IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBENTUKAN AKHLAK RELIGIUS SISWA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 MAGETAN

Penulis

  • Eryka Tri Nopitasari Universitas Negeri Surabaya
  • Raden Roro Nanik Setyowati Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jcms.v6n2.p1-16

Kata Kunci:

Implementasi, Pendidikan Karakter, Akhlak Religius, Budaya Sekolah

Abstrak

Penelitian ini mengungkapkan tentang implementasi pendidikan karakter dalam membentuk akhlak religius siswa di MAN 1 Magetan yang merupakan salah satu lembaga pendidikan formal berbasis agama Islam di Kabupaten Magetan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter dalam membentuk akhlak religius siswa di MAN 1 Magetan beserta kendala yang terjadi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori pendidikan karakter Thomas Lickona. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan desain penelitian studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendidikan karakter dalam membentuk akhlak religius siswa di MAN 1 Magetan dilaksanakan berdasarkan pada visi misi sekolah yang terlaksana dalam budaya sekolah. Dimana budaya sekolah di MAN 1 Magetan tergolong menjadi dua yaitu, (1) budaya sekolah yang berasal dari kegiatan rutin di Pondok Pesantren Sabilil Muttaqien, (2) budaya sekolah yang berasal dari peraturan pihak sekolah. Berbagai budaya sekolah MAN 1 Magetan tersebut sesuai dengan tiga komponen pokok pendidikan karakter yang dikemukakan oleh Thomas Lickona. Dimana budaya sekolah berupa kultum, ta’lim, dan muqadarah sesuai dengan dengan unsur moral knowing. Sedangkan kegiatan dzikir Al-Ma’surat, pelaksanaan zakat fitrah, dan penyaluran hewan qurban sesuai dengan unsur moral feeling. Kemudian kegiatan mujahadah, sholat dhuha dan dhuhur berjamaah, tadarus dan tartil Al-Qur’an sesuai dengan unsur moral action. Adapun kendala yang terjadi dalam mengimplementasikan pendidikan karakter dalam membentuk akhlak mulia religius siswa berasal dari siswa yaitu perbedaaan karakter seperti sifat malas dan tidak patuh siswa terhadap budaya sekolah disamping berasal dari pihak sekolah yaitu kurangnya sarana dan prasarana yang mendukung.

Referensi

Abdilah Asep dan Isop Syafei. 2020. Implementasi Pendidikan Karakter Religius di SMP Hikmah Teladan Bandung. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 17 (1), 17-30.

Akhwan, Muzhoffar. 2014. Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasinya Dalam Pembelajaran di Sekolah/Madrasah. EL-TARBAWI, 7(1), 61-67.

Azmi, Ulul. 2018. Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Budaya Religius di Madrasah. Jurnal Mahsuni, 1(1), 1-12.

Bahri, Saiful. 2015. Implementasi Pendidikan Karakter dalam Mengatasi Krisis Moral di Sekolah. Ta’allum, 3(1), 57-76.

Dalmeri. 2014. Pendidikan untuk Pengembangan Karakter (Telaah terhadap Gagasan Thomas Lickona dalam Educating for Character). Al-Ulum, 14(1), 269-288.

Damariswara, Rian dkk. 2021. Penyuluhan Pendidikan Karakter Adaptasi Thomas Lickona di SDN Gayam 3. Dedikasi Nusantara Jurnal Pengabdian Masyarakat Pendidikan Dasar, 1(1), 33-39.

Darmadi, Hamid. 2019. Pengantar Pendidikan Era Globalisasi. Penerbit: An1mage.

Esmail, Dari dan Nafiah. 2018. Implementasi Pendidikan Karakter Religius di Sekolah Dasar Khadijah Surabaya. Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 16-34.

Fadilah, dkk. 2021. Pendidikan Karakter. Bojonegoro: CV. Agrapana Media.

