PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN, LINGKUNGAN KELUARGA, ATTITUDE TOWARDS ENTREPRENEURSHIP TERHADAP INTENSI BERWIRAUSAHA MELALUI SELF EFFICACY

Main Article Content

Vindi Kusuma Wardani
Jaka Nugraha

Abstract

Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) di seluruh jenjang pendidikan mengalami penurunan pada tahun 2020 sebesar 0,01% sampai 0,51%, akan tetapi TPT  tertinnggi berada pada tingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), sehingga dibutuhkan keterampilan berwirausaha. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh diantara pendidikan kewirausahaan, lingkungan keluarga, attitude towards entrepreneurship terhadap intensi berwirausaha dengan self efficacy sebagai mediator. Metode analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS). Jumlah sampel sebanyak 190 responden yang terdiri dari kelas XI dan XII  jurusan Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran yang sedang menempuh mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan SMKN 1 Surabaya. Hasil yang dapat diperoleh dari penelitian ini adalah pendidikan kewirausahaan dan lingkungan keluarga tidak berpengaruh positif signifikan terhadap intensi berwirausaha, attitude towards entrepreneurship dan self efficacy berpengaruh secara positif signifikan, terhadap intensi berwirausaha, pendidikan kewirausahaan berpengaruh positif signifikan terhadap self efficacy, dan self efficacy sebagai mediasi memiliki pengaruh secara signifikan diantara pendidikan kewirausahaan dan intensi berwirausaha. Sehingga diperlukan peningkatan pendidikan dan program kewirausahaan diluar kelas guna meningkatkan intensitas siswa dalam berwirausaha.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Wardani, V. K., & Nugraha, J. (2021). PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN, LINGKUNGAN KELUARGA, ATTITUDE TOWARDS ENTREPRENEURSHIP TERHADAP INTENSI BERWIRAUSAHA MELALUI SELF EFFICACY. JURNAL EKONOMI PENDIDIKAN DAN KEWIRAUSAHAAN, 9(1), 79–100. https://doi.org/10.26740/jepk.v9n1.p79-100
Section
Articles

References

Abbassi, R., & Sta, N. (2019). The Effect of self-esteem, entrepreneurship education, and entrepreneurial tradition of the family on the entrepreneurial intention among students. Journal of Business and Management Research, 12, 235245. http://www.knowledgejournals.com/PDF/191.pdf

Agusmiati, D., & Wahyudin, A. (2019). Pengaruh Lingkungan Keluarga, Pengetahuan Kewirausahaan, Kepribadian, Dan Motivasi, Terhadap Minat Berwirausaha Dengan Self Efficacy Sebagai Variabel Moderating. Economic Education Analysis Journal, 7(3), 878893. https://doi.org/10.15294/eeaj.v7i3.28317

Ajzen, I. (2012). The theory of planned behavior. Handbook of Theories of Social Psychology: Volume 1, January 2012, 438459. https://doi.org/10.4135/9781446249215.n22

Anggraeni, D., & Nurcaya, I. (2016). Peran Efikasi Diri Dalam Memediasi Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Niat Berwirausaha. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 5(4), 241653.

Apiatun, R., & Prajanti, S. D. W. (2019). Peran Self-Efficacy Sebagai Variabel Intervening Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan dan Pengalaman Prakerin Terhadap Kesiapan Berwirausaha. Economic Education Analysis Journal, 8(3), 219. https://doi.org/10.15294/eeaj.v13i2.17051

Ardiyani, N., & Kusuma, A. (2016). Pengaruh Sikap, Pendidikan Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 5(8), 254988.

Aryaningtyas, A. T., & Palupiningtyas, D. (2017). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dan Dukungan Akademik Terhadap Niat Kewirausahaan Mahasiswa (Studi Pada Mahasiswa STIEPARI Semarang). Jurnal Ilmiah Manajemen & Bisnis, 18(2), 140. https://doi.org/10.30596/jimb.v18i2.1398

Badan Pusat Statistik. (2020). Keadaan Ketenagakerjaan Indonesia Februari 2020. Berita Resmi Statistik.

