ANALISIS KEPRIBADIAN DAN PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP NIAT BERWIRAUSAHA MELALUI PERCEIVED BEHAVIOURAL CONTROL

Main Article Content

Erik Susanti
Jaka Nugraha

Abstract

Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) 2020 mengalami kenaikan 1,84% dari data tahun 2019. Diperlukan langkah untuk mengatasinya, yaitu peningkatan SDM dalam menciptakan lapangan pekerjaan atau bisa juga disebut dengan berwirausaha yang dapat dilakukan sejak SMK. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk melihat pengaruh kepribadian dan pendidikan kewirausahaan terhadap niat berwirausaha dengan perceived behavioural control sebagai variabel intervening. Populasi diambil dari siswa kelas XI dan XII jurusan OTKP SMKN 1 Lamongan. Sampel yang digunakan 104 siswa. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif. Model analisis data yang digunakan adalah Structural Modelling-Partial Least Square (SEM-PLS). Output penelitian ini menunjukkan kepribadian, pendidikan kewirausahaan dan perceived behavioural control memperkuat pengaruh terhadap niat berwirausaha, pendidikan kewirausahaan berpengaruh positif terhadap perceived behavioural control. Pendidikan kewirausahaan mampu mempengaruhi secara langsung niat berwirausaha maupun dimediasi oleh Perceived behavioural control. Berdasarkan hasil penelitian, pengaruh pendidikan kewirausahaan lebih signifikan jika melalui mediasi dibandingkan tanpa melalui mediasi, maka hal ini menunjukkan model analisis full mediation.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Susanti, E., & Nugraha, J. (2022). ANALISIS KEPRIBADIAN DAN PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP NIAT BERWIRAUSAHA MELALUI PERCEIVED BEHAVIOURAL CONTROL . JURNAL EKONOMI PENDIDIKAN DAN KEWIRAUSAHAAN, 9(2), 189–206. https://doi.org/10.26740/jepk.v9n2.p189-206
Section
Articles

References

Adnyana, I., & Purnami, N. (2016). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Self Efficacy Dan Locus of Control Pada Niat Berwirausaha. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 5(2), 1160–1188.

Adu, I. N., Boakye, K. O., Suleman, A.-R., & Bingab, B. B. B. (2020). Exploring the factors that mediate the relationship between entrepreneurial education and entrepreneurial intentions among undergraduate students in Ghana. Asia Pacific Journal of Innovation and Entrepreneurship, ahead-of-print. https://doi.org/10.1108/apjie-07-2019-0052

Agusmiati, D., & Wahyudin, A. (2018). Pengaruh Lingkungan Keluarga, Pengetahuan Kewirausahaan, Kepribadian, Dan Motivasi, Terhadap Minat Berwirausaha Dengan Self Efficacy Sebagai Variabel Moderating. Economic Education Analysis Journal, 7(3), 878–893. https://doi.org/10.15294/eeaj.v7i3.28317

Ajike, D., Goodluck, N., Hamed, A., Onyia, V., & Kwarbai, J. (2015). Entrepreneurship Education and Entrepreneurial Intentions: The Role of Theory of Planned Behaviour. International Journal of Advanced Research in Social Engineering and Development Strategies, 3(1), 118–135.

Alfiyan, A. R., Qomaruddin, M., & Alamsyah, D. P. (2019). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dan Dukungan Akademik Terhadap Niat Kewirausahaan Mahasiswa. Jurnal Kajian Ilmiah, 19(2), 175–181.

Anggraeni, D., & Nurcaya, I. (2016). Peran Efikasi Diri Dalam Memediasi Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Niat Berwirausaha. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 5(4), 1224–2453.

Aprilianty, E. (2013). Pengaruh kepribadian wirausaha, pengetahuan kewirausahaan, dan lingkungan terhadap minat berwirausaha siswa SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(3), 311–324. https://doi.org/10.21831/jpv.v2i3.1039

Badan Pusat Statistik. (2020). Badan Pusat Statistik. Keadaan Ketenagakerjaan Indonesia Februari 2020. Berita Resmi Statistik

Badr, N., El-Gharabawy, A., Wahba, M., & A.Bary, A. (2018). The Impact of Entrepreneurship Education on Planned Behavior. The Business and Management Review, 9(4), 213–222.

Cahyono, A. E. (2014). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Melalui Variabel Intervening Teori Perilaku Terencana Terhadap Intensi Berwirausaha Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 2(2), 252–263. http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/equilibrium/article/view/1268/1127

Fornell, C., & Larcker, D. (1994). Structural equation models with unobservable variables and measurement error: Algebra and statistics. Journal of marketing research‏. Advances Methods of Marketing Research, 18(3), 382-388.

