PENGARUH KONSEP DIRI, KEMANDIRIAN, MOTIVASI DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI DI KABUPATEN GRESIK

Main Article Content

Tri Ervina Kristi Wiyani

Abstract

This study aimed to determine the effects of self-concept, self-reliance, motivation and learning environment for economic achievement in grade XI of Social class of all State Senior high schools in Gresik for academic year 2012/2013. Population was 821 students. Sample was 269 students selected by using sampling technique simple random sampling. Data were collected by questionnaires and documentation methods. The method of analysis in this study was a quantitative analysis, the multiple linear regressions. Results showed there is no partial effect on self-concept to achievement of economic, there is a partial effect on the learning achievement of economic independence, there is a partial effect on the learning achievement of economic motivation, there is no partial effect of learning environment for economic achievement, and there are no simultaneous effect on self-concept, self-reliance, motivation and learning environment on the learning achievement of economic

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Wiyani, T. E. K. (2017). PENGARUH KONSEP DIRI, KEMANDIRIAN, MOTIVASI DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI DI KABUPATEN GRESIK. JURNAL EKONOMI PENDIDIKAN DAN KEWIRAUSAHAAN, 1(2), 130–139. https://doi.org/10.26740/jepk.v1n2.p130-139
Section
Articles

References

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian : suatu pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Budi, Wiyono. Bambang.2003. Hubungan lingkungan belajar, Kebiasaan belajar dan motivasi belajar dengan prestasi belajar. Jurnal Forum Penelitian Vol. 15. No 1 bulan juni.

Dalyono. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Depdiknas. 2006. Kurikulum 2006 Mata Pelajaran Ekonomi Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Depdiknas

Desmita, Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Hamalik, Oemar. 2005. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Hamalik, Oemar. 2011. Perencanaan Pengajaran berdasarkan Pembekalan Baru. Jakarta:Sinar Grafika

Hidayati, Kana & Listyani Endang. 2010. Pengembangan Instrumen Kemandirian Belajar Mahasiswa. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. Tahun 14 Nomor. 1

Dwija, I Wayan. 2008. Hubungan antara Konsep Diri, Motivasi Berprestasi dan Perhatian Orang tua dengan Hasil Belajar Sosisologi pada Siswa Kelas II SMK Unggulan di Kota Amlapura. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Undiksha No.1

Kadir, Abdul. 2011. Pengaruh Perhatian orang tua, Konsep diri, dan Kemandirian belajar terhadap Prestasi Belajar sSswa pada Mata Pelajaran Biologidi SMA Negeri 2 SIGI BIROMARU. Jurnal Biodidaktis, Volume 4, Nomor 2

Kertamuda, Faatchiah. 2008. Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Psikologi Vol. 21 No. 1

Nasrobah, Asep. 2009. Hubungan antara Kemandirian Belajar, Komunikasi interpersonal dan Identitas Sosial dengan Hasil Belajar Agama Islam. Jurnal Teknologi Pendidikan Vol 11 No. 1

Rakhmat, J. 2002. Psikologi Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Rensi dan Luci Rini Sugiarti. 2010. Dukungan Sosial, Konsep Diri, dan Prestasi Belajar Siswa SMP Kristen YSKI Semarang. Jurnal Psikologi Vol.3 No.2

Riduwan, 2006.Belajar Mudah Penelitian Guru, Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung : Alfabeta

Sarwar, Gul Shahzad, Carlos Zerpa, Kristal Hachey, Merielle Simon dan Chistina van Barneveld, 2012. Teaching Practice and Student Motivation that Influence Achievement on Large-Scale Assesment.International Journal of Education. Vol 4 No.3

Saroni, Muhammad. 2006. Manajemen Sekolah.Jogjakarta : Ar Ruzz Media

Suwarno, Wiji. 2006. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jogjakarta: Ar Ruzz Media

Syah, Muhibbin. 2005. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Syah, Muhibbin. 2009. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Tirtarahardja, Umar dan S.L La Sulo. 2005. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Tuu, Tulus. 2004. Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Grasindo

Uno, Hamzah. 2008. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara