Pengembangan Media Permainan Snack And Ladder Pada Tema Kegiatanku Sub Tema Kegiatanku Pagi Hari Kelas 1 MI Modern Mutiara Iman Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung
DOI:
https://doi.org/10.26740/eds.v3n2.p54-63Keywords:
Pengembangan, Media Pembelajaran, Media Snack and LadderAbstract
Media pembelajaran alat perantara yang digunakan untuk mempermudah proses pembelajaran dan mengefektifkan komunikasi antara guru dengan siswa. Pengembangan media permainan snack and ladder dikarenakan ditemukan beberapa fakta bahwa guru melakukan penjelasan materi menggunakan metode ceramah dengan dibantu buku siswa dan buku guru selain itu guru tidak menggunakan media dalam pembelajaran. Hal tersebut menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa dan motivasi belajar siswa menurun terhadap kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mendeksripsikan pengembangan media permainan snack and ladder pada tema kegiatanku sub tema kegiatan pagi hari kelas 1, 2) Kelayakan media snack and ladder pada tema kegiatanku sub tema kegiatan pagi hari kelas 1 dan 3) respon siswa terhadap media permainan snack and ladder pada tema kegiatanku sub tema kegiatan pagi hari kelas 1. Metode penelitian ini adalah penelitian Research and Development(R&D) model pengembangan yang menjadi acuan penelitian dalam mengembangkan produk yaitu ADDIE (Analisys, Design, Development, and Evaluation). Hasil Analisis Implementasi produk media permainan snack and ladder untuk 23 siswa memperoleh skor 21,8 dan rata-rata prosentase skor 80,48% dengan kriteria baik. Tahap penilaian kevalidan media dilakukan oleh validator materi dan validator media. Berdasarkan penilaian dari validator media memperoleh skor rata 91% dengan kriteria baik, sedangkan berdasarkan penilaian validator materi diperoleh skor 88% dengan kriteria sangat baik.Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms :
The articles published in this journal are protected by copyright. The copyright remains with the authors of the articles, but the publishing license is held by Universitas Negeri Surabaya as the journal manager. This license, Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA), allows readers to copy, distribute, and adapt the work, provided that proper attribution is given to the original author and any modified work is published under the same license. This license grants the freedom to use the work both commercially and non-commercially, as long as it adheres to the terms outlined in the license.

