Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Buku Pop-Up Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 2 Bendungan Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung
DOI:
https://doi.org/10.26740/eds.v3n2.p16-22Keywords:
Buku Media pembelajaran, Pop Up Book, Hasil belajarAbstract
Hasil belajar dan media pembelajaran merupakan bagian yang saling berkaitan pada proses pembelajaran. Hasil belajar siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain yaitu media pembelajaran. Pada hal ini media pembelajaran yang dimaksud adalah media pembelajaran buku pop-up. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dari penggunaan media pembelajaran buku pop-up terhadap hasil belajar siswa. Metode yang digunakan adalah kuantitatif eksperimen. Data yang telah terkumpul dianalisis menggunakan teknik analisis kuantitatif. Populasi dan sample penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi untuk variabel media pembelajaran kemudian menggunakan tes untuk variabel hasil belajar. Setelah dilakukan analisis data hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1)Pengaruh penggunaan media pembelajaran buku pop-up (X) terhadap hasil belajar (Y) siswa kelas IV SDN 2 Bendungan sangat signifikaan. Dengan hasil > yaitu 2.277 > 2.021 dan niali Sig.(2-tailed) < 0,05 yaitu 0,035 < 0,05.Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms :
The articles published in this journal are protected by copyright. The copyright remains with the authors of the articles, but the publishing license is held by Universitas Negeri Surabaya as the journal manager. This license, Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA), allows readers to copy, distribute, and adapt the work, provided that proper attribution is given to the original author and any modified work is published under the same license. This license grants the freedom to use the work both commercially and non-commercially, as long as it adheres to the terms outlined in the license.

