Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Buku Pop-Up Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 2 Bendungan Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung

Authors

  • Eka Yuliana Sari

DOI:

https://doi.org/10.26740/eds.v3n2.p16-22

Keywords:

Buku Media pembelajaran, Pop Up Book, Hasil belajar

Abstract

Hasil belajar dan media pembelajaran merupakan bagian yang saling berkaitan pada proses pembelajaran. Hasil belajar siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain yaitu media pembelajaran. Pada hal ini media pembelajaran yang dimaksud adalah media pembelajaran buku pop-up. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dari penggunaan media pembelajaran buku pop-up terhadap hasil belajar siswa. Metode yang digunakan adalah kuantitatif eksperimen. Data yang telah terkumpul dianalisis menggunakan teknik analisis kuantitatif. Populasi dan sample penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi untuk variabel media pembelajaran kemudian menggunakan tes untuk variabel hasil belajar. Setelah dilakukan analisis data hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1)Pengaruh penggunaan media pembelajaran buku pop-up (X) terhadap hasil belajar (Y) siswa kelas IV SDN 2 Bendungan sangat signifikaan. Dengan hasil  >  yaitu 2.277 > 2.021 dan niali Sig.(2-tailed) < 0,05 yaitu 0,035 < 0,05.

Published

2022-12-25
Abstract views: 861 , PDF Downloads: 4629