Analisis Pemahaman Konsep Peserta Didik Reflektif Terhadap Soal Cerita Matematika Aritmatika Sosial Berdasarkan Teori APOS
DOI:
https://doi.org/10.26740/jimes.v2n1.p10-19Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman konsep peserta didik bergaya kognitif reflektif terhadap soal cerita matematika Aritmatika Sosial berdasarkan Teori APOS. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitin ini adalah peserta didik kelas VII B semester genap Tahun Pelajaran 2019/2020 di SMP Brawijaya Smart Shcool Malang dan sudah mendapatkan materi Aritmatika Sosial dengan jumlah peserta didik adalah 31 orang. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan terdapat tiga subjek yang memiliki gaya kognitif reflektif dan dianalisis jawabannya untuk mengetahui pemahaman konsep peserta didik terhadap materi Aritmatika Sosial. Ketiga subjek tersebut mampu mencapai tahap aksi di soal nomor 1 sampai nomor 3 dengan baik sesuai tahapan Teori APOS. Pada tahap proses, ketiga subjek mampu memahaminya di soal nomor 1 dan 2, sedangkan soal nomor 3 dan 4 tidak dapat dilalui dengan baik karena terdapat kekurangan dalam pemahaman mereka. Hal ini berlaku juga pada tahap objek dan skema. Dari ketiga subjek menunjukkan bahwa subjek dengan kemampuan sedang, pemahamannya lebih cenderung seperti subjek dengan kemampuan rendah.
Kata Kunci : Pemahaman Konsep, Teori APOS, Kognitif Reflektif
References
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section

