Penerapan Identifikasi, Asesmen dan Pembelajaran Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Dasar Penyelenggara Pendidikan Inklusi
DOI:
https://doi.org/10.26740/eds.v3n2.p72-80Keywords:
Identifikasi, asesmen, pembelajaran, tunarunguAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelayanan anak berkebutuhan khusus dalam hal identifikasi, asesmen dan pembelajaran tematik yang dilakukan oleh sekolah penyelenggara pendidikan inklusif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah satu guru pembimbing khusus (GPK), satu kepala sekolah dan satu anak berkebutuhan khusus yaitu anak tuna rungu di SDN Dahor Kecamatan Grabagan Kabupaten Tuban. Prosedur penelitian ini meliputi tiga tahapan yaitu : tahapan pra lapangan, pelaksanaan lapangan, dan tahap member check kemudian dilakukan analisis data. Penelitian ini memaparkan kegiatan identifikasi awal anak tuna rungu menggunakan alat identifikasi khusus bagi anak berkebutuhan khusus kemudian dilanjutkan dengan kegiatan asesmen. Dari hal tersebut memperoleh informasi berkaitan dengan kemampuan anak tuna rungu dari segi bahasa tulis mapun lisan dan selanjutnya digunakan dalam pemberian layanan pendidikan. Pembelajaran tematik yang diterapkan menggunakan kurikulum 2013 dengan modifikasi indikator, tujuan pembelajaran dan materi serta menggunakan metode maternal reflektif (MMR) untuk mengembangkan kemampuan berbahasa bagi anak tuna rungu. Kegiatan ini masih mengalami kendala karena ketersediaan sarana dan prasarana masih kurang menduungDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms :
The articles published in this journal are protected by copyright. The copyright remains with the authors of the articles, but the publishing license is held by Universitas Negeri Surabaya as the journal manager. This license, Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA), allows readers to copy, distribute, and adapt the work, provided that proper attribution is given to the original author and any modified work is published under the same license. This license grants the freedom to use the work both commercially and non-commercially, as long as it adheres to the terms outlined in the license.

