Penerapan Identifikasi, Asesmen dan Pembelajaran Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Dasar Penyelenggara Pendidikan Inklusi

Authors

  • Ina Agustin FKIP Universitas PGRI Ronggolawe Tuban

DOI:

https://doi.org/10.26740/eds.v3n2.p72-80

Keywords:

Identifikasi, asesmen, pembelajaran, tunarungu

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelayanan anak berkebutuhan khusus dalam hal identifikasi, as­esmen dan pembelajaran tematik yang dilakukan oleh sekolah penyelenggara pendidikan inklusif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Subyek dalam pene­litian ini adalah satu guru pembimbing khusus (GPK), satu kepala sekolah dan satu anak berkebutuhan khusus yaitu anak tuna rungu di SDN Dahor Kecamatan Grabagan Kabupaten Tuban. Prosedur penelitian ini meliputi tiga tahapan yaitu : tahapan pra lapangan, pelaksanaan lapangan, dan tahap member check kemudian dilakukan analisis data. Penelitian ini memaparkan kegiatan identifikasi awal anak tuna rungu menggunakan alat identifikasi khusus bagi anak berkebutuhan khusus kemudian dilanjutkan dengan kegiatan asesmen. Dari hal tersebut memperoleh informasi berkaitan dengan kemampuan anak tuna rungu dari segi bahasa tulis mapun lisan dan selanjutnya digunakan dalam pemberian layanan pendidikan. Pembelajaran tematik yang diterapkan menggunakan kurikulum 2013 dengan modifikasi indikator, tujuan pembelajaran dan materi serta menggunakan metode maternal reflektif (MMR) untuk mengembangkan kemampuan berbahasa bagi anak tuna rungu. Kegiatan ini masih mengalami kendala karena ketersediaan sarana dan prasarana masih kurang menduung

Published

2022-12-25
Abstract views: 3482 , PDF Downloads: 12058