Analisis Pemahaman Konsep Peserta Didik Reflektif Terhadap Soal Cerita Matematika Aritmatika Sosial Berdasarkan Teori APOS
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman konsep peserta didik bergaya kognitif reflektif terhadap soal cerita matematika Aritmatika Sosial berdasarkan Teori APOS. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitin ini adalah peserta didik kelas VII B semester genap Tahun Pelajaran 2019/2020 di SMP Brawijaya Smart Shcool Malang dan sudah mendapatkan materi Aritmatika Sosial dengan jumlah peserta didik adalah 31 orang. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan terdapat tiga subjek yang memiliki gaya kognitif reflektif dan dianalisis jawabannya untuk mengetahui pemahaman konsep peserta didik terhadap materi Aritmatika Sosial. Ketiga subjek tersebut mampu mencapai tahap aksi di soal nomor 1 sampai nomor 3 dengan baik sesuai tahapan Teori APOS. Pada tahap proses, ketiga subjek mampu memahaminya di soal nomor 1 dan 2, sedangkan soal nomor 3 dan 4 tidak dapat dilalui dengan baik karena terdapat kekurangan dalam pemahaman mereka. Hal ini berlaku juga pada tahap objek dan skema. Dari ketiga subjek menunjukkan bahwa subjek dengan kemampuan sedang, pemahamannya lebih cenderung seperti subjek dengan kemampuan rendah.
Kata Kunci : Pemahaman Konsep, Teori APOS, Kognitif Reflektif
References
Additional Files
Published
Issue
Section
License
JIMES: Journal of the Indonesian Mathematics Education Society (JIMES) is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
JIMES is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited.
This means:
- Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in Counse-edu Journal in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of JIMES are required to cite the original source, including the author's names, JIMES as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI);
- Authors grant JIMES the right of first publication. Although authors remain the copyright owner.
Privacy Statement
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party. JIMES allow the author(s) to hold the copyright and to retain publishing rights without restrictions.