Pengembangan Media Permainan Snack And Ladder Pada Tema Kegiatanku Sub Tema Kegiatanku Pagi Hari Kelas 1 MI Modern Mutiara Iman Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung

Authors

  • Nourma Oktaviarini STKIP PGRI Tulungagung

DOI:

https://doi.org/10.26740/eds.v3n2.p54-63

Keywords:

Pengembangan, Media Pembelajaran, Media Snack and Ladder

Abstract

Media pembelajaran alat perantara yang digunakan untuk mempermudah proses pembelajaran dan mengefektifkan komunikasi antara guru dengan siswa.  Pengembangan media permainan snack and ladder dikarenakan ditemukan beberapa fakta bahwa guru melakukan penjelasan materi menggunakan metode ceramah dengan dibantu buku siswa dan buku guru selain itu guru tidak menggunakan media dalam pembelajaran.  Hal tersebut menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa dan motivasi belajar siswa menurun terhadap kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mendeksripsikan pengembangan media permainan snack and ladder pada tema kegiatanku sub tema kegiatan pagi hari kelas 1, 2) Kelayakan media snack and ladder pada tema kegiatanku sub tema kegiatan pagi hari kelas 1 dan 3) respon siswa terhadap media permainan snack and ladder pada tema kegiatanku sub tema kegiatan pagi hari kelas 1. Metode penelitian ini adalah penelitian Research and Development(R&D) model pengembangan yang menjadi acuan penelitian dalam mengembangkan produk yaitu ADDIE (Analisys, Design, Development, and Evaluation). Hasil Analisis Implementasi produk media permainan snack and ladder untuk 23 siswa memperoleh skor 21,8 dan rata-rata prosentase skor 80,48% dengan kriteria baik. Tahap penilaian kevalidan media dilakukan oleh validator materi dan validator media. Berdasarkan penilaian dari validator media memperoleh skor rata 91% dengan kriteria baik, sedangkan berdasarkan penilaian validator materi diperoleh skor 88% dengan kriteria sangat baik.

Published

2022-12-25
Abstract views: 141 , PDF Downloads: 206