Penerapan Model Pembelajaran VCT (Value Clarification Technique) Dalam Mata Pelajaran IPS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Sumber Agung III Kecamatan Dander Kabupaten Bojonegoro Tahun Pelajaran 2018/ 2019
DOI:
https://doi.org/10.26740/eds.v3n2.p38-43Keywords:
Model pembelajaran VCT, Hasil belajarAbstract
Pembelajaran IPS di kelas V SDN Sumberagung III masih memiliki kelemahan diantaranya, belum diterapkan pembelajaran berbasis penanaman nilai sebagai usaha untuk mengembangkan kesadaran nilai pada diri siswa, dan tidak mengetahui model-model pembelajaran inidikarenakan guru tidak ingin susah dalam mengajarkan materi kepada siswa,. Oleh karena itu, peneliti melakukan pembaruan penyajian pembelajaran IPS melalui penerapan model pembelajaran VCT untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Sumberagung III yang berjumlah 14 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus dilaksanakan melalui 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi pada setiap siklus. Data penelitian diperoleh melalui observasi, tes. Data tes hasil belajar siswa dianalisis berdasarkan persentase ketuntasan belajar klasikal. Penerapan model pembelajaran VCT dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V SDN Sumberagung III pada pelajaran IPS, materi menghargai jasa pahlawan, keaktifan siswa meningkat. Hal ini dapat dilihat dari lembar penilaian skala sikap setiap siklusnya, pada siklus I 79,4% dan pada siklus II 87,7%. Hasil ini menunjukkan hasil belajar siswa meningkat.Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms :
The articles published in this journal are protected by copyright. The copyright remains with the authors of the articles, but the publishing license is held by Universitas Negeri Surabaya as the journal manager. This license, Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA), allows readers to copy, distribute, and adapt the work, provided that proper attribution is given to the original author and any modified work is published under the same license. This license grants the freedom to use the work both commercially and non-commercially, as long as it adheres to the terms outlined in the license.

