Penerapan Identifikasi, Asesmen dan Pembelajaran Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Dasar Penyelenggara Pendidikan Inklusi
DOI:
https://doi.org/10.26740/eds.v3n2.p72-80Keywords:
Identifikasi, asesmen, pembelajaran, tunarunguAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelayanan anak berkebutuhan khusus dalam hal identifikasi, asesmen dan pembelajaran tematik yang dilakukan oleh sekolah penyelenggara pendidikan inklusif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah satu guru pembimbing khusus (GPK), satu kepala sekolah dan satu anak berkebutuhan khusus yaitu anak tuna rungu di SDN Dahor Kecamatan Grabagan Kabupaten Tuban. Prosedur penelitian ini meliputi tiga tahapan yaitu : tahapan pra lapangan, pelaksanaan lapangan, dan tahap member check kemudian dilakukan analisis data. Penelitian ini memaparkan kegiatan identifikasi awal anak tuna rungu menggunakan alat identifikasi khusus bagi anak berkebutuhan khusus kemudian dilanjutkan dengan kegiatan asesmen. Dari hal tersebut memperoleh informasi berkaitan dengan kemampuan anak tuna rungu dari segi bahasa tulis mapun lisan dan selanjutnya digunakan dalam pemberian layanan pendidikan. Pembelajaran tematik yang diterapkan menggunakan kurikulum 2013 dengan modifikasi indikator, tujuan pembelajaran dan materi serta menggunakan metode maternal reflektif (MMR) untuk mengembangkan kemampuan berbahasa bagi anak tuna rungu. Kegiatan ini masih mengalami kendala karena ketersediaan sarana dan prasarana masih kurang menduungDownloads
Published
2022-12-25
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms :
- Author retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneosly licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an intitutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal