PEMBENTUKAN NILAI KARAKTER TOLERANSI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWAPEMBENTUKAN NILAI KARAKTER TOLERANSI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN BAGI SISWA TUNAGRAHITA

Authors

  • Mega Rahmawati Universitas Negeri Surabaya
  • Harmanto Harmanto

DOI:

https://doi.org/10.26740/jcms.v5n1.p59-72

Keywords:

Pembentukan, Toleransi, Tunagrahita, PPKn

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembentukan nilai karakter toleransi dalam pembelajaran
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan bagi siswa tunagrahita Di SLB Al-Azhar Sidoarjo. Pendekatan
yang digunakan yakni pendekatan kualitatif dengan metode studi literatur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembentukan nilai karakter toleransi dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan bagi siswa tunagrahita dilakukan dengan menyertakan pada RPP PPKn di bagian sikap
untuk mencantumkan beberapa yang ingin ditanamkan, salah satunya yaitu karakter toleransi, melakukan
pembiasaan , dan budaya sekolah. Toleransi sebaiknya tidak dimuat hanya dalam satu materi pembelajaran
tetapi dimuat pada semua materi pembelajaran. Hambatan-hambatan yang tejadi dalam pembentukan
penanaman karakter adalah motivasi guru untuk pengembangan profesi masih lendah, perencanaan
pembelajaran yang kurang baik sehingga berampak pada pelaksanaan pembelajaran, peserta didik yang
mempunyai kemampuan intelektual yang rendah sehingga penanaman karakter hanya dianggap suatu hal
sepele, solusinya dapat dilakukan dengan cara workshop bagi guru, pendidikan kilat untuk menambah
motivasi guru dalam pengembangan profesionalitas.

Kata Kunci: Pembentukan, Toleransi, Tunagrahita, PPKn

  

Abstract

An This study aims to describe the formation of tolerance character values if Pancasila and Citizenship
Education learning for mentally retardetjtudents at SLB Al-Azhar Sidoarjo. This study uses a qualitative
appioach with a literature study method. The results of this study indicate that the formation of the character value of tolerance in learning Pancasila and Citizenship Education for mentally retarded students is carried outby including the PPKn RPP in the attitude section to include several things that you want to instill,one of which is the character of tolerance, habituation, and school culture. Tolerance should not be contained in only one learning material but contained in all learning materials. The obstacles that occur in the formation of character planting are teacher motivation for professional development is still low, lesson planning is not good so that it affecks the implementation of learning, students who have low intellectual abilities so that character planting is only considered a trivial thing, the solution can be done by how to workshops for teachers,crash education to increase teacher motivation in professional development.

Keywords: Formation, Tolerance, Impairment, PPKn..