Hair, J. F., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2011). PLS-SEM: Indeed a silver bullet. Journal of Marketing Theory and Practice, 19(2), 139–152. https://doi.org/10.2753/MTP1069-6679190202

Henseler, J., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2014). A new criterion for assessing discriminant validity in variance-based structural equation modeling. Journal of the Academy of Marketing Science, 43(1), 115–135. https://doi.org/10.1007/s11747-014-0403-8

Heuer, A., & Kolvereid, L. (2014). Education in entrepreneurship and the theory of planned behaviour. European Journal of Training and Development, 38(6), 506–523. https://doi.org/10.1108/EJTD-02-2013-0019

Hussein, A. S. (2015). Penelitian Bisnis dan Manajemen Menggunakan Partial Least Squares dengan SmartPLS 3.0. Universitas Brawijaya, 1, 1–19. https://doi.org/10.1023/A:1023202519395

Indriyani, L., & Margunani. (2018). Pengaruh Kepribadian, Pendidikan Kewirausahaan, dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha. Economic Education Analysis Journal, 7(3), 848–862.

Karabulut, A. T. (2016). Personality Traits on Entrepreneurial Intention. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 229, 12–21. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2016.07.109

Lavelle, B. A. (2019). Entrepreneurship Education’s Impact on Entrepreneurial Intention Using the Theory of Planned Behavior: Evidence From Chinese Vocational College Students. Entrepreneurship Education and Pedagogy, 0(0), 1–22. https://doi.org/10.1177/2515127419860307

Ma’sumah, N., & Pujianti, A. (2018). Pengaruh Sikap, Norma Subjektif Dan Kontrol Perilaku Persepsian Terhadap Niat Berwirausaha Siswa. Economic Education Analysis Journal, 7(1), 194–207.

Mirawati, N. M., Wardana, I. M., & Sukaatmadja, I. P. G. (2016). Pengaruh Sikap, Norma Subjektif, Dan Persepsi Kontrol Keperilakuan, Terhadap Niat Siswa SMK Di Kota Denpasar Untuk Menjadi Wirausaha. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 7(5), 1981–2010.

Palupi, D., & Santoso, B. H. (2017). An Empirical Study on the Theory of Planned Behavior: the Effect of Gender on Entrepreneurship Intention. Journal of Economics, Business & Accountancy Ventura, 20(1), 71–79. https://doi.org/10.14414/jebav.v20i1.626

Paray, Z. A., & Kumar, S. (2020). Does entrepreneurship education influence entrepreneurial intention among students in HEI’s?: The role of age, gender and degree background. Journal of International Education in Business, 13(1), 55–72. https://doi.org/10.1108/JIEB-02-2019-0009

Prabandari, S. P., & Sholihah, P. I. (2015). The influence of theory of planned behavior and entrepreneurship education towards entrepreneurial intention. Journal of Economics, Business & Accountancy Ventura, 17(3), 385. https://doi.org/10.14414/jebav.v17i3.360

Rifai, A. (2015). Partial Least Square-Structural Equation Modeling (Pls-Sem) Untuk Mengukur Ekspektasi Penggunaan Repositori Lembaga. Jurnal Komunikasi Dan Informasi Perpustakaan, 14(1), 56–65.

Saboor, M. J., & Paracha, A. T. (2020). Entrepreneurial Passion and Intention : Creativity and Perceived Behavioral Control as Mediators. April.

Sifa, F., & Nurkhin, A. (2016). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Lingkungan Keluarga, Dan Self Efficacy Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Smk Program Keahlian Akuntansi. Economic Education Analysis Journal, 5(1), 273–289.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitaif (Sutopo (ed.); Kedua). Alfabeta.

Syarifah, I., Mawardi, M. K., & Iqbal, M. (2020). Pengaruh modal manusia terhadap orientasi pasar dan kinerja UMKM. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 23(1), 69–96. https://doi.org/10.24914/jeb.v23i1.2521

Tulenan, C. B. J. (2018). the Effects of Entrepreneurship Education and Personality Traits on Entrepreneurial Intention Among Iba Students. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(2), 758–767. https://doi.org/10.35794/emba.v6i2.19676

Vamvaka, V., Stoforos, C., Palaskas, T., & Botsaris, C. (2020). Attitude toward entrepreneurship, perceived behavioral control, and entrepreneurial intention: dimensionality, structural relationships, and gender differences. Journal of Innovation and Entrepreneurship, 9(1). https://doi.org/10.1186/s13731-020-0112-0

Yudi Darmawan, I., & Warmika, I. (2016). Pengaruh Norma Subjektif, Personal Attitude, Perceived Behavior Control, Dan Aspek Psikologis Terhadap Minat Wirausaha (Entrepreneurial Intention). E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 5(7), 4660–4689.

Zhang, F., Wei, L., Sun, H., & Tung, L. C. (2019). How entrepreneurial learning impacts one’s intention towards entrepreneurship: A planned behavior approach. Chinese Management Studies, 13(1), 146–170. https://doi.org/10.1108/CMS-06-2018-0556