Chin, W. W. (1998). The partial least squares approach for structural equation modeling. Modern Methods for Business Research, April, 295336.

Deliana, M., Rahardjo, K., & Wulida Afriyanti, T. (2019). Influence of Business Education on Entrepreneurial Intention With Feasibility and Entrepreneurial Self-Efficacy As Intervening Variables. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 20(2), 125135. https://doi.org/10.24198/jbm.v20i2.287

Devi, E. A., & Hadi, N. U. (2018). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Dan Peran Orang Tua Terhadap Intensi Berwirausaha Mahasiswa STKIP PGRI Tulungagung. JPEK (Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Kewirausahaan), 2(1), 1. https://doi.org/10.29408/jpek.v2i1.712

Farida, S., & Nurkhin, A. (2016). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Lingkungan Keluarga, Dan Self Efficacy Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Smk Program Keahlian Akuntansi. Economic Education Analysis Journal, 5(1), 273289.

Farooq, M. S. (2018). Modelling the significance of social support and entrepreneurial skills for determining entrepreneurial behaviour of individuals. World Journal of Entrepreneurship, Management and Sustainable Development, 14(3), 242266. https://doi.org/10.1108/wjemsd-12-2017-0096

Fornell, C., & Larcker, D. (1981). Structural equation models with unobservable variables and measurement error: Algebra and statistics. . Journal of Marketing Research, 18(3), 382-388. http://www.jstor.org/stable/3150980

Geladi, P., & Kowalski, B. R. (1986). Thiocyanate and fluoride electrochemical sensors based on nanostructurated metalloporphyrin systems. Journal of Optoelectronics and Advanced Materials, 10(9), 23032306.

Giantari, N. L. P. dea, & Ramantha, I. W. (2019). Pengaruh Motivasi, Lingkungan Keluarga dan Pendidikan Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Jurusan Akuntansi Reguler. E-Jurnal Akuntansi, 28, 1. https://doi.org/10.24843/eja.2019.v28.i01.p01

Hair, Joe F., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2011). PLS-SEM: Indeed a silver bullet. Journal of Marketing Theory and Practice, 19(2), 139152. https://doi.org/10.2753/MTP1069-6679190202

Hair, Joe F., Sarstd, M., Hopkins, L., & G., V. K. (2014). Partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM): An emerging tool in business research. European Business Review, 26(2), 106121. https://doi.org/10.1108/EBR-10-2013-0128

Hair, Joseph F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2010). Multivariate Data Analysis 7th Edition (p. 761). Pearson Prentice Hall.

Haryono, S. & Wardoyo, P. (2013). Structural Equation Modeling (SEM) untuk Penelitian Manajemen. PT Intermedia Personalia Utama Jakarta.

Hattab, H. W. (2014). Impact of Entrepreneurship Education on Entrepreneurial Intentions of University Students in Egypt. Journal of Entrepreneurship, 23(1), 118. https://doi.org/10.1177/0971355713513346

Indriyani, I., & Subowo. (2019). Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha Melalui Self-Efficacy. Economic Education Analysis Journal, 2(1), 1823. https://doi.org/10.15294/eeaj.v8i2.31493

Jaya, I. G. N. M., & Sumertajaya, I. N. (2008). Pemodelan persamaan structural yang sering disebut dengan PLS. Semnas Matematika Dan Pendidikan Matematika, 118132.

