Sport Sciences

Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for JOSSAE : Journal of Sport Science and Education?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

Naskah yang dikirimkan ke redaksi Jurnal JOSSAE akan dipertimbangkan pemuatannya apabila memenuhi kriteria-kriteria sebagai berikut:

  1. Artikel merupakan hasil penelitian maupun kajian teoretis (gagasan konseptual, kajian teori, aplikasi teori) bidang akuntansi.
  2. Naskah yang dikirimkan merupakan naskah yang belum pernah dipublikasikan dalam penerbitan apapun.

Format Penulisan

  1. Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Asing (Inggris) yang memenuhi kaidah-kaidah penulisan bahasa Indonesia atau bahasa Asing yang baik dan benar tidak lebih dari 8 halaman;
  2. Naskah/artikel diketik menggunakan huruf Calibri Judul ukuran 17, author ukuran 11, abstract ukuran 10 (jarak 1 spasi), content ukuran 11 (jarak 1,15 spasi); 
  3. Ukuran kertas A4, dengan jumlah kolom 1 (full) untuk isi naskah dan abstrak, dengan margin atas 3,69 cm, bawah 3 cm, kiri 4 cm, kanan 3 cm;
  4. Naskah atau artikel dikirimkan ke Redaksi Jurnal JOSSAE melalui proses online journal (paperless).

Identitas Penulis

Penulis naskah harus melengkapi:

  1. Nama penulis ditulis tanpa gelar;
  2. Nama dan alamat instansi;
  3. Nomor telepon/handphone dan alamat email.

Abstrak

  1. Abstrak ditulis dalam Bahasa Inggris berisi: judul (dalam huruf kapital), tujuan penelitian, metode, hasil pembahasan dan kesimpulan yang dirangkum secara ringkas dan jelas, tidak lebih dari 200 kata;
  2. Di bawah abstrak bahasa Inggris dicantumkan tidak lebih dari 6 kata kunci (keywords) dan ditulis urut sesuai abjad. Kata kunci merupakan kata yang paling penting dan mencerminkan konsep, serta dapat digunakan untuk membantu akses pencarian makalah.

Penulisan Bab atau Subbab

  1. Sistematika penulisan bab sebagai berikut: Pendahuluan, Kajian Pustaka dan Pengembangan Hipotesis (bila ada), Metode Penelitian, Hasil dan Pembahasan, Simpulan dan Saran, Daftar Pustaka yang ditulis dengan huruf kapital dan cetak tebal;
  2. Penulisan subbab dengan huruf kapital setiap kata;
  3. Penulisan bab dan subbab harus dapat dibedakan dengan jelas. Judul bab dan subbab ditulis dengan angka (1,2,3...dst untuk bab dan 1.1-1.2-1.3,...dst untuk subbab).

Tabel dan Gambar

  1. Tabel dan gambar diberi nomor secara berurutan (1,2,3,...dst);
  2. Judul tavel ditulis di atas tabel, sedangkan judul gambar ditulis di bawah gambar;
  3. Penempatan tabel dan gambar harus berdekatan dengan teks yang mengacunya;
  4. Gambar sebaiknya dimasukkan sebagai format gambar yang mempunyai resolusi tinggi. Hindari penempatan tabel dan gambar sebagai lampiran.

Topik Naskah

  1. Naskah yang dikirimkan ke editor, harus sesuai dengan Lingkup Kebijakan Redaksi Jurnal JOSSAE;
  2. Naskah di luar fokus dan lingkup kebijakan Redaksi Jurnal JOSSAE akan ditolak dan diberitahukan secepatnya ke penulis.