Author Biography

Mega Rahmawati, Universitas Negeri Surabaya

Nama : Mega Rahmawati

Agama : Islam

Instuisi : Universitas Negeri Surabaya

Kewarganegaraan : Indonesia

References

<p class="DaftarPustaka">Adhe, K. R. (2014). <em>Penanaman Karakter Anak usia<br /> 5-6 Tahuan pada Masyarakat Pesisir.</em> Jurnal<br /> Pendidikan Anak Usia Dini. Volume 8 Edisi 2<br /> November 2014 Halaman 275-290. ISSN 1693-1602.<br /> Universitas Negeri Jakarta.</p><p class="DaftarPustaka">Blekman, T. 2011. <em>Corporate Effectuation What<br /> managers should learn from entrepreneurs\.<br /> </em>Academic Service is an imprint of Sdu Publishers bv.</p><p class="DaftarPustaka">Denisenkova, N. S., &amp; Nisskaya, A. K. (2016). <em>The Role<br /> of Teacher-child Interaction in Promoting Peer<br /> Communication.</em> Psychology i n Russia: State of the<br /> Art,               9(3),        '               173-        187. <a href="https://doi.org/10.l_162_l/pir.2016.03_12">https://doi.Org/10.l 162 l/pir.2016.03 12</a>.</p><p class="DaftarPustaka">Dermawan, Ok i. 2013. <em>Strategi pembelajaran bagi anak<br /> berkebutuhan khusus di SLB."</em> Psympathic: Jurnal<br /> Ilmiah Psikologi 6.2: h 894.</p><p class="DaftarPustaka">Dermaw an, Oki. 2013. <em>Sfraregi pembelajaran bagi anak<br /> berkebutuhan khusus di SLB.</em> Psympathic: Jurnal<br /> Ilmiah Psikologi 6.2</p><p class="DaftarPustaka">Dwi Laksana, Sigit. (2015). <em>"URGENSI PENDIDIKAN<br /> KARAKTER BANGSA DI SEKOLAH". JURNAL<br /> MUADDIB</em> Vol.05 No.01 Januari-Juni.</p><p class="DaftarPustaka">Ismail, R. (2017). <em>Meningkatkan Sikap Toleransi Siswa<br /> Melalui Pembelajaran Tematik. Jurnal Ltniah<br /> Pendidikan Islam Anak Usia Dini,</em> 2(1), 1-13.</p><p class="DaftarPustaka">Kemendiknas. (2012j. <em>Pedoman Pendidikan Karakter<br /> pada Anak Usia Dini.</em></p><p class="DaftarPustaka">Kementrian Pendidikan Nasional. 2010. <em>Buku Induk<br /> Pengunan Karakter.</em> Jakarta : Kementrian Pendidikan<br /> Nasional.</p><p class="DaftarPustaka">Kurniawan, K. N. (2018). <em>Tolerance Education in tthe<br /> Hidden Curriculum : A Case Study on Indonesian<br /> Public School.</em> MASYARAKAT Jurnal Sosiologi,<br /> 23(1), 1-30. <a href="https://doi.org/10.7454/M">https://doi.Org/10.7454/M</a></p><p class="DaftarPustaka">Kusumohamidjojo, B. (2000). <em>Kebhinnekaan Masyarakat<br /> Indonesia: Suatu Problematik Filsafat Kebudayaan.<br /> </em>Jakarta: Grasindo</p><p class="DaftarPustaka">Lestari, Gina. 2015. Bhinneka Tunggal Ika : ATiasanaA<br /> <em>Multikultural Indonesia di Tengah Kehidupan Sara,<br /> Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.<br /> </em>Th. 28, Nomor 1.</p><p class="DaftarPustaka">Mansur .(2009). <em>Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam.<br /> </em>Yogyakarta: Pustaka Pelajar</p><p class="DaftarPustaka">Mardapi. D. (2017). <em>Penilaian Pendidikan Karakter.<br /> </em>Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.</p><p class="DaftarPustaka">Maunah, Binti, (2015) <em>"Implementasi Pendidikan<br /> Karakter dalam Pembentukan Kepribadian Holistik<br /> Siswa"</em> Jurnal Pendidikan Karakter, Tahun V Nomor 1 April.</p><p class="DaftarPustaka">Mulyasa, E. (2007). <em>Standarkompetensi danserttfikasi<br /> guru.</em> Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset</p><p class="DaftarPustaka">Murdiono, M. (2012). <em>Metode Internalisasi Nilai Moral<br /> untuk Anak Usia Dini. Jurnal Kependidikan</em> UNY,<br /> 41(2).</p><p class="DaftarPustaka">Muslich, M. (2011). <em>Pendidikan Karakter Menjawab<br /> Tantangan Krisis Multidimensional,</em> Jakarta : Bumi<br /> Aksara.</p><p class="DaftarPustaka">Nazir, Moh,2014. <em>Metode Penelitian,</em> Jakarta: Ghalia<br /> Indonesia</p><p class="DaftarPustaka">Poerwadarminta, W. J. S. (1986). <em>Kamus Umum Bahasa<br /> Indonesia.</em> Jakarta: Balai Pustaka.</p><p class="DaftarPustaka">Sarasvathy , D. S., &amp; De w, N. 2005. <em>Entrepreneurial logics<br /> fbr a technology offoolishness.</em> Scandinavian journal<br /> of Management 21 (2005).</p><p class="DaftarPustaka">Subini, Nini. 2014. <em>Panduan Mendidik Anak dengan<br /> Kecerdasan di Bawah Rata-rata.</em> Yogyakarta:<br /> Javalitera h.46.</p><p class="DaftarPustaka">Subiyanto, Jito. (2013). <em>Peran Keluarga, Sekolah dan<br /> Masyarakat dalam Pembentukan Karakter yang<br /> Berkualitas,</em> Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan<br /> Islam, Vol.8No.2.</p><p class="DaftarPustaka">Sujarwanto,. 2005. <em>Terapi Okupasi untuk anak<br /> Berkebebutuhan</em> AAujus, Jakarta Depdiknas, h.76</p><p class="DaftarPustaka">Sutrisno. (2011). <em>Pembaharuan dan Pengembangan<br /> Pendidikan Islam.</em> Yogyakarta :Fadilatama</p><p class="DaftarPustaka">Trianto. 2007. <em>Model Pembelajaran Terpadu dalam<br /> Teori dan Praktek.</em> Jakarta: Prestasi Pustaka</p><p class="DaftarPustaka">Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003<br /> tentang Sistem Pendidikan Nasional</p><p class="DaftarPustaka">Undang-Undang Republik Indonesia No. 35 Tahun 2014<br />  tentang Perlindungan Anak</p><p class="DaftarPustaka">Wibewo, A. (2012). <em>Pendidikan Karakter Usia Dini (Strategi Membangun Karakter di UsiaEmas).<br /> </em>Yogyakarta : Pustaka Pelajar.</p><p class="DaftarPustaka">Zaini. (2010). <em>Penguatan Pendidikan Toleransi Sejak<br /> Usia Dini (Menanamkan Nilai-nilai Toleransi Dalam<br /> Pluralisme</em> Di Kabupaten Tulungagung Tahun<br /> 2010). Toleransi, 1(2).</p>

Downloads

Published

2021-01-17

Issue

Section

Articles
Abstract views: 4474 , PDF Downloads: 3477