Pengaruh Social Media Marketing dan Brand Awareness terhadap Niat Beli Produk KFC di Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.26740/jim.v10n4.p1098-1108%20Kata Kunci:
brand awareness, fast food restaurants, purchase intention, social media marketingAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh social media marketing dan brand awareness terhadap niat beli produk KFC di Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan jumlah responden sebanyak 200 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang disebarkan melalui media sosial whatsapp dan instagram. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan software spss untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa social media marketing dan brand awareness memiliki pengaruh posisional terhadap niat beli produk KFC di Surabaya. Sosial media marketing dan brand awareness juga secara simultan mempengaruhi niat beli produk KFC di Surabaya. Berdasarkan hasil tersebut, KFC Indonesia disarankan untuk lebih mengoptimalkan pemasaran melalui media sosial pada semua produk secara efektif.
Referensi
Aaker, D. A. (1991). Managing Brand Equity: Capitalizing on The Value of A Brand Name. California: Jossey Bass Publisher.
Amenan, A. (2020). Imbas WFH, Penggunaan Internet di Jatim Naik 13%. (https://www.google.com/amp/s/www.beritasatu.com/amp/ekonomi/616435/imbas-wfh-penggunaan-internet-di-jatim-naik-13, diakses pada 20 Agustus 2022).
Avisena, M. I. R. (2021). Ekonomi Indonesia Tumbuh -0,74% di Triwulan I 2021. (https://m.mediaindonesia.com/ekonomi/403180/ekonomi-indonesia-tumbuh-074-di-triwulan-i-2021, diakses pada 12 November 2021).
Creswell, J. W. (2012). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Damaledo, Y. D. (2021). 2 Maret 2020 Kasus Corona Pertama di Indonesia Diumumkan Tahun Lalu. (https://tirto.id/2-maret-2020-kasus-corona-pertama-di-indonesia-diumumkan-tahun-lalu-gaKw, diakses pada 1 Oktober 2021).
Engel James F., Blackwell, R., & Miniard, P. (1995). Consumer Behaviour. New Jersey: The Dryden Press.
Evans, D., & McKee, J. (2013). Social Media Marketing: The Next Generation of Business Engagement. Toronto: John Wiley & Sons, Inc.
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23 (8th ed.). Semarang: Universitas Diponegoro.
Ghozali, I. (2017). Ekonometrika Teori, Konsep, dan Aplikasi dengan IBM SPSS 24. Semarang: Universitas Diponegoro.
Gunelius, S. (2011). 30 Minute Social Media Marketing. New York: McGraw Hill.
Howard, J. A., & Seth, J. N. (1969). The Theory of Buyer Behavior. New York: John Willey & Sons, Inc.
Ibnu. (2016). Anak-Anak Pengguna Internet Terus Bertambah. (https://www.kominfo.go.id/index.php/content/detail/6744/Anak-Anak+Pengguna+Internet+Terus+Bertambah/0/sorotan_media, diakses pada 20 Agustus 2022).
Instagram.com. (2021). KFC Indonesia. (https://instagram.com/kfcindonesia, diakses pada 23 November 2021).
Kfcku.com. (2021). Penghargaan. (https://kfcku.com/penghargaan, diakses pada 23 November 2021).
Kfcku.com. (2021). KFC. (https://www.kfcku.com, diakses pada 24 November 2021).
Kotler, P., & Amstrong, G. (2001). Principles of Marketing (9th ed.). New Jersey: Prentice Hall.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran (Ed.; 13th ed.). Jakarta: Erlangga.
Kurniaputri, M. (2019). Ini 5 Alasan Kenapa Ayam Goreng KFC Renyah dan Bikin Nagih. (https://food.detik.com/info-kuliner/d-4683040/ini-5-alasan-kenapa-ayam-goreng-kfc-renyah-dan-bikin-nagih, diakses pada 23 November 2021).
Lacap, J. P. G. (2021). Social Media Use and Purchase Intention: The Mediating Roles of Perceived Risk and Trust Entrepreneurship View project. Journal of Marketing Advance and Practices, 3(2). https://www.researchgate.net/publication/353399897
News Detik. (2021). PPKM Berlaku Mulai 11 Januari, pemerintah Segera Umumkan Aturan Perjalanan. (https://news.detik.com/berita/d-5324917/ppkm-berlaku-mulai-11-januari-pemerintah-segera-umumkan-aturan-perjalanan, diakses pada 1 Oktober 2021).
Pratama, A. (2021). Dulu Untung Kini KFC Rugi Rp61 Miliar di Kuartal I-2021. (https://economy.okezone.com/amp/2021/07/02/278/2434295/dulu-untung-kini-kfc-rugi-rp61-miliar-di-kuartal-i-2021, diakses pada 22 November 2021).
Rangkuti, F. (2004). The Power of Brand: Teknik Mengelola Brand Equity. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Riyanto, A. D. (2021). Hootsuite (We are Social): Indonesian Digital Report 2021. (https://andi.link/hootsuite-we-are-social-indonesian-digital-report-2021/, diakses pada 26 Desember 2021).
Schiffman, L. G., & Kanuk, L. L. (2008). Perilaku Konsumen (7th ed.). Jakarta: PT. Indeks.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
Suprapto, W., Hartono, K., & Bendjeroua, H. (2020). Social Media Advertising and Consumer Perception on Purchase Intention. SHS Web of Conferences, 76, 01055. https://doi.org/10.1051/shsconf/20207601055
Tjiptono, F. (2005). Pemasaran Jasa. Malang: Bayu Media Publishing.
Vinta. (2021). Fakta-fakta Terkait PPKM Level 4. (https://m.rri.co.id/humaniora/info-publik//1120709/fakta-fakta-terkait-aturan-ppkm-level-4, diakses pada 1 Oktober 2021).
Widarti, P. (2021). Dampak PPKM, Omset Kafe dan Restoran Surabaya Anjlok Hingga 60 persen. (https://m.bisnis.com/amp/read/20210122/532/1346642/dampak-ppkm-omset-kafe-dan-restoran-surabaya-anjlok-hingga-60-persen, diakses pada 2 Oktober 2021).
Youtube.com. (2021). kfcindonesia. (https://www.youtube.com/kfcindonesia, diakses pada 26 Desember 2021).
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Abstract views: 3746
,
PDF Downloads: 9735







