PENGEMBANGAN BUKU AJAR TEORI DAN PRAKTEK PENCAK SILAT UNTUK MAHASISWA IKIP BUDI UTOMO MALANG

Authors

  • Amjad Elfarabi Ikip Budi Utomo Malang

DOI:

https://doi.org/10.26740/jossae.v1n1.p24-26

Keywords:

development, textbook, pencak silat

Abstract

Pencak silat merupakan salah satu mata kuliah teori dan praktek. Mengingat media dan aktivitas pembelajaran yang menunjang untuk terlaksananya aktivitas perkuliahan yang mengarah pada ketercapaian tujuan pembelajaran belum memadai dan tidak terlalu banyak. Diperlukan kreativitas seorang dosen untuk mengembangkan sumber belajar pencak silat berupa teori dan praktek dalam bentuk buku ajar yang mengarah pada peningkatan kompetensi bidang pencak silat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan buku ajar teori dan praktek pencak silat untuk mahasiswa pendidikan jasmani, kesehatan dan rekreasi yang layak menurut persepsi dosen dan mahasiswa. Dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan Research & Development (R&D) dari Borg & Gall. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis kualitatif dan deskriptif berupa persentase.Hasil pengembangan ini, secara umum termasuk pada kategori baik dengan analisis persentase ahli pembelajaran (83,6 %), ahli kepelatihan (78,4 %), ahli media (84,7 %), dosen pencak silat (88,3 %), uji coba kelompok kecil (79,3 %), uji coba produk i (75,2 %), uji coba produk ii (76,8%), sehingga produk ini dapat digunakan  sebagai sumber belajar dalam proses pembelajaran pencak silat untuk mahasiswa IKIP Budi Utomo Malang.

References

Ardhana, W., 2002. Konsep Penelitian Pengembangan Dalam Bidang Pendidikan dan Pembelajaran. Malang: Universitas Negeri Malang.
Arsyad, A., 2009. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Borg W. R, & Gall M. D.1983. Educational Research: An Introduction. Fourth Edition. New York: Longman.
Depdiknas. 2006. Badan Standar Nasional Pendidikan Standar Isi Menengah Atas/Madrasah Aliyah. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.
Dwiyogo,D, Wasis. 2007. Sistem Penyusunan Bahan Ajar. Malang: Wineka Media.
Dwiyogo,D, Wasis. 2007. Pengembangan Kurikulum Penjas & Olahraga. Malang: Wineka Media.
Kurniawan, W, A. 2006. Pengembangan VCD Instruksional Judo KYU 5 Untuk Pejudo Persatuan Judo Seluruh Indonesia (PJSI) Cabang Malang. Malang: FIP Universitas Negeri Malang.
Putro, E, G. 2007. Pengembangan Buku Ajar Narkoba Untuk Siswa SMA Negeri 5 Malang Kelas X Semester 1. Malang: FIP Universitas Negeri Malang.
Sudjana. 1990. Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Fosdakarya.
Widijoto, H. 2006. Buku Petunjuk Teknis Pengalaman Lapangan Bidang Studi Pendidikan Jasmani. Malang: Universitas Negeri Malang.
Winarno, E, M. 2007. Metodologi Penelitian Dalam Pendidikan Jasmani. Malang: Laboratorium Ilmu Keolahragaan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.
Universitas Negeri Malang, 2000. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Skripsi-Tesis-Desertasi-Artikel-Makalah-Laporan Penelitian, edisi keempat. Malang. Universitas Negeri Malang.

Published

2017-10-17

How to Cite

Elfarabi, A. (2017). PENGEMBANGAN BUKU AJAR TEORI DAN PRAKTEK PENCAK SILAT UNTUK MAHASISWA IKIP BUDI UTOMO MALANG. JOSSAE (Journal of Sport Science and Education), 1(1), 24–26. https://doi.org/10.26740/jossae.v1n1.p24-26

Issue

Section

Articles
Abstract views: 1119 , PDF Downloads: 333 , PDF Downloads: 411 , PDF Downloads: 0