakar Arah Social Distancing dan Refleksitas Social Action. IAIN Pare. http://www.iainpare.ac.id/covid-19-ancaman-ekonomi-menakar-arah-social-distancing-dan-refleksitas-social-action/

Idayu, R., & Husni, M. (2021). Strategi Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah ( UMKM ) Untuk Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Desa di Desa Nembol Kecamatan Mandalawangi Kabupaten Pandeglang Banten. Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo, 7(1), 73–85. https://journal.stiem.ac.id/index.php/ jurman/article/view/729

ILO. (2020). Krisis COVID-19 dan Sektor informal: Respons Langsung dan tantangan kebijakan. International Labour Organization.

Jayanti Mandasari, D., Widodo, J., & Djaja, S. (2019). Strategi Pemasaran Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (Umkm) Batik Magenda Tamanan Kabupaten Bondowoso. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 13(1), 123. https://doi.org/10.19184/jpe.v13i1.10432

Kemenku Republik Indonesia. (2020). Pemerintah Terus Dukung Konsumsi Rumah Tangga dan UMKM Hadapi Pandemi Covid-19. Sekretariat Kabinet Republik Indonesia.

Milles, M. B., & Huberman, A. M. (2009). Analisis Data Kualitatif. Universitas Indonesia.

Nabilah, S., Nursan, M., & Suparyana, P. K. (2021). DAMPAK PANDEMI COVID-19 TERHADAP UMKM (STUDI KASUS UMKM ZEA FOOD DI KOTA MATARAM). Jurnal Inovasi Penelitian, 1(12). https://stp-mataram.e-journal.id/JIP/article/view/438

Rohmah, A. (2020). Pandemi covid-19 dan dampaknya terhadap perilaku konsumen di indonesia. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 1–4. https://stp-mataram.e-journal.id/JIP/ article/view/247

Rosyada, M., & Wigiawati, A. (2020). Strategi Survival UMKM Batik Tulis Pekalongan di Tengah Pandemi Covid-19 (Studi Kasus pada “Batik Pesisir”Pekalongan). Jurnal Bisnis Dan Kajian Manajemen, 4(2), 189–214. http://www.jurnal.utu.ac.id/jbkan/article/ view/2424

Setianto, & Kurniawan, P. A. (2020). Ekonomi Indonesia 2019 Tumbuh 5,02 Persen. Badan Pusat Statistik.

Tuwu, D. (2018). Peran Pekerja Perempuan Dalam Memenuhi Ekonomi Keluarga: Dari Peran Domestik Menuju Sektor Publik. Al-Izzah: Jurnal Hasil-Hasil Penelitian, 13(1), 63. https://doi.org/10.31332/ai.v13i1.872

Undang-Undang Republik Indoneisa Nomor 9 Tahun 1995 Tentang Usaha Kecil (No. 9). (1995). Peraturan.Bpk.Go.Id; MENTERI NEGARA SEKRETARIS NEGARA REPUBLIK INDONESIA. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/46199/uu-no-9-tahun-1995

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah. (2008). https://www.ojk.go.id/. https://www.ojk.go.id/sustainable-finance/id/ peraturan/undang-undang/Pages/Undang-Undang-Republik-Indonesia-Nomor-20-Tahun-2008-Tentang-Usaha-Mikro,-Kecil,-dan-Menengah.aspx