Durasi (Duta Literasi) Upaya Tingkatkan Budaya Literasi

Authors

  • Eko Widayani SMPN 40 Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jcms.v7n2.p83-90

Keywords:

Duta, Literasi, Budaya Sekolah

Abstract

Rendahnya tingkat literasi secara nasional maupun didalam budaya sekolah, maka menuntut sekolah untuk menemukan solusi dan inovasi untuk menggerakkan budaya literasi di kalangan peserta didik maupun masyarakat.  Oleh karenanya kepala sekolah harus memiliki sebuah program inovasi.  Salah satu inovasi yang diangkat ialah Duta Literasi atau DURASI, dimana duta literasi ini nantinya akan membantu unit sekolah yaitu perpustakaan untuk meningkatkan partisipasi literasi di kalangan peserta didik terkhusus SMPN 40 Surabaya.  Duta Literasi ini diambil dikarenakan diperlukannya sebuah program literasi yang mampu meningkatkan partisipasi peserta didik, oleh karena itu dengan melibatkan peserta didik dalam salah satu program sekolah sehingga tingkat partisipasi peserta didik meningkat.  Program ini memiliki kelebihan yaitu dekat dengan peserta didik dikarenakan peserta didik akan disosialisasikan dan didorong oleh teman sebaya nya serta dukungan dari sekolah sehingga program ini akan sangat efektif jika diterapkan dan bertujuan untuk meningkatkan partisipasi peserta didik di literasi sekolah.  Penerapan program DURASI ini dapat meningkatkan partisipasi peserta didik dan warga sekolah dimana terdapat 3 karya buku yang telah terbit yang dibuat oleh warga sekolah, peserta didik, dan Komite Sekolah.  Selain itu juga terdapat kumpulan-kumpulan cerpen yang dibuat oleh peserta didik.

References

M., & Muthoharoh, U. N. (2021). Program Literasi Sekolah dalam Meningkatkan Soft Skill Siswa di MA Jabal Noer Taman Sidoarjo. TABYIN: JURNAL PENDIDIKAN ISLAM, 3(01). https://doi.org/10.52166/tabyin.v3i01.122

Abidin, Y., Mulyati, T., & Yunansah, H. (2021). Pembelajaran Literasi: Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca, dan Menulis. Bumi Aksara.

Ardhi, N. I., & Trihantoyo, S. (2021). Pengembangan Self-Assessment Program Gerakan Literasi Sekolah Di Sman 2 Kediri. Jurnal Inspirasi Menajemen Pendidikan, 9(4).

Batubara, H. H., & Ariani, D. N. (2018). IMPLEMENTASI PROGRAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR NEGERI GUGUS SUNGAI MIAI BANJARMASIN. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4(1). https://doi.org/10.30870/jpsd.v4i1.2965

Dewi, Z., & Isnarmi, I. (2019). Penanaman Karakter dalam Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di SMP Negeri 18 Padang. Journal of Civic Education, 1(4). https://doi.org/10.24036/jce.v1i4.322

Faiza, F. N. N., & Sya’bani, M. A. Y. (2020). PENGARUH PROGRAM LITERASI SEKOLAH TERHADAP MINAT BACA PESERTA DIDIK DI SMP MUHAMMADIYAH 7 CERME GRESIK. TAMADDUN, 21(2). https://doi.org/10.30587/tamaddun.v21i2.2116

Handayani, T. U. (2020). Penguatan Budaya Literasi Sebagai Upaya Pembentukan Karakter. Jurnal Literasi, 4(1).

Iva, Z., & Sari, N. (2020). Pengaruh Program Literasi Sekolah Terhadap Motivasi Belajar dan Minat Baca Siswa di SMP Islam Terpadu At-Taqwa Surabaya. Jurnal Manajemen Pendidikan, Volume 08.

Purwanto, N. (2014). Pengantar Pendidikan. Graha Ilmu.

Sari, R., Lestari, S., & Budiarti, M. (2020). Analisis program gerakan literasi sekolah dalam menumbuhkan minat baca. Prosiding Konferensi Ilmiah

Septiary, D., & Sidabutar, M. (2020). Pelaksanaan program gerakan literasi sekolah (GLS) di SD Muhammadiyah Sokonandi. Epistema, 1(1). https://doi.org/10.21831/ep.v1i1.32054

Syamsuri, C. K., M. Hosnan, & Jamaludin, U. (2020). Penanaman Karakter Gemar Membaca Melalui Program LIterasi Sekolah Rakica di SD Negeri Taman Ciruas Permai. JURNAL PENDIDIKAN DASAR NUSANTARA, 6(1). https://doi.org/10.29407/jpdn.v6i1.14424

Triaryanti, H., & Hidayah, N. (2019). IMPLEMENTASI PROGRAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) DITINJAU DARI TAHAP PENGEMBANGAN DI SD UNGGULAN AISYIYAH BANTUL. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 2(1). https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v2i1.817

Widodo, A. (2020). Implementasi Program Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Menengah Pertama (SMP). Tarbawi : Jurnal Ilmu Pendidikan, 16(1). https://doi.org/10.32939/tarbawi.v16i01.496

Wulandari, F., Wulandari, F. E., Febryanti, S. A., & Dewi, E. P. (2021). Penyusunan Program Sekolah Literasi SD/MI Di Kedungbanteng Kecamatan Tanggulangin Sidoarjo. Jurnal ABDINUS : Jurnal Pengabdian Nusantara, 4(2). https://doi.org/10.29407/ja.v4i2.14327

Downloads

Published

2023-04-18

Issue

Section

Articles
Abstract views: 318 , PDF Downloads: 1309