Kepustakaan

Penulisan daftar pustaka mengacu pada Harvard-APA Style yaitu:

  1. Sumber kutipan yang dinyatakan dalam karya ilmiah harus ada dalam Daftar Pustaka, dan sebaliknya.
  2. Daftar pustaka tidak dibagi-bagi menjadi bagian-bagian berdasarkan jenis pustaka, misalnya buku, jurnal, internet dan sebagainya.
  3. Ditulis satu spasi, berurutan secara alfabetis tanpa nomor berdasarkan nama akhir pengarang atau organisasi yang bertanggung jawab. Jika suatu referensi tidak memiliki nama pengarang maka judul referensi digunakan untuk mengurutkan referensi tersebut diantara referensi lain yang tetap diurutkan berdasarkan nama belakang pengarang.
  4. Jika literatur ditulis oleh satu orang, nama penulis ditulis nama belakangnya lebih dulu, kemudian diikuti singkatan (inisial) nama depan dan nama tengah, dilanjutkan penulisan tahun, judul dan identitas lain dari literatur/pustaka yang dirujuk.
  5. Apabila ada beberapa karya yang ditulis oleh pengarang yang sama, urutkan berdasarkan tanggal terbitnya (dimulai dari yang paling lama ke yang paling baru).
  6. Jika seorang pengarang mengeluarkan beberapa karya dalam tahun publikasi yang sama, maka diurutkan berdasarkan huruf kecil yang menyertai tanggal publikasi (contoh: 1988a, 1988b, 1988c, dst.).
  7. Tanggal publikasi dituliskan setelah nama(-nama) pengarang.
  8. Judul referensi dituliskan secara italic, jika daftar pustaka ditulis tangan maka judul digarisbawahi.
  9. Cara penulisan setiap daftar pustaka berbeda-beda, bergantung pada jenis literatur/ pustaka yang menjadi referensi.

Contoh: 

Ali, A., Williams, C., Nicholas, C.W., & Foskett, A. (2007). The influence of carbohydrate-electrolyte ingestion on soccer skill performance. Medicine & Science in Sport & Exercise. 39(11):1969-1976. 

Davison, G.W., McClean, C., Brown, J., Madigan, S., Gamble, D., Trinick, T., Dully, E. (2008). The effects of ingesting a carbohydrate electrolyte beverage 15 minutes prior to high-intensity exercise performance. Research In Sport Medicine.16: 155-66. 

Fox, T.L.E., Bowers, R.W., Foss, M.L. (1993). 5th Edition The Physiological Basis for Exercise and Sport. USA: WCB Brown & Benchmark Publishers. 



 

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. Naskah merupakan naskah asli (original) dan belum pernah dipublikasikan di jurnal manapun
  2. Naskah harus berasal dari kegiatan kajian ilmiah dan penelitian, observasi, maupun studi komparatif
  3. Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia dengan baik, benar dan sistematis
  4. Naskah harus ditulis dengan sistematika penulisan, sesuai dengan petunjuk penulisan naskah Jurnal JOSSAE (lihat Petunjuk Penulis)
  5. Judul harus sesuai topik  Jurnal JOSSAE, yakni spesifik, jelas, ringkas, informatif, menggambarkan substansi atau isi dari tulusan dan dapat menggugah rasa untuk membaca, diketik dengan huruf kapital, font Calibri, ukuran 17;
  6. Nama penulis ditampilkan dengan jelas dan lengkap (tanpa menyebutkan  gelar), nama asli/bukan samaran. Penulis yang lebih dari satu harus dipisahkan dengan tanda koma
  7. Naskah diseleksi oleh Dewan Redaksi. Jika dianggap perlu, naskah akan disunting melalui konsultasi dengan penulisnya, setelah itu diterbitkan
 

Copyright Notice

PERNYATAAN HAK CIPTA

Naskah yang diserahkan penulis haruslah sebuah karya yang tidak melanggar hak cipta (copyright) yang ada. Naskah yang dimasukkan harus naskah orisinil dan belum pernah dimuat di terbitan manapun. Segala hak yang tercantum pada diri penulis, melekat pada pengelola jurnal untuk mengedit, mengupload, dan mempublikasikan naskah kepada khalayak umum.

 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.