URGENSI PENDIDIKAN KARAKTER DEMOKRATIS SEBAGAI UPAYA MENDISIPLINKAN SISWA TUNAGRAHITA

Authors

  • wina hayu novilia Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jcms.v5n1.p31-42

Keywords:

pendidikan karakter, karakter demokratis, disiplin, siswa tunagrahita.

Abstract

Abstrak

Merubah atau membentuk seseorang yang unggul dan berkualitas tidak dapat dicapai secara instan, sehingga dalam membentuk seseorang yang unggul dan berkualitas, diperlukan suatu upaya meningkatkan keterampilan dalam membentuk pribadi manusia yang berkarakter. Pendidikan karakter bertujuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, dengan mengembangkan kemampuan untuk menjadi manusia yang berkarakter yang beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, serta jadi masyarakat negeri yang demokratis dan bertanggung jawab. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan urgensi pendidikan karakter demokratis sebagai upaya mendisiplinkan siswa tunagrahita di SLB Al-Azhar Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka dengan cara menelaah beberapa jurnal, buku, skripsi, tesis, dan karya ilmiah yang bersumber dari internet sebagai sumber informasi yang dapat dikaji sesuai dengan tema penelitian ini. Hasil penelitian ini memperoleh temuan dalam upaya menerapkan pendidikan karakter demokratis sebagai upaya mendisiplinkan siswa tunagrahita di SLB Al-Azhar Sidoarjo, dengan diterapkan melalui pengembangan diri, melalui kegiatan pembelajaran dan melalui budaya kelas.

Kata Kunci: pendidikan karakter, karakter demokratis, disiplin, siswa tunagrahita.

  

Abstract

Changing or forming someone who is superior and qualified cannot be achieved instantly, so that in forming someone who is superior and qualified, an effort is needed to improve skills in shaping a human person with character. Character education aims to educate the nation's life, by developing the ability to become human beings with character who believe in God Almighty, have noble character, are healthy, knowledgeable, capable, creative, independent, and become democratic and responsible citizens of the country. The purpose of this study was to describe the urgency of democratic character education as an effort to discipline mentally retarded students at SLB Al-Azhar Sidoarjo. This research uses the literature study method by examining several journals, books, theses, and scientific papers sourced from the internet as a source of information that can be reviewed in accordance with the theme of this research. The results of this study obtained findings in an effort to implement democratic character education as an effort to discipline mentally retarded students at SLB Al-Azhar Sidoarjo, by applying it through self-development, through learning activities and through classroom culture.

Keywords: character education, democratic character, discipline, mentally retarded students


 

