Pengembangan Media Permainan Snack And Ladder Pada Tema Kegiatanku Sub Tema Kegiatanku Pagi Hari Kelas 1 MI Modern Mutiara Iman Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung
DOI:
https://doi.org/10.26740/eds.v3n2.p54-63Keywords:
Pengembangan, Media Pembelajaran, Media Snack and LadderAbstract
Media pembelajaran alat perantara yang digunakan untuk mempermudah proses pembelajaran dan mengefektifkan komunikasi antara guru dengan siswa. Pengembangan media permainan snack and ladder dikarenakan ditemukan beberapa fakta bahwa guru melakukan penjelasan materi menggunakan metode ceramah dengan dibantu buku siswa dan buku guru selain itu guru tidak menggunakan media dalam pembelajaran. Hal tersebut menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa dan motivasi belajar siswa menurun terhadap kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mendeksripsikan pengembangan media permainan snack and ladder pada tema kegiatanku sub tema kegiatan pagi hari kelas 1, 2) Kelayakan media snack and ladder pada tema kegiatanku sub tema kegiatan pagi hari kelas 1 dan 3) respon siswa terhadap media permainan snack and ladder pada tema kegiatanku sub tema kegiatan pagi hari kelas 1. Metode penelitian ini adalah penelitian Research and Development(R&D) model pengembangan yang menjadi acuan penelitian dalam mengembangkan produk yaitu ADDIE (Analisys, Design, Development, and Evaluation). Hasil Analisis Implementasi produk media permainan snack and ladder untuk 23 siswa memperoleh skor 21,8 dan rata-rata prosentase skor 80,48% dengan kriteria baik. Tahap penilaian kevalidan media dilakukan oleh validator materi dan validator media. Berdasarkan penilaian dari validator media memperoleh skor rata 91% dengan kriteria baik, sedangkan berdasarkan penilaian validator materi diperoleh skor 88% dengan kriteria sangat baik.Downloads
Published
2022-12-25
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms :
- Author retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneosly licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an intitutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal