Pengembangan Sikap Kesetiakawanan Sosial Peserta Didik Oleh Guru PPKn di SMA Negeri 22 Surabaya

Authors

  • Ratna Isnainiatin Universitas Negeri Surabaya
  • Raden Roro Nanik Setyowati Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jcms.v8n2.p1-9

Keywords:

Pengembangan, Kesetiakawanan Sosial, Sikap

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan sikap kesetiakawanan sosial peserta didik oleh guru PPKn di SMA Negeri 22 Surabaya melalui kegiatan berbagi dan makan bersama. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain deskriptif kualitatif. Teori yang digunakan adalah teori perkembangan moral oleh Thomas Lickona dalam menjawab rumusan masalah.  Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan sikap kesetiakawanan sosial peserta didik oleh guru PPKn dilakukan dengan melaksanakan kegiatan berbagi dan makan bersama yang  didalamnya memuat proses moral knowing, moral feeling, dan moral action. Dalam pelaksanaannya, kegiatan tersebut memiliki hambatan berupa berbagai kritikan dari guru-guru lain dan peserta didik, mereka  mengasumsikan kegiatan berbagi dan makan bersama bertolak belakang dengan  materi yang diajarkan dan peserta didik banyak yang merasa keberatan. Oleh karena itu kegiatan tersebut dihentikan sampai saat ini.

References

Anderson, C.A & Bushman, B.J. 2002. Human Aggresion. Annual Reviews Psychology, 53, 27-51.

Anggara, M. N. 2020. Solidaritas Jam'iyah Sholawat Al-Banjari As-Shufyani MA Matholi'ul Anwar Desa Simo Sungelebak Kab. Lamongan. Skripsi.

Dian Apita Sari. 2015. Sejarah Hari Kesetiakawanan Nasional yang Diperingati Setiap 20 Desember. http://malahayati.ac.id/?p=14965. (Diakses pada 05 Februari 2023).

Fitriah, A. R. 2017. Pelaksanaan Sikap Kesetiakawanan Sosial Anak di SMP Negeri 1 Unggul Sukamakmur. Jurnal Studi Penelitian, Riset dan Pengembangan Pendidikan Islam, 05, 31-46.

Fitriyani, Indri. 2021. Implementasi Teori Thomas Lickona Terhadap Problem Ketidak Jujuran. Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi, 94-109.

Hariyanto, Muhsin. 2010. Kesetiakawanan sosial: Persaudaraan Islami atau Antar Muslim (1). (http://eprints.umm.ac.id/2299/1/07.pdf). Diakses 8 Mei 2022

Hariyanto, Muhsin. 2010. Kesetiakawanan sosial: Persaudaraan Islami atau Antar Muslim (1). (http://eprints.umm.ac.id/2299/1/07.pdf). Diakses 05 Februari 2023.

Kemdikbud. (2021). Profil Pelajar Pancasila. https://guru.kemdikbud.go.id/

Koesoema A., Doni. 2007. Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta. PT Gramedia.

Lickona, T. (2012): ducating for Character: Mendidik untuk membentuk karakter, terj. Juma Wadu Wamaungu dan Editor Uyu Wahyuddin dan Suryani. Bumi Aksara

Listyaningsih, M. R. 2019. Pembentukan Sikap Kesetiakawanan Sosial Anggota Palang Merah Remaja di MAN 1 Magetan. Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 07, 948-962.

Listyarti Retno. 2007. Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta : Gelora Aksara Pratama

Listyawati, A. (2018). Budaya Lokal Sebagai Wujud Kesetiakawanan Sosial Masyarakat. Media Informasi Penelitian Kesejahteraan Sosial, 253-261.

Liuk, M. D. Dkk. 2021. . Nilai-Nilai Pancasila untuk Membangun Karakter Kesetiakawanan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia, 01, 20-24.

Mardawani. (2018). Kesetiakawanan Sosial Pada Peserta didik Perkumpulan Masyarakat Dayak Hamo Dirik Lebang Nado (Hadi Ledo) di Kabupaten Sintang. Pekan, 130-145.

Moleong, L. J. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Munir, A. (2010). Pendidikan Karakter. Pedagogia

Nuryanto, M. R. 2014. Studi Tentang Solidaritas Sosial di Desa Modang Kecamatan Kuaro Kabupaten Paser (Kasus Kelompok Buruh Bongkar Muatan. eJournal Konsentrasi Sosiologi, 02, 53-63.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2020 tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan, Pub. L. No. 22 (2020)

Purba, R. (2019). Kesetiakawanan Fans K-pop di Era Digital. Media Informasi Penelitian Kesejahteraan Sosial, 187-194.

Reki. (2020). Korelasi Antara Prestasi Belajar Terhadap Kesetiakawanan Sosial di SMP Negeri 2 Palopo. Pendidikan, 1-47.

Rochmahwati, E. N. (2013). Pesan Nilai Kesetiakawanan Sosial Pada Film Rumah Tanpa Jendela. Publikasi Karya Ilmiah, 1-8.

Selalu.id. 2022. Surabaya Menjadi Urutan Pertama Kasus Kekerasan Terhadap Anak di Jawa Timur.https://selalu.id/news-846-surabaya-menjadi-urutan-pertama-kasus-kekerasan-terhadap-anak-di-jawa-timur-2021 (Januari 2, 2022).

Sudarmini. 2014. Penanaman Nilai Kesetiakawanan Sosial di Sekolah (Studi Kasus di SMP Negeri 26 Surakarta). (http://eprints.ums.ac.id.pdf). Diakses 8 Mei 2022.

Sugiyono, 2018. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Suparman, S. 2019. Pola Pembentukan Solidaritas Sosial dalam Kelompok Sosial Antara Pelajar. Jurnal Pendidikan, 03, 122-126.

Suryani. 2018. Strategi Pelestarian Budaya Lokal dalam Menjaga Kesetiakawanan Sosial. Penelitian Kesejahteraan Sosial, 42, 187-196.

Susilawati, Saleh. 2021. Internalisasi Nilai Pancasila dalam Pembelajaran Melalui Penerapan Profil Pelajar Pancasila Berbantuan Platform Merdeka Mengajar. Jurnal Teknodik, 25, 155-167.

Downloads

Published

2023-07-05

Issue

Section

Articles
Abstract views: 162 , PDF Downloads: 252