PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DI SMP 26 SURABAYA

Authors

  • NL Bimo Setyo Utomo Universitas Negeri Surabaya
  • Oksiana Jatiningsih Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jcms.v6n2.p17-31

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan cara sekolah (SMPN 26 Surabaya) melakukan pendidikan karakter peduli lingkungan kepada siswa. Dengan berfokuskan kepada usaha sekolah menerapkan program pembiasaan kepedulian lingkungan serta mengatasi hambatan yang timbul sehingga terciptanya kebiasaan positif. Dengan asumsi bahwa proses belajar merupakan proses pembangunan pembiasaan perilaku seseorang datanya melalui pemikiran Skinner tentang pembiasaan anak sejak dini melalui stimulus serta penguatan yang diberikan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan study kasus. Informan penelitian terdiri dari wakil kepala sekolah bidang kurikulum, penanggung jawab kantin, guru pembimbing, serta perwakilan siswa. Melalui informan data dikumpulkan dengan menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi sekolah. Data yang telah didapat diolah dan dianalisis menggunakan cara Miles dan Huberman. Sesuai dengan hasil analisis  ditemukan beberapa program sekolah tentang peduli lingkungan yaitu Mata pelajaran Lingkungan Hidup, Kantin Sehat, Lomba Kelas, dan ekstrakurikuler Tim Hijau. Program tersebut menjadi metode pembiasaan melalui stimulus di dalamnya dikuatkan oleh hadiah dan stimulus lanjutan. Dengan metode pelaksanaan pembiasaan program dilakukan secara berkelanjutan selama tiga tahun dari pertama siswa masuk hingga lulus. Pelaksanaan program menghasilkan kebiasaan peduli lingkungan pada siswa tercermin dari perilaku siswa. Sekaligus membuktikan bahwa stimulus dan penguatan dalam teori Skinner menjadi faktor pembentuk perilaku seseorang dalam proses belajar.

Downloads

Published

2022-07-01

Issue

Section

Articles
Abstract views: 140 , PDF Downloads: 148