Kementerian Koperasi dan UKM. (2020). Menkopukm Minta Perguruan Tinggi Mendirikan Laboratorium Kewirausahaan. 2020. kemenkopukm.go.id/read/menkopukm-minta-perguruan-tinggi-mendirikan-laboratorium-kewirausahaan 1/2

Kementerian Perindustrian Republik Indonesia. (2018). Indonesia Butuh 4 Juta Wirausaha Baru untuk Menjadi Negara Maju. https://kemenperin.go.id/artikel/19926/Indonesia-Butuh-4-Juta-Wirausaha-Baru-untuk-Menjadi-Negara-Maju

Kumar, S., & Das, S. (2019). An extended model of theory of planned behaviour: Entrepreneurial intention, regional institutional infrastructure and perceived gender discrimination in India. Journal of Entrepreneurship in Emerging Economies, 11(3), 369391. https://doi.org/10.1108/JEEE-09-2018-0089

Maharani, A., Widarko, A., & Khalikussabir. (2020). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Motivasi Berprestasi, dan Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Minat Berwirausaha Dengan Self Efficacy Sebagai Variabel Intervening. E Jurnal Riset ManajemenPRODI MANAJEMEN, 09(12), 96111. www.fe.unisma.ac.id

Mahendra, A. M., Djatmika, E. T., & Hermawan, A. (2017). The Effect of Entrepreneurship Education on Entrepreneurial Intention Mediated by Motivation and Attitude among Management Students, State University of Malang, Indonesia. International Education Studies, 10(9), 61. https://doi.org/10.5539/ies.v10n9p61

Majdi, M. Z. (2012). Pengaruh Pembelajaran Kewirausahaan, Internalisasi Nilai Kewirausahaan di Keluarga Dan Motivasi Minat Kewirausahaan. Jurnal Pendidikan, 7(2), 125.

Mugiyatun, & Khafid, M. (2020). Pengaruh Prakerin, Pendidikan Kewirausahaan, dan Lingkungan Keluarga dengan Self Efficacy sebagai Variabel Intervening terhadap Minat Berwirausaha. Economic Education Analysis Journal, 2(1), 1823. https://doi.org/10.15294/eeaj.v9i1.37233

Munawar, A. (2020). the Influence of Entrepreneurial Learning and the Motivation To the Entrepreneurial Interest of Students. 4(3), 78.

Munir, H., Jianfeng, C., & Ramzan, S. (2019). Personality traits and theory of planned behavior comparison of entrepreneurial intentions between an emerging economy and a developing country. International Journal of Entrepreneurial Behaviour and Research, 25(3), 554580. https://doi.org/10.1108/IJEBR-05-2018-0336

Nety Meinawati, Eeng Ahman, & Suwatno. (2018). Pengaruh Latar Belakang Keluarga dan Pendidikan Kewirausahaan terhadap Intensi Berwirausaha melalui Efikasi Diri. Indonesian Journal Of Economics Education, 1(1), 5564. https://doi.org/10.17509/jurnal

Ng, H. S., Hung Kee, D. M., & Khan, M. J. (2019). Effects of personality, education and opportunities on entrepreneurial intentions. Education and Training. https://doi.org/10.1108/ET-02-2019-0040

Niljinda, S., Kirdmalai, N., & Kittilertpaisan, J. (2019). Attitude Towards Entrepreneurship and Entrepreneurial Intention: A Study of Fourth Year Students, Faculty of Management Science, Sakon Nakhon Rajabhat University in the Academic Year of 2017. Review of Integrative Business and Economics Research, 8(1), 126135. https://search.proquest.com/docview/2113236138?accountid=15083

Nugrahaningsih, H. (2018). Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Dengan Efikasi Diri Sebagai Variabel Intervening Pada Mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta. Jurnal Mozaik, X(1), 19.

Oktaviana, V. D., Umami, N., & Program, E. E. (2018). Pengaruh efikasi diri dan kreativitas terhadap intensi berwirausaha pada siswa kelas xi smk negeri 1 pogalan tahun ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 11(2), 8088.

