Peran Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga Dalam Pendidikan Anti Kekerasan Dalam Rumah Tangga Di Kota Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.26740/jcms.v7n2.p91-96Kata Kunci:
Peran PPK , Pendidikan, IbuAbstrak
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui peran pemberdayaan kesejahteraan keluarga dalam memberikan pendidikan anti kekerasan dalam rumah tangga pada ibu Di Kecamatan Benowo, Kota Surabaya. Kekerasan merupakan suatu tindakan yang mengakibatkan jatuhnya beberapa korban jiwa. Peran pemberdayaan kesejahteraan keluarga ialah untuk memberikan pendidikan anti kekerasan dalam rumah tangga yang dilakukan dengan cara memberikan pembinaan yang tepat kepada ibu-ibu di Kecamatan Benowo.Penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan wawancara dan penyebaran angket. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan menunjukkan hasil yang terbilang baik pada pelaksanaan pendidikan anti kekerasan dalam rumah tangga pada ibu oleh peran pemberdayaan kesejahteraan keluarga di Kecamatan Benowo Kota Surabaya yang dibuktikan dengan perolehan skor rata-rata 93,75%. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga memiliki peranan yang cukup besar terhadap pemberian wawasan pada ibu dalam mencegah kekerasan dalam rumah tangga di Kecamatan Benowo, Kota Surabaya.
Referensi
Burgin, Burhan. 2005. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Premada Media
Capaldi, D. M., & Owen, L. D. 2001. Physical aggression in a community sample of at-risk young couples: Gender comparisons for high frequency, injury, and fear. Journal of Family Psychology, 15(3), 425-440.
Devries et.al .2013. The global prevalence of intimate partner violence against women. Science, 340(6140), 1527-1528.
Fatmawati, T. Y.,&Sari, M T.(2018). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Tentang Kekerasan Dalam Rumah Tangga (Kdrt) Terhadap Pengetahuan Keluarga Tentang Kdrt. Jurnal Endurance, 03, 547-555.
Handayani, Trisakti. 2012. Peran Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Di Kota Malang : Dalam Perspektif Kajian Budaya. Malang
:Universitas Muhammadiyah Malang
Jatiningsih, Oksiana Listyaningsih dan Anik Andayani. 2012. Penguatan Fungsi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Di Pedesaan Dalam Pendidikan Gender Untuk Menyiapkan Karakter Anak Menuju Kehidupan Demokratis Di Era Globalisasi. Surabaya :Universitas Negeri Surabaya
Liliweri, Alo. 2011. Komunikasi Serba Ada Serba Makna, (Jakarta: Prenada Media Group), 128.
Prantiasih, A.,Yuhdi, M., &Awaliyah, Y. S. (2015). Model Perlindungan Hak Perempuan Korban Tindak Kekerasan Dalam Rumah Tangga. Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan,15-19.
Santoso, Thomas. 2002. Teori-Teori Kekerasan. Jakarta: Ghalia Indonesia Sarwono.
Shalfiah, Ramandita. 2013. Peran Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dalam Mendukung Progam – Progam Pemerintah Kota Bontang. Bontang :Universitas Mulawarman
Wahyu A. W.(2015).Peran Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Dalam Pendidikan Anti Kekerasan Dalam Rumah Tang ga Pada Ibu Di Kelurahan Ketintang, Kecamatan Gayungan, Kota Surabaya.Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 02, 861-876.
Widom, C. S., Czaja, S. J., & Dutton, M. A. 2014. Childhood victimization and lifetime revictimization. Child Abuse & Neglect, 38(4), 650-666.
World Health Organization. (2010). Global status report on alcohol and health. World Health Organization.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Journal of Civics and Moral Studies
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.