Penerapan Model Pembelajaran VCT (Value Clarification Technique) Dalam Mata Pelajaran IPS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Sumber Agung III Kecamatan Dander Kabupaten Bojonegoro Tahun Pelajaran 2018/ 2019
DOI:
https://doi.org/10.26740/eds.v3n2.p38-43Keywords:
Model pembelajaran VCT, Hasil belajarAbstract
Pembelajaran IPS di kelas V SDN Sumberagung III masih memiliki kelemahan diantaranya, belum diterapkan pembelajaran berbasis penanaman nilai sebagai usaha untuk mengembangkan kesadaran nilai pada diri siswa, dan tidak mengetahui model-model pembelajaran inidikarenakan guru tidak ingin susah dalam mengajarkan materi kepada siswa,. Oleh karena itu, peneliti melakukan pembaruan penyajian pembelajaran IPS melalui penerapan model pembelajaran VCT untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Sumberagung III yang berjumlah 14 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus dilaksanakan melalui 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi pada setiap siklus. Data penelitian diperoleh melalui observasi, tes. Data tes hasil belajar siswa dianalisis berdasarkan persentase ketuntasan belajar klasikal. Penerapan model pembelajaran VCT dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V SDN Sumberagung III pada pelajaran IPS, materi menghargai jasa pahlawan, keaktifan siswa meningkat. Hal ini dapat dilihat dari lembar penilaian skala sikap setiap siklusnya, pada siklus I 79,4% dan pada siklus II 87,7%. Hasil ini menunjukkan hasil belajar siswa meningkat.Downloads
Published
2022-12-25
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms :
- Author retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneosly licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an intitutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal