PENGGUNAAN MEDIA POP UP BOOK DALAM MENANAMKAN PENDIDIKAN MORAL PADA ANAK USIA DINI

Authors

  • Devi Dwi Cahyani Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jcms.v5n1.p73-86

Keywords:

Pop Up Book, Pendidikan Moral, Anak Usia Dini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan terkait penggunaan media pembelajaran pop up book dalam menanamkan pendidikan moral pada anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi literatur dan menggunakan teknik pengumpulan data berupa dokumentasi. Sumber data sekunder digunakan untuk mendeskripsikan terkait penerapan media pembelajaran pop up book dalam menanamkan pendidikan moral pada anak usia dini. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data berupa analisis isi dengan melakukan pengecekan ulang terhadap pustaka yang telah dikutip. Hasil dari penelitian ini adalah media pop up book banyak diterapkan dalam proses pembelajaran di sekolah serta media yang memiliki banyak manfaat serta kelebihan dibandingkan dengan media pembelajaran lain sehingga media pop up book digemari oleh para pendidik dalam pelaksanaan proses pembelajaran sebab media pop up book dapat meningkatkan motivasi, minat serta hasil belajar peserta didik. 

Kata Kunci: Pop Up Book, Pendidikan Moral, Anak Usia Dini

Author Biography

Devi Dwi Cahyani, Universitas Negeri Surabaya

Nama : Devi Dwi Cahyani

Tempat tgl lahir : Sidoarjo, 3 mei 1999

Alamat : Jl. Jend S Parman 3/9 Waru Sidoarjo

Agama : Islam

Institusi : Universitas Negeri Surabaya 

Kewarganegaraan : WNI

References

<p>-----------, 1945. Undang-Undang Dasar 1945 pasal 31 Ayat 2. Republik Indonesia, Jakarta.</p><p>Aeni, Nur, Aminuddin Kasdi, Yatim Riyanto. 2018. Pendidikan Nilai Nasionalisme Dengan Media <em>Pop Up Book</em> untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian. Vol 4, No 3, 1-11.</p><p>Asnawir dan M. Basyiruddin Usman. (2002). Media Pembelajaran, Jakarta: Ciputat Pers.</p><p>Astiti, K, A. (2017). <em>Evaluasi pembelajaran</em>. Yogyakarta : Penerbit ANDI (Anggota IKAPI).</p><p>Bluemel &amp; Taylor. 2012. Pop-up Books A Guide For Teachers and Librarians. California: ABC-CLJO, LLC.</p><p>Dewanti, Handaruni, Anselmus J E, Yerry Soepriyanto. 2018. Pengembangan Media Pop-Up Book Untuk Pembelajaran Lingkungan Tempat Tinggalku Kelas IV SDN 1 Pakunden Kabupaten Ponorogo. JKTP. Vol 1 No. 3. Hal 221-228</p><p>Dian, Arie Rahadi, Agus Triyadi. 2014. Media Buku <em>Pop-Up </em>Dalam Studi Cara Membaca Dasar Untuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Bina Bangsa Kampung Cilimus Cisarua Bandung. Sketsa. Vol.1, No.2, 1-9.</p><p>Dwi, Wahyu Martiningdyah. 2017. Penerapan Metode <em>The Learning Cell </em>Berbantu Media <em>Pop-Up Story Book </em>Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Kelas V SDN Candi Semarang. ESJ. Vol. 7 No.1. Hal 93-98</p><p>Dzuanda. 2011. Design Pop-Up Child Book Puppet Figures Series? Gatotkaca?.Jurnal Library ITS Undergraduate, (Online), (http:// library.its.undergraduate.ac.id). Diakses 15 Januari 2018.</p><p>Fadillah, R. N. &amp; Lestari, I. 2016. Buku Pop Up untuk Pembelajaran Bercerita Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Perspektif Ilmu Pendidikan, (online), Vol. 30, No.1.</p><p>Gresfirina, D, S,N. (2017). Pengembangan Media Pop-up Book Pada Materi Bentuk Permukaan Bumi Untuk Siswa Kelas III SDN Mangunsari Semarang. <em>Skripsi tidak diterbitkan.</em> PPS: Universitas Negeri Semarang.</p><p>Hamid Darmadi. (2009). Dasar Konsep Pendidikan Moral. Bandung: ALFABETA</p><p>Hanifah, T.L. 2014 .Pemanfaatan Media Pop-Up Book Berbasis Tematik Untuk Meningkatkan Kecerdasan Verbal-Linguistik Anak Usia 4-5 Tahun (Studi Eksperimen Di TK Negeri Pembina Lulu Temanggung)Vol 3 Nomor 2 Tahun 2014. (http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/belia. diakses pada 17 Maret 2015.</p><p>Harlock, E, B. (1991). <em>Psikologi perkembangan suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan</em>. Jakarta: Erlangga.</p><p>Haryanti, A. 2017. Keefektifan Media Pop Up Book pada Model Pembelajaran Cooperative Learning terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Negeri di Gugus Diponegoro Karangrayung Grobogan. Semarang: Universitas Negeri Semarang.</p><p>Hermuttaqien, B, F, H &amp; Mutatik. 2018. Penanaman Nilai-Nilai Moral Pada Pembelajaran Di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Moral kemasyarakatan. Vol. 3 No.1. Hal. 39-45</p><p>I Wayan Koyan. 2000. Pendidikan moral pendekatan lintas budaya. Jakarta: Depdiknas.</p><p>Ibda, Fatimah. 2012. Pendidikan moral anak melalui pengajaran bidang studi ppkn dan pendidikan agama. Jurnal ilmiah DIDAKTIKA. Vol XII No. 2. 338-347</p><p>Isnaningsih, A., &amp; Rochman, A. (2019). Participation of mother who work in religious activities towards child behavior. Jurnal Obsesi: <em>Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini</em>, 3 (1), 173-180.</p><p>Istiqomah, Indah, Hindun Nur ˜Aisyah, Nur Milati. 2019. Studi Analisis Kebutuhan Pengembangan Media <em>Pop Up </em>Kebudayaan Berbasis Audio Sebagai Penanaman Karakter Budaya Untuk SD Kelas 4. Varia Pendidikan. Vol. 31, No. 1, 1-7.</p><p>Junita, Safrina, Munzir. 2020. Penerapan Media Pop-Up Book Untuk Pemahaman Sub Tema Ketampakan Rupa Bumi Di Sekolah. Jurnal Tunas Bangsa. Vol. 7 No. 1. Hal 127- 132</p><p>Kartika, Qori Putri, Pratjojo, Arfilia Wijayanti. 2019. Pengembangan Media Buku Pop-Up untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Tema Menyayangi</p><p>Khadijah, 2016. Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Medan: Perdana Publishing.</p><p>Khoirul, Nanang Umam, Afakhrul Masub B, Hardian Iskandar. 2019. Pengembangan Pop Up Book  Bahasa Indonesia Berbasis Budaya Slempitan. Jurnal Pendidikan Dasar. Vol.1 No.2. Hal. 01-11</p><p>Kurniawati, Novita. 2016. Pengaruh Metode Bercakap-Cakap Berbasis Media <em>Pop Up Book </em>Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Kelompok A. Jurnal PAUD Teratai. Vol.05 No. 03. Hal 1-5</p><p>Linda Noviyanti, Kukuh Santoso, and Noor Aini Habibah, žKeefektifan Penggunaan Kartu Bergambar Berbentuk Pop-Up Card Pada Pembelajaran Siswa SMPŸ, Jurnal MIPA Biologi UNNES (2013), h. 77.</p><p>Make A Match Berbantuan Media Gambar. E-Journal Mitra Pendidikan, Volume 1, No. 2, (hlm 83-94). Tersedia pada http://e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/ejmp/article/download/61/22. (Diakses pada 7 Januari 2018).</p><p>Muktiono, J. (2003). <em>Menumbuhkan minat baca pada anak</em>. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.</p><p>Mulyadi, Y. B. (2018). Peran guru dan orangtua membangun nilai moral dan agama sebagai optimalisasi tumbuh kembang anak usia dini. <em>Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini</em>, 1 (2), 70-78.</p><p>Munir. (2012). Multimedia Konsep &amp; Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung : Alfabeta.</p><p>Murdiono, Mukhamad. 2008. Metode Penanaman Nilai Moral Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Kependidikan. Vol. 38, No. 2, 1-20.</p><p>Nikmah, Shofiatun, Harto Nuroso, Fine Reffiane. 2019.  Pengaruh Model pembelajaran tipe shared berbantu media pop up book terhadap hasil belajar. vol. 2 no.2 hal 264-271</p><p>Nisa, Luthfatun, Wuri Wuryandani. 2018. Perancangan Buku Cerita <em>Pop-up </em>Berbasis Karakter untuk Menanamkan Karakter Peduli Sosial Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan. Vol. 7, No.2, 1-8.</p><p>Nur Halisah, Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Guna Menunjang Penguasaan Konsep Peserta Didik Kelas X Pada Mata Pelajaran Biologi Di Tingkat Sma/Ma,Vol. 04. No. 03, h.34</p><p>Nur, Rachmadani Fadillah, Ika Lestari. 2016.  Buku Pop-Up Book Untuk Pembelajaran Bercerita Siswa Sekolah Dasar. Perspektif Ilmu Pendidikan. Vol. 30 No. 1. Hal 21-26</p><p>Nurul Zuriah. (2007). Pendidikan Moral &amp;. Budi Pekerti dalam perspektif Perubahan. Jakarta: Bumi Aksara.</p><p>Oktavia, Sophia Balimulia, Ignatia Imelda Fitriani. 2017. Pengembangan media buku 3 dimensi (pop up) sebagai alat bantu penanaman nilai karakter pada anak usia dini. Jurnal pendidikan. Vol. 18, No. 02, 141-146</p><p>Pramesti, Jatu. (2015). œ Pengembangan Media Pop Up Book Tema Peristiwa kelas III SD . Jurnal Pendidikan Guru dan Sekolah Dasar. Edisi 16, 1-11.</p><p>Rahim, H., &amp; Rahiem, M, D, H. (2012). The use of stories as moral education for young children. <em>International Journal of Sosial and Humanity</em>, 2 (6), 454- 458.</p><p>Riyanto, Yatim. (2014). Paradigma Baru Pembelajaran. Surabaya: Unesa University Press</p><p>Sadiman, Arief S. 2011. Media Pendidikan. Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajagrafindo Persada.</p><p>Safitri, N., Kuswanto, C., W., Alamsyah, Y., a. (2019). Metode penanaman nilai-nilai agama dan moral anak usia dini. Journal of Early Childhood Education (JECE), 1(2). 1-16.</p><p>Syaparuddin, S. (2020). Peranan pendidikan nonformal dan sarana pendidikan moral. <em>Jurnal Edukasi Nonformal</em>, 1(1), 173-186.</p><p>Tafanoas, Talizaro. 2018. Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal komunikasi pendidikan. Vol 2. No. 2 . 103-114.</p><p>Tumbuhan dan Hewan di Sekitar.  Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran. Vol.2 No.2. Hal. 169-175</p><p>Wahyuni, S. 2017. œKeaktifan Dan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe</p><p> </p>

Downloads

Published

2021-01-17

Issue

Section

Articles
Abstract views: 2121 , PDF Downloads: 916