Fauzi, Muhamad dan Khoiriyah. 2019. Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Budaya Religius dalam Mengembangkan Softskill Siswa di SD Ar Rahman Kertosono. At-Tuhfah: Jurnal Studi Keislaman, 8(2), 1-15.

Fitrah, Muh dan Luthfiah. 2017. Metodologi Penelitian Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas & Studi Kasus. Sukabumi: CV Jejak.

Fitriyani, Indria. 2019. Implementasi Teori Thomas Lickona Terhadap Problem Ketidak Jujuran. 94-109.

Hamid, Abdulloh. 2017. Pendidikan Karakter Berbasis Pesantren (Pelajar dan Santri dalam Era IT dan Cyber Culture). Surabaya: Imtiyaz.

Hidayat, Nur. 2016. Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan di Pondok Pesantren Pabelan. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2(1), 128-145.

Idris, Muh. 2019. Pendidikan Karakter: Perspektif Islam dan Thomas Lickona. Ta’dibi: Jurnal Prodi Manajemen Pendidikan Islam, 7(1), 77-102.

Johansyah. 2011. Pendidikan Karakter Dalam Islam; Kajian dari Aspek Metodologis. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 11(1), 85-103.

Lickona, Thomas. 2019. Pendidikan Karakter. Bandung: Nusa Media.

Listiana, Yhesa. 2021. Dampak Globalisasi Terhadap Karakter Peserta Didik dan Kualitas Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1544-1550

Mustoip, Sofyan dkk. 2018. Implementasi Pendidikan Karakter. Surabaya: CV. Jakad Publishing Surabaya.

Nursanti, Ririn. 2014. Manajemen Peningkatan Akhlak Mulia di Sekolah Berbasis Islam. Jurnal Kependidikan, 2(2), 47-65.

Pipit Uliana dan Rr. Nanik Setyowati. 2013. Implementasi Pendidikan Karakter melalui Kultur Sekolah pada Siswa Kelas XI di SMA Negeri 1 Gedangan Sidoarjo. Jurnal Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 1(1), 165 – 179.

Raharjo, Sabar. 2010. Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Menciptakan Akhlak Mulia. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 16(3), 229 – 238.

Semiawan, Conny. 2010. Metode Penelitian Kualitatif Jenis, Karakteristik dan Keunggulannya. Jakarta: PT Grasindo.

Siregar, Farida. 2021. Implementasi Pendidikan Karkter Siswa dalam Pembentukan Kepribadian yang Berakhlak Mulia di SMP IT Nurul Fadilah. Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 99 – 104.

Subadi, Tjipto. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Surakarta: Muhammadiyah University Press.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supratiknya, A. 2015. Metodologi Penelitian Kuantitatif & Kualitatif dalam Psikologi. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Umi Elya dan Eva Luthfi. 2021. Manajemen Pendidikan Karakter dalam Menumbuhkan Sikap Religius Peserta Didik MI Mafatihul Akhlaq Jepara. Journal of Emprical Research in Islamic Education, 9 (2), 179 – 192.

Unwanullah, Arif. 2019. Implementasi Pendidikan Karakter Akhlak Mulia pada Sekolah Menengah Pertama Berbasis Asrama di Tuban. Jurnal Teladan, 4(1), 67 – 82.

UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Warasto, H. Nugroho. 2018. Pembentukan Akhlak Siswa (Studi Kasus Sekolah Madrasah Aliyah Annida Al-Islamy, Cengkareng). Jurnal Mandiri: Ilmu Pengetahuan, Seni, dan Teknologi, 2(1), 65 – 86.

Widiastuti, Ika dkk. 2021. Analisis Pentingnya Pembangunan Pendidikan Karakter Siswa dalam Mengembangkan Kualitas Sumber Daya Manusia di SMP Muhammadiyah Surakarta. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 255-262.

Zulhijrah. 2015. Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Tadrib, 1(1).

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-07-01

Terbitan

Bagian

Articles
Abstract views: 414 , PDF Downloads: 268