Peran Guru dalam Mengatasi Tindakan School Bullying Sebagai Upaya Mewujudkan Sekolah Ramah Anak di SMP Negeri 2 Wates Kab. Kediri

Authors

  • Salsa Yamada Universitas Negeri Surabaya
  • Rr. Nanik Setyowati Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jcms.v7n1.p30-43

Keywords:

Peran guru, Tindakan, School Bullying

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskirpsikan peran guru dalam mengatasi tindakan school bullying sebagai upaya untuk mewujudkan sekolah ramah anak di SMP Negeri 2 Wates serta hambatan yang dialami. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tugas dan peran guru dalam mengatasi tindakan school bullying yang terjadi untuk dapat mewujudkan sekolah ramah anak. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori peran oleh Biddle dan Thomas, peran mempunyai arti perangkat tingkah yang diharapkan dimiliki oleh orang yang berkedudukan di masyarakat. Metode pada penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dalam penelitian ini menunjukan peran guru dalam mengatasi tindakan school bullying yang terjadi di SMP Negeri 2 Wates yaitu perencanaan kebijakan dalam mengatasi tindakan school bullying, mengetahui akar permasalahan terjadinya tindakan school bullying, memberikan hukuman, membuat kelompok belajar, memberikan himbauan kepada siswa yang melakukan tindakan school bullying dan siswa lainnya, memberikan layanan BK, memberikan penghargaan atau reward, memberikan program “say stop school bullying”, melakukan pengawasan atau monitoring, dan mewujudkan sekolah ramah anak. Hambatan yang dialami yaitu kesulitan dalam mengontrol tindakan siswa di luar lingkungan sekolah.

References

Airlangga, Dhiva. 2015. Sosialisasi Tentang Pengetahuan Keagamaan Oleh Orang Tua Beda Agama Kepada Anaknya. Jurnal Sosial Politik. Vol.1(2), 1-24.

Ati, Nonz. 2018. Merah Putih Indonesiaku. Bitread Publishing.

Blanco, Jodee. 2012. Bencana Sekolah. Terjemahan: Ida Rosdalina. Ciputat: PT Pustaka Alvabet Anggota IKAPI.

Budhi, Setia. 2018. Kill Bullying Hentikan Kekerasan di Sekolah. Banjarmasin.

Cahyani, Lia. 2021. Bullying dan Perubahan Perilaku Anak. Jakarta: Tempo Publishing.

Chrysan, Evita Monica. 2020. Penerapan Sanksi Tindakan Anak yang Melakukan Bullying Dalam Perspektif Sistem Peradilan Pidana Anak. Jurnal Hukum Magnum Opus. Vol.3(2), 162-172.

Hatta, Muhammad. 2017. Tindakan Perundungan (Bullying) Dalam Dunia Pendidikan Ditinjau Berdasarkan Hukum Pidana Islam. Jurnal Pendidikan. Vol. XLI(II), 280-301.

Kurnia, Imas. 2016. Bullying. Yogyakarta: Relasi Inti Media.

Musanna Al. 2017. Indigenisasi Pendidikan: Rasionalitas Revitalisasi Praksis Pendidikan Ki Hadjar Dewantara. Jurnal Pendidikan. Vol.2(1), 117- 133.

Prabowo, Aan, dan Heriyono, S.Sos., M.IM. 2013. Analisis Pemanfaatan Buku Elektronik oleh Pemustaka di Perpustakaan SMAN 1 Semarang. Jurnal Ilmu Perpustakaan. Vol.2(2), 1-9.

Priyatna, Andi. 2010. Let’s Ending Bullying: Memahami, Mencegah, dan Mengatasi Bullying. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Ramlah, 2018. Pentingnya Layanan Bimbingan Konseling Bagi Peserta Didik. Jurnal Al-Mau’Izhah. Vol.1(1), 23-24.

Riani. 2021. Pentingnya Dukungan Untuk Korban Bullying. Jakarta: Pustaka Taman Ilmu.

Ruane, M Janet. 2021. Statistik Deskriptif: Mengubah Penampilan. Terjemahan: M Shodiq Mustika. Nusamedia.

Sarwono, Sarlito W. 2015. Teori-teori Psikologi Sosial.

PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Senowarsito. 2016. Implementasi Pendidikan Ramah Anak Dalam Konteks Membangun Karakter Siswa di Sekolah Dasar Negeri Kota Semarang. Jurnal Pendidikan. Vol.1(2), 1-15.

Sutami, Beny, dkk. 2020. Implementasi Program Sekolah Ramah Anak Dalam Mewujudkan Kota Layak Anak di Kota Batu. Jurnal Pendidikan. Vol. 10(1), 101-112.

Tim Yayasan Semai Jiwa Amini (SEJIWA). 2008. BULLYING: Mengatasi Kekerasan di Sekolah dan Lingkungan Sekitar Anak. Jakarta: PT Gasindo.

Undang-Undang No.20 Tahun 2003 Pasal 3 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Viktoria, Wiwit, Salasatun Mahmudah, dan Rizka Meida Ambarwati. 2015. Fenomena School Bullying yang Tak Berujung. Jurnal Pendidikan.Vol. 1(2), 110-122.

Winarni Indah. 2016. Eksplorasi Fenomena Korban Bullying Pada Kesehatan Jiwa Remaja Di Pesantren. Jurnal Keperawatan. Vol.4(2), 99-113.

Wiyani, Novan Andy. 2012. Save Our Children From School Bullying. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Wuryandani, Wuri. 2018. Implementasi Pemenuhan Hak Anak Melalui Sekolah Ramah Anak. Jurnal Pendidikan. Vol. 15(1), 86-94.

Yestiani, Dea Kiki. 2020. Peran Guru Dalam Pembelajaran Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar. Vol.4(1), 41-47.

Yosada, Kardius Richi. 2019. Menciptakan Sekolah Ramah Anak. Jurnal Pendidikan Dasar. Vol.5(2), 145-154.

Yuli Sectio. 2015. Pendidikan: Hakekat, Tujuan, dan Proses. Jurnal Pendidikan. Vol.1(2), 76-87.

Yuliani, Wiwin. 2018. Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif dalam Perspektif Bimbingan Konseling. Jurnal Literasi. Vol. 2(2), 112-122.

Zaini, Rifnon. 2014. Studi Atas Pemikiran B.F Skinner Tentang Belajar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar. Vol.1(1), 118-129.

Downloads

Published

2023-04-18

Issue

Section

Articles
Abstract views: 1269 , PDF Downloads: 1029