PELAKSANAAN PROGRAM JAM UNTUK PENDIDIKAN ANAK DAN MASYARAKAT (JAMU PENAK MAS) DALAM MENUMBUHKAN KEDISIPLINAN BELAJAR DI DESA SUKOANYAR

Authors

  • Rizki Amalia Rachmawati Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jcms.v4n2.p66-76

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan pelaksanaan program Jamu Penak Mas dalam menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kedisiplinan belajar, 2) mendeskirpsikan pandangan masyarakat terhadap pelaksanaan program Jamu Penak Mas, dan 3) mengetahui hubungan pelaksanaan program Jamu Penak Mas terhadap kedisiplinan belajar di desa Sukoanyar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan 80 sampel. Teknik analisis data dalam penelitian ini yakni analisis deskriptif yang disajikan dalam bentuk persentase dan teknik korelasi Product Moment dengan menggunakan SPSS versi 16 dan uji reliabilitas menggunaka Cronbach Alpha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pelaksanaan program Jamu Penak Mas telah mampu menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kedisiplinan belajar dalam kategori tinggi dengan persentase sebesar 85%. 2) Pandangan masyarakat terhadap pelaksanaan program jam untuk pendidikan anak dan masyarakat tergolong sangat baik dengan persentase sebesar 95%. 3) Berdasarkan analisis korelasi Product Moment, didapatkan korelasi sebesar 0.728 dengan taraf signifikansi 1%. Dalam penelitian ini didapatkan rhitung (0.750) > rtabel (0.286) yang berarti terdapat hubungan yang positf dan signifikan antara program Jam untuk Pendidikan Anak dan masyarakat dengan kedisiplinan belajar.
Kata Kunci: Pelaksanaan Program Jamu Penak Mas, Kedisiplinan Belajar.

Downloads

Published

2019-06-15
Abstract views: 159 , PDF Downloads: 183