PENGEMBANGAN BUKU AJAR ANALISIS LAPORAN KEUANGAN BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING

Main Article Content

Edutivia Mardetini
Dian Eka Amrina

Abstract

Permasalahan yang dirumuskan adalah bagaimanakah validitas, kepratisan, dan efektivitas  buku ajar analisis laporan keungan berbasis problem based learning (berbasis masalah) . Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan tingkat validitas, kepraktisan, dan efektivitas buku ajar analisis laporan keungan berbasis masalah. Jenis penelitian ini yaitu penelitian Research & Development (R&D) oleh Borg & Gall. Populasi dalam penelitian ini seluruh mahasiswa pendidikan ekonomi semester genap tahun akademik 2017-2018. Dengan sampel penelitian yaitu mahasiswa  yang mengikuti mata kuliah analisis laporan keuangan kelas Indralaya yang berjumlah 38 mahasiswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket. Dengan uji kevalidan diperoleh 3,5 dari ahli materi terkategori snagat valid dan 2,89 dari ahli media yang terkategori valid. Kemudian dari uji kepaktisan diperoleh hasil yang menyatakan bahwa bahan ajar ini praktis digunakan untuk memahami materi analisis laporan keuangan. Serta dari uji efektivitas, nilai keefektifan bahan ajar sebesar 0,37 yang termasuk kategori sedang/efektif. Dengan demikian pengembangan buku ajar analisis laporan keuangan berbasis masalah bersifat valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam kegiatan perkuliahan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Mardetini, E., & Amrina, D. E. (2019). PENGEMBANGAN BUKU AJAR ANALISIS LAPORAN KEUANGAN BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING. JURNAL EKONOMI PENDIDIKAN DAN KEWIRAUSAHAAN, 7(2), 111–128. https://doi.org/10.26740/jepk.v7n2.p111-128
Section
Articles