Otache, I., Umar, K., Audu, Y., & Onalo, U. (2019). The effects of entrepreneurship education on students entrepreneurial intentions: A longitudinal approach. Education and Training. https://doi.org/10.1108/ET-01-2019-0005

Owoseni, O. O. (2014). The influence of some personality factors on entrepreneurial intentions. International Journal of Business and Social Science, 5(1), 278284.

Paulina, I., & Wardoyo. (2012). Faktor Pendukung Terhadap Intensi Berwirausaha Pada Mahasiswa. Jurnal Dinamika Manajemen, 3(1), 110. https://doi.org/10.15294/jdm.v3i1.2454

Pratana, N. K., & Margunani. (2019). Pengaruh Sikap Berwirausaha, Norma Subjektif dan Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Intensi Berwirausaha. Economic Education Analysis Journal, 8(2), 537. https://doi.org/10.15294/eeaj.v8i2.31489

Puni, A., Anlesinya, A., & Korsorku, P. D. A. (2018). Entrepreneurial education, self-efficacy and intentions in Sub-Saharan Africa. African Journal of Economic and Management Studies, 9(4), 492511. https://doi.org/10.1108/AJEMS-09-2017-0211

Ridha, R. N., & Wahyu, B. P. (2017). Entrepreneurship intention in agricultural sector of young generation in Indonesia. Asia Pacific Journal of Innovation and Entrepreneurship, 11(1), 7689. https://doi.org/10.1108/apjie-04-2017-022

Ristianto, C. (2019, April 8). Wiranto: Syarat Negara Maju, 14 Persen Warganya Wirausahawan. https://nasional.kompas.com/read/2019/04/08/16592321/wiranto-syarat-negara-maju-14-persen-warganya-wirausahawan.

Sudjarwo, R., Wahyudin, A., & Sudarma, K. (2019). The Role of Self-Efficacy in Mediating the Effect o f Entrepreneurial s Knowledge , Personality and Family Circles Against t he Enterprise s Interest. Journal of Economic Education, 8(1), 6774.

Sugiyono, P. D. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan.

Suharti, L., & Sirine, H. (2012). Faktor-Faktor yang Berpengaruh Terhadap Niat Kewirausahaan (Entrepreneurial Intention). Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 13(2). https://doi.org/10.9744/jmk.13.2.124-134

Suratno, Farida Kohar, Ali Idrus, & Suci Pratiwi. (2020). Pengaruh Lingkungan Keluarga Dan Efikasi Diri Terhadap Motivasi Berwirausaha Serta Dampaknya Terhadap Intensi Berwirausaha Mahasiswa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (Fkip) Universitas Jambi. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 1(4), 318332. https://doi.org/10.31933/jimt.v1i4.120

Suryana. (2013). Kewirausahaan: Kiat dan proses menuju sukses (IV). Salemba Empat.

Tung, L. C. (2011). The Impact of Entrepreneurial Education on Entrepreneurial Intention of Engineering Students in Hong Kong. City University of Hong Kong.

US News & World Report. (2019). Best Countries 2019. https://media.beam.usnews.com/55/57/eb2338c7493eadf38e29db4b8dca/190116-best-countries-overall-rankings-2019.pdf

Widayat, W., & Ni matuzahroh, N. matuzahroh. (2017). Entrepreneurial Attitude and Students Business Start-Up Intention: a Partial Least Square Modeling. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 19(1), 4653. https://doi.org/10.9744/jmk.19.1.46-53

Yanti, A. (2019). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Self Efficacy, Locus of Control dan Karakter Wirausaha Terhadap Minat Berwirausaha. Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 2(2), 268283. https://doi.org/10.30998/prokaluni.v2i0.105

Yusuf, E., & Efendi, R. (2019). International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding Student Entrepreneurial Interests that are influenced by Income Expectations , Entrepreneurship Education , and Self Efficacy. March, 572580.

Zulkosky, K. (2009). Self-Efficacy: A Concept Analysis. Nursing Forum, 44(2), 93102. https://doi.org/10.1111/j.1744-6198.2009.00132.x