PENGUATAN MODAL SOSIAL UMKM BATIK JETIS SIDOARJO DALAM MEMPERTAHANKAN USAHA DI ERA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Dania Dyah Fitrawan Universitas Negeri Surabaya
  • Maya Mustika Kartika Sari Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jcms.v6n2.p32-46

Keywords:

Modal Sosial, Pengrajin Batik Jetis, Pandemi Covid-19

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penguatan modal sosial yang terjadi pada UMKM Batik Jetis Sidoarjo dalam mempertahankan usaha di era pandemi Covid-19. Fokus penelitian terletak pada aspek modal sosial yang ditinjau berdasarkan teori modal sosial Putnam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengambilan sumber data penelitian menggunakan teknik snowball sampling, Sumber data berasal dari enam informan pengrajin batik Jetis. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis secara kualitatif dengan menggunakan analisis interaktif Miles dan Huberman melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bonding social capital yang terwujud dalam memaksimalkan ikatan kekeluargaan dan kekerabatan. Sementara bridging social capial ditemukan dengan munculnya hubungan kemitraan dengan pemasok dan tengkulak. Pengrajin batik Jetis juga mengembangkan relasi dalam Paguyuban Batik Sidoarjo. Beberapa upaya yang dilakukan oleh pengrajin batik Jetis yaitu: memanfaatan bantuan saudara dan pemerintah dalam mengatasi masalah permodalan, mendapat dukungan anggota keluarga dalam pembagian kerja, mengurangi jumlah karyawan dan hasil produksi, menjalin kerjasama dengan pemasok untuk dapat melakukan pinjaman bahan baku dan memberi pinjaman stok hasil produksi kepada tengkulak, saling bertukar informasi antar anggota PBS, melakukan pemasaran produk batik melalui toko dan secara online, dan aktif bekerjasama dengan pemerintah dalam mempromosikan hasil produk batik khas Sidoarjo melalui acara kepemudaan.

References

Ciamotti, Massimo & Palazi, F. 2015. Social Capital and SMEs: An Exploratory Case Study. Journal of International Business and Economics. 15(2), 53-64

Creswell, John W. 2019. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Sidoarjo. 2021. https://diskopda.sidoarjokab.go.id/ . Diakses pada 23 November 2021

Dwiningrum, S. I. A. 2014. Modal Sosial dalam Pengembangan Pendidikan (Perspektif Teori dan Praktik). Yogyakarta: UNY Press

Fatimah, Dati. dkk. 2020. Ora Obah, Ora Mamah: Studi Kasus Gender pada Sektor Informal di Masa Pandemi COVID-19. Yogyakarta: Friedrich-Ebert-Stiftung (FES) Kantor Perwakilan Indonesia

Field, John. 2018. Modal Sosial. Yogyakarta: Kreasi Wacana

Hasbullah, Jousairi. 2006. Social Capital: Menuju Keunggulan Budaya Manusia Indonesia. Jakarta: MR-United Press

Jamaluddin, N., La Ola, T., dan Limi, M. A. 2019. The Effect of Social Capital on Decision Making for Welfare of Micro Business Women in Korem Kendari Market. Buletin Penelitian Sosial Ekonomi Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Haluoleo, 21 (1): 1-8.doi: http://dx.doi.org/10.33772/bpsosekv21i1.5940.

Junaidi, M. A. 2020. Pemberdayaan UMKM Batik Tulis di Kampoeng Batik Jetis oleh Dinas Koperasi Dan Usaha Mikro Kabupaten Sidoarjo. Doctoral dissertation. Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.

Lawang, R. M. Z. 2004. Kapital Sosial dalam perspektif Sosiologik. Jakarta: Fisip UI Press.

Lian T. W., 2008. Social Capital and Business Transformation in Asia. Report of the APO Basic Research XII on Social Capital and Its Impact on Productivity (Phase II).

Nazir, Moh. 2005. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Neuman, W. L. 2019. Metodologi Penelitian Sosial: Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jakarta: PT Indeks

OECD. 2020. SME Policy Responses. https://read. oecdilibrary.org/view/?ref=119_119680d6h3qgi4x&title=Covid19_SME_Policy_Responses. Diunduh 18 November 2021

Pakpahan, A. K. 2020. Covid-19 dan implikasi bagi usaha mikro, kecil, dan menengah. Jurnal Ilmiah Hubungan Internasional, 59-64.

Pamungkas, L. S., & Sunaryoto, L. T. 2019. Analysis of The Social Capital Ownership Impact Against the Sustainability of Small Industry in Niswa’s Restaurant. Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian, 15(1), 71–80.

Putnam, Robert. 1993. Making Democracy Work: Civic Traditions in Modern Italy. Princeton University Press

Putnam, Robert. 2000. Bowling Alone: The Collapse and Revival of American Community. New York: Simon and Schurster

Putnam, Robert. 2002. Bowling Together, American Prospect,13,2,.http://www.prospect.org/print/V13/3/putnam-r.html. Diakses pada 20 September 2021

Ramdlaningrum, H., Armintasari, F., Aidha, C. N., & Ningrum, D. R. 2020. Dampak Covid19 Terhadap UMKM Perempuan. Majalah, 26-30

Redzepagic, D., & Stibb, P. 2006. Rethinking Clusters And Social Capital In Croatia. In European Association for Comparative Economics Studies (EACES) 9th Bi-Annual Conference: Development Strategies-A Comparative View.

Sanjaya, T. A. F. 2021. Analisis Manajemen Strategi Dan Ketahanan Umkm Di Sidoarjo Dalam Menghadapi Pandemi Covid-19. Doctoral Dissertation. Upn Veteran Jawa Timur.

Statistik, B. P. 2020. Analisis Hasil Survei Dampak Covid-19 Terhadap Pelaku Usaha. BP Indonesia, Analisis Hasil Survei Dampak Covid-19 terhadap Pelaku Usaha, 5.

Statistik, B. P. 2020. Hasil survei sosial demografi dampak covid-19. Badan Pusat Statistik.

Syahra, R. 2003. Modal sosial: Konsep dan aplikasi. Jurnal Masyarakat dan Budaya, 5(1), 1-22.

Usman, S. 2018. Modal Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

2022-07-01

Issue

Section

Articles
Abstract views: 416 , PDF Downloads: 362