Author Biography

wina hayu novilia, Universitas Negeri Surabaya

Nama: Wina Hayu Novilia

Agama: Katolik

Kewarganegaraan: WNI

Universitas Negeri Surabaya

References

Akbar, Sadun. 2013. Revitalisasi Pendidikan Karakter Pada Satuan Pendidikan dengan Pendekatan Komprehenshif. Disajikan dalam Seminar Nasional Pendidikan Karakter Bangsa di IAIN Tulungagung tanggal 11 Nopember.
Arif,Dikdik Baehaqi. 2014. Pendidikan Kewarganegaraan Dan Pembentukan Karakter Demokratis Warga Negara. Prosiding Seminar Nasional: Jogja Expo Center 2014.
Ayun, Ifa Fachrunta. 2016 . Pendidikan Karakter Demokratis Di Kelas Iva Sd Negeri I Jampiroso Temanggung. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta
Bidaya, Zaini & Silfiah Miulan Dari. Revolusi Mental Melalui Penguatan Pendidikan Karakter untuk Siswa Berkebutuhan Khusus di Kota Mataram. CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan p-ISSN 2338-9680 | e-ISSN 2614-509X | Vol. 8 No. 2 September 2020, hal. 51-60
Elvani,Malkian. 2010. Sikap demokrasi. http://yanel.wetpaint.com
Filisyamala,Jihan, dkk. 2016. Bentuk Pola Asuh Demokratis Dalam Kedisiplinan Siswa Sd. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Volume: 1 Nomor: 4 Bulan April Tahun 2016 Halaman: 668”672
Handayani,Novi. 2014. Implementasi Nilai-Nilai Kedisiplinan Di Sekolah Dasar Negeri Margoyasan Yogyakarta. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Statistik Sekolah Luar Biasa (SLB) 2016/2017 http://publikasi.data.kemdikbud.go.id/
Kosim, Mohammad. Urgensi Pendidikan Karakter.
Kustawan, D. 2016. Bimbingan dan Konseling bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta Timur: PT. LUXIMA METRO MEDIA.
Laksana, Sigit.Dwi. 2015. Urgensi Pendidikan Karakter Bangsa di Sekolah. Vol.05 No.01 Januari-Juni 2015 ISSN 2088-3390
Martsiswati, E., & Suryono, Y. 2014. Peran Orangtua dan Pendidik dalam Menerapkan Perilaku Disiplin terhadap Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat, (Online), 1 (2): 187”198. Pamekasan: STAIN. Vol. IXI No. 1 April 2011
Pamungkas,Bayu. 2016. Urgensi Pendidikan Karakter Untuk Mengoptimalkan Layanan Pendidikan Bagi Siswa Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Inklusif. In: Seminar Nasional PGSD Universitas PGRI Yogyakarta http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1273
Peraturan Presiden (Perpres) No. 87 Tahun 2017. Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) https://setkab.go.id/
Putra, G.D. 2017. Studi Deskriptif Penerapan Pendidikan Karakter Anak Tunagrahita Sedang Di Sekolah Dasar Luar Biasa. Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar ISSN: 2087-412X Volume 10, No 1, September 2017: 33-38 ISBN: 977-208-7412-00-7
Rofisian, Nela. 2018. Konsep pendidikan karakter pada anak berkebutuhan khusus. Volume 1 | 19 25 | Universitas Widya Dharma Klaten. Juli 2018 Copyright ©2018 Universitas PGRI Madiun ISSN: 2621-8097.Online: http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID
Samani,Muchlas dan Hariyanto. 2013. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sari, S.F.M, dkk. 2017. Pendidikan Bagi Anak Tuna Grahita (Studi Kasus Tunagrahita Sedang Di SLB N Purwakarta). Jurnal Penelitian & PKM Juli 2017 Vol 4, No: 2 Hal: 129 - 389 ISSN 2442-448X (p), 2581-1126 (e)
Somantri, Sutjihati.(2012). Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung: Refika Aditama
Srijanti, A. Rahman H. I, Dan Purwanto S. K. 2013. Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Mahasiswa. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Tarigan, E.B. 2018. Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Dalam Proses Belajar Mengajar Melalui Layanan Konseling Kelompok Pada Siswa Kelas Vii-3 Smp Negeri 1 Gebang Tahun 2017-2018. JURNAL TABULARASA PPS UNIMED, Vol.15 No.3, Desember 2018 p-ISSN: 1693-7732, e-ISSN: 2502-7247
Undang-Undang Dasar Negara. Pasal 31. Surabaya: SERBA JAYA
Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003. Sistem
Pendidikan Nasional https://pusdiklat.perpusnas.go.id/
Winarno, Dwi. 2006. Paradigma Baru Pendidikan
Kewarganegaraan Panduan Kuliah di Perguruan Tinggi. Jakarta: Bumi Aksara.
Yosiani,Novita. 2014. Relasi Karakteristik Anak
Tunagrahita Dengan Pola Tata Ruang Belajar Di Sekolah Luar Biasa. E-Journal Graduate Unpar Part D Architecture Vol. 1, No. 2 (2014) ISSN: 2355-4274

Downloads

Published

2020-04-17

Issue

Section

Articles
Abstract views: 759 , PDF Downloads: 354