PROBLEMATIKA GURU DALAM MELAKSANAKAN PROGRAM LITERASI DI KELAS IV SEKOLAH DASAR

Authors

  • Agung Rimba Kurniawan Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Jambi
  • Faizal Chan Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Jambi
  • Muhammad Abdurrohim Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Jambi
  • Otomius Wanimbo Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Jambi
  • Nindy Hafelia Putri Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Jambi
  • Fradia Mayang Intan Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Jambi
  • Windy Lara S. Samosir

DOI:

https://doi.org/10.26740/eds.v3n2.p31-37

Keywords:

Problematika, Program Literasi

Abstract

Pelaksanaan program literasi sangatlah penting diterapkan oleh sekolah baik sekolah dasar maupun sekolah menengah. Program literasi bertujuan untuk meningkatkan minat baca peserta didik dan meningat Sekolah Dasar merupakan masa anak-anak pada usia emas (golden age) sehingga penting untuk menanamkan nilai-nilai budi pekerti luhur yang bisa diperoleh dari kegiatan membaca. Membaca adalah salah satu aktivitas dalam kegiatan berliterasi, yang merupakan kunci bagi kemajuan pendidikan. Dalam pelaksanaan program
literasi di sekolah tentu saja terdapat banyak kesulitan yang dialami peserta didik atau guru. Maka dari itu penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apa saja permasalahan yang dihadapi oleh guru ataupun peserta didik dalam pelaksanaan program literasi di sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan di SDN 34/I Teratai, kecamatan Muara Bulian, Batanghari. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian deskriptif kualitatif, sumber data yaitu guru wali kelas IV A dan IV B SDN 34/I Teratai, dan teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan teknik snowball sampling dengan teknik pengumpulan data berupa obsevasi, wawancara dan studi dokumentasi.  Dari penelitian ini didapatkan bahwa dalam pelaksanaan program literasi di sekolah, guru di SDN 34/I Teratai mendapatkan kendala yaitu kurangnya partisipasi orang tua peserta didik dalam mendukung kegiatan literasi di sekolah dan kurangnya minat baca oleh peserta didik.

References

<p><br />DAFTAR PUSTAKA<br />Anonim. 2016 . Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Buku Ditjen Dikdasmen Kemdikbud.<br />Antoro, B. (2017). Gerakan Literasi Sekolah dari pucuk hingga akar: sebuah refleksi. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.<br />Dahlan, P. F. U. A. Peningkatan Literasi Peserta didik: Upaya Sukses Gerakan Literasi Sekolah (GLS).<br />Faradina, N. (2017). Pengaruh Program Gerakan Literasi Sekolah terhadap Minat Baca Peserta didik di SD Islam Terpadu Muhammadiyah An-Najah Jatinom Klaten. Hanata Widya, 6(8), 60-69.<br />Faizah, D. U., Sufyadi, S., Anggraini, L., Waluyo, W., Dewayani, S., Muldian, W., &amp; Roosaria, R. (2016). Panduan gerakan literasi sekolah di Sekolah Dasar.<br />Kemendikbud. (2016). Menumbuhkan Budaya Literasi di Sekolah. Buku Saku Gerakan Literasi di Sekolah Ditjen Dikdasmen Kemdikbud.<br />Kurniawan, K. I., Sriasih, S. A. P., &amp; Nurjaya, I. G. (2017). Implementasi Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di SMA Negeri 1 Singaraja. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 7(2).<br />Penulis, T. (2014). Buku Sumber untuk Dosen LPTK: Pembelajaran Literasi di Kelas Awal.<br />Priotritas, U. (2014). Buku Sumber Untuk Dosen LPTK: Pembelajaran Literasi Kelas Awal di LPTK. Jakarta: USAID<br />Teguh, M. (2017). Gerakan literasi sekolah dasar. In Prosiding Seminar Nasional (Vol. 15, pp. 18-26).</p>

Published

2022-12-25
Abstract views: 20376 , PDF Downloads: 17581