PENGGUNAAN MODUL DIGITAL DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PROGRAM PERCEPATAN SKS KOTA SURABAYA
Main Article Content
Abstract
Program percepatan Sistem Kredit Semester (SKS) memberikan kesempatan bagi para peserta didik dengan kecepatan belajar di atas rata-rata untuk dapat lulus Sekolah Menengah Atas (SMA) dalam jangka waktu dua tahun dan hal ini tentu saja menjadi inovasi terbaru bagi dunia pendidikan di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana pengaruh penggunaan modul digital dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik Program percepatan Sistem Kredit Semester di wilayah Surabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif quasi eksperimen dengan bentuk desain pre eksperimen One Group pre-test post-test. Obyek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial di SMA yang menerapkan program Sistem Kredit Semester dengan total sampel sebanyak 80 peserta didik. Analisis data menggunakan uji t. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan pentingnya penggunaan modul digital pada Sekolah yang menggunakan program SKS. Modul digital dapat membantu peserta didik untuk belajar secara efektif dalam mengejar ketertinggalan materi pelajaran.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Agus, Mikha W. (2013). Statistika Terapan. Konsep dan Aplikasi dalam Penelitian Bidang Pendidikan, Psikologi dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Bayharti, B., Azumar, O. R., Andromeda, A., & Yerimadesi, Y. (2019). Effectiveness of redox and electrochemical cell module based guided discovery learning on critical thinking skills and student learning outcomes of high school. Journal of Physics: Conference Series, 1317(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1317/1/012144
Erick Suryadi, P. G., Agustini, K., & Sugihartini, N. (2019). Pengaruh E-Modul Berbasis Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Videografi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Desain Komunikasi Visual Di Smk Negeri 1 Sukasada. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 7(3), 302. https://doi.org/10.23887/janapati.v7i3.13433
Gupta, T. M., Rana, J., Sharma, S., Agarwal, N., & Kumar, S. (2022). E-learning modules have been an effective tool during COIVD-19 pandemic to manage employee psychosocial issues at IndianOil. Safety and Health at Work, 13, S106. https://doi.org/https://doi.org/ 10.1016/j.shaw.2021.12.1085
Hosseini, S., Peluffo, D., Okoye, K., & Nganji, J. T. (2021). The Impact of Technological Advancements on Educational Innovation (VSI-tei). Computers & Electrical Engineering, 93, 107333. https://doi.org/ https://doi.org/10.1016/j.compeleceng.2021.107333
Mamun, M. A. Al, Lawrie, G., & Wright, T. (2020). Instructional design of scaffolded online learning modules for self-directed and inquiry-based learning environments. Computers & Education, 144, 103695. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.103695
Pham, L. N., & Tin, T. B. (2022). Exploring learner interest in relation to humanistic language teaching materials: A case from Vietnam. System, 105, 102731. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.system.2022. 102731
Prastowo, A. (2011). Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Ar-Ruzz Media.
Senali, M. G., Iranmanesh, M., Ghobakhloo, M., Gengatharen, D., Tseng, M.-L., & Nilsashi, M. (2022). Flipped classroom in business and entrepreneurship education: A systematic review and future research agenda. The International Journal of Management Education, 20(1), 100614. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.ijme.2022.100614
